Penyerap Kelembaban Jogja

Dalam menyimpan barang berskala besar sangat memerlukan tempat yang memiliki kelembaban yang pas. Kadangkala, untuk menyiasati keadaan udara lembab yang pas maka diatur sedemikian rupa hingga kelembaban sesuai untuk penyimpanan barang tersebut. Terlebih ketika musim hujan yang notabene kelembaban udara semakin tinggi. Jika dibiarkan, barang yang disimpan tersebut akan mudah rusak yang diakibatkan oleh jamur atau bakteri.

Penyerap Kelembaban Jogja

Salah satu cara agar kelembaban udara sesuai untuk menyimpan barang di gudang adalah dengan dessicant pole. Hampir semua daerah di Indonesia membutuhkan penyerap kelembaban ini, termasuk untuk Jogja yang dikenal dengan beragam kerajinan tanggannya. Penyerap kelembaban jogja tidak hanya digunakan untuk industri saja melainkan juga untuk mengatur kelembaban udara pada rumahan.

Penyerap Kelembaban Berkualitas Baik

Industri seperti sepatu,tas, barang berbahan kulit, makanan maupun obat-obatan membutuhkan ruang penyimpanan yang sangat steril sehingga aman selama penyimpanan. Biasanya ruang penyimpanan seperti gudang tersebut diatur dengan penyerap kelembaban ruangan dan suhu yang pas dan menyesuaikan barang tersebut agar tidak mengurangi kualitasnya. Apa saja yang biasanya digunakan?

Untuk peyimpanan barang seperti gudang pada umumnya menggunakan berbagai perlengkapan yang bisa menunjang keadaan barang agar tidak mudah rusak diantarnya adalah lampu LED yang bertujuan agar keadaan ruang lebih terang dan membuat udara tidak mudah pengap. Selain itu, sebagian gudang memanfaatkan exhaust fan. Kipas angin tersebut bertujuan untuk mengatur keadaan udara dalam gudang serta udara yang masuk. Pertukaran udara ini cukup penting agar tidak mudah terserang jamur.

Peralatan tersebut dirasa kurang cukup untuk menunjang gudang bahkan sebagian gudang juga memanfaatkan AC agar suhu dan kelembaban udara tetap stabil. Namun, keadaan ini tidak bisa menjangkau hingga bagian dalam dan tetap memungkinkan bakteri menyerang barang. Nah, untuk mengatur kelembaban udara bahkan hingga ruang yang tersembunyi adalah dengan penyerap kelembaban Jogja, Dessicant Pole.

Seperti yang sudah disinggung di atas bahwa dessicant pole merupakan penyerap kelembaban  yang banyak digunakan pada gudang, kontainer atau ruang yang luas. Sebab, daya serap dari dessicant pole ini sangat tinggi sehingga sangat pas jika digunakan untuk gudang. Selain itu, sangat efektif dan efisien untuk penyimpanan barang termasuk bahan yang mudah dikonsumsi karena tidak mengandung bahan-bahan kimia berbahaya (bebas dari DMF), bahkan penyerap kelembaban ini sudah sesuai dengan standar keamanan internasional seperti SGS International.

Penyerap Kelembaban Jogja Yang  Tidak Mudah Bocor

Penyerap kelembaban pada umumnya tidak bisa bertahan lama karena memiliki masa aktif seperti halnya dengan silica gel. Penyerap kelembaban ini kinierjanya memang hampir mirip dengan silica gel namun jangkauan menyerap kelembaban udara lebih luas. Sehingga wajar saja jika dessicant pole sangat cocok untuk menyerap kelembaban pada gudang, kontainer atau ruangan yang luas.

Seperti yang telah kita ketahui bahwa Jogja merupakan salah satu kota yang memiliki beragam kerajinan tangan sehingga memerlukan gudang yang ideal. Gudang-gudang tersebut membutuhkan penyerap kelembaban Jogja yang tidak mudah bocor. Karena sebagian penyerap kelembaban mudah bocor karena  melebihi menyerap kelembaban udara. Namun berbeda dengan dessicant pole, penyerap kelembaban ini akan menyerap molekul air secara maksimal dan kemudian dessicant pole tersebut berubah menjadi gel.

Penyerap Kelembaban Yang Tidak Mudah Bocor Di Kontainer

Dessicant pole yang baik digunakan untuk gudang maupun kontainer tersebut terbuat dari berbagai kombinasi bahan chemical absorbent. Sehingga bahan-bahan yang terkandung dalam dessicant pole tidak mengandung bahan kimia berbahaya. Karena sudah sesuai dengan SGS International maka penyerap kelembaban Jogja ini bisa digunakan untuk pengiriman barang antar negara. Tidak semua negara menerima dengan mudah barang-barang yang masuk ke negara tersebut, sebagian negara maju di Asia, Amerika maupun Eropa memiliki ketetapan regulasi keamanan sendiri. Sehingga bahan atau barang yang masuk ke negara tersebut harus sesuai dengan regulasi tersebut.

Kegunaan dari dessicant pole ini juga beragam bahkan tidak hanya untuk gudang ataupun kontainer saat pengiriman barang melainkan juga bisa digunakan untuk kebutuhan rumah. Ya, kamu bisa menggunakan dessicant pole untuk menyerap kelembaban pada ruangan seperti kamar terlebih kurang pencahayaan dan sirkulasi udara.

Di musim hujan, keadaan ruang pada umumnya akan semakin lembab karena molekul air dalam udara sangat tinggi. Apabila molekul air ini semakin tinggi maka kemungkinan akan menyebabkan barang disekitarnya cepat rusak. Misalkan lemari kayu yang sangat rentan terhadap udara yang lembab. Jika molekul air dalam udara tinggi akibatnya jamur, bakteri atau mikroorganisme perusak lainnya akan menyerang lemari kayu tersebut. Seperti yang telah kita ketahui bahwa kayu yang terserang jamur maupun bakteri tidak mudah dihilangkan, terutama saat ini yang notabene tidak menggunakan murni media kayu melainkan kayu lapis seperti plywood. Ketahanan jenis kayu ini tidak seperti kayu pada umumnya sehingga butuh penanganan khusus ketika udara mulai lembab. Bagaimana merawat jenis furniture yang menggunakan kayu lapis (plywood)?

Perawatan kayu sebenarnya sangat mudah namun tidak boleh asal dilakukan. Pasalnya, kayu merupakan bahan baku furniture yang sangat mudah menyerap kelembaba sehingga akan mudah rusak diakibatkan oleh jamur, bakteri dan faktor perusak lainnya. Merawat furniture tidak dilakukan ketika udara sedang lembab saja melainkan harus dilakukan secara rutin. Langkah awal yang perlu dilakukan adalah membersihkan debu pada furniture menggunakan kemoceng. Sangat disarankan untuk tidak menghapus noda pada furniture dengan kain basah sebab menjadikan kayu pada funiture tersebut lebih lembab, gunakan kain kering atau poles kayu untuk menghilangkan noda.

Langkah kedua yang perlu dilakukan adalah mengaplikasikan poles kayu secara rutin baik sebulan sekali atau dua minggu sekali. Langkah ketiga adalah membuka jendela atau pintu agar sirkulasi udara lancar. Membuka jendela memberikan kesempatan cahaya matahari masuk sehingga mampu mengurangi molekul air dalam udara. Keempat adalah menaruh dessicant pole pada ruangan tersebut. Selain dilakukan secara manual yakni dengan memanfaatkan jendela kaca atau sebagainya, dessicant pole juga sangat membantu untuk mengurangi kelembaban udara pada ruangan. Oleh karena itu, fungsi dessicant pole tidak hanya identik untuk gudang atau ruang penyimpanan saja melainkan pada ruangan-ruangan yang memungkinan keadaan ruangan tersebut lembab.

Jadi, dessicant sangat efektif untuk menyerap kelembaban udara pada ruangan yang berukuran sangat luas. Bahkan dessicant pole juga sangat efektif untuk menghilangkan bau yang kurang sedap ketika penyimpanan barang. Dan untuk penggunaan dessicant pole juga sangat mudah, Anda cukup merobek plastik sesuai dengan petunjuk pada kemasan. Kemudian gantungkan dessicant pole pada dinding baik pada kamar, gudang maupun kontainer. Sebaiknya jarak antar dessicant pole sama sehingga akan lebih efektif untuk menyerap kelembaban pada ruangan tersebut.

Sedangkan untuk kontainer, hampir sama dengan penggunaan pada ruangan pada umumnya. Namun, ketika loading alangkah baiknya mengatur keadaan kontainer lebih dari 80% sehingga menghindari kondensasi.

Artikel "Silica Gel"

About Us

Antijamur.net merupakan akan obat anti jamur ramah lingkungan untuk merawat kayu baik kayu basah maupun kering atau sudah menjadi perabot. Produk Antijamur.net sangat efektif untuk merawat perabot/bangunan.

©2015 - 2019 AntiJamur.net - All Right Reserved.