Jual Silica Gel
silica gel natural food grade dari bioindustries

Silica gel merupakan bentuk lain dari silikon dioksida yang dibuat secara sintesis ke dalam bentuk butiran. Strukturnya yang berongga besar menyebabkan silica gel memiliki permukaan yang sangat luas sehingga dapat menyerap uap air dengan mudah. Silica gel banyak digunakan sebagai penyerap uap air di udara sebagai adsorben.

Silica gel dimasukan ke dalam kemasan alat-alat elektronik, bahan makanan, obat-obatan atau barang-barang dengan tujuan untuk mencegah kerusakan yang ditimbulkan karena udara yang lembab. Penggunaan silica gel juga bertujuan untuk meminimalisasi kerusakan produk selama produk ditransportasian atau disimpan. Silica gel akan menyerap molekul air sehingga mengurangi kelembaban relatif (RH) di dalam kemasan pada tingkat dimana tidak akan terjadi kondensasi uap air.

Ada dua jenis silica gel berdasarkan pembuatannya, yakni silica gel sintesis dan silica gel alami. Silica gel sintesis terbuat dari pasir kwarsa dan soda ash yang diolah dengan menggunakan mesin. Silica gel sintetis contohnya dlah silic gel white dan silica gel blue. Silica gel alami terbuat dari batuan zeolit melalui proses aktivasi dan screening.

Silica gel awalnya berwarna biru tua, selama penggunaannya  ketika mengontrol kondisi uap air di dalam kemasan warnanya akan berubah menjadi biru muda dan kemudian menjadi merah muda (pink). Perubahan warna yang terjadi menunjukan tingkat penyerapan uap air oleh silica gel. Ketika sudah berwarna merah muda maka silica gel harus segera diganti, hal tersebut menunjukan bahwa silica gel sudah mencapai keadaan jenuh. Silica gel harus segera diganti agar kondisi uap air di dalam kemasan tetap terjaga.

Namun, meskipun dalam keadaan jenuh, silica gel tetap kering jika diamati dengan dilihat ataupun disentuh. Silica gel merupakan bahan yang tidak berbahaya dan aman digunakan untuk melindungi makanan, tidak mudah terbakar dan tidak reaktif terhadap zat kimia sehingga penggunaannya semakin luas sesuai fungsinya sebagai penyerap uap air. Dalam proses adsorpsi silika gel merupakan salah satu yang paling sering digunakan sebagai adsorben. Absorben disebabkan karena mudahnya silica diproduksi dan struktur geometri pori dan sifat kimia yang dapat dengan mudah dimodifikasi.

Jenis jenis Silica Gel Berdasarkan Warna

  1. Silica Gel Blue
Jual Silica Gel
contoh varian kemasan silica gel biru

Silica jenis ini dibuat dari modifikasi dengan penambahan indikator warna biru. Warna biru ini akan berubah warna menjadi merah bata saat kondisi silica gel sudh jenuh. Silica gel blue mengandung kobalt klorida yang memiliki efek samping karsinogenik dan dapat menyebabkan iritasi pada pernafasan. Penggunaan silica gel blue ini tidak direkomendasikan pemakaiannya karena cukup berbahaya. Maka dari itu silica gel blue ini tidak direkomendasikan untuk pemakaian yang bersentuhan langsung dengan makanan, obat-obatan, pakaian, atau barang-barang yang bersentuhan dengan tubuh manusia.

  1. Silica Gel White
Jual Silica Gel
contoh isi dari silica gel putih

Silica sintetis white ini dibuat dengan bentuk butiran putih bening yang berfungsi sebagai penyerp kelembaban. Silica jenis ini lebih aman dibanding jenis silica gel blue. Akan tetapi penggunaannya tetap tidak bisa digunakan untuk makanan atau farmasi. Silica gel white ini biasa digunakan sebagai bahan penyerap lembab pada sepatu, jaket, atau kotak penyimpanan lainnya.

  1. Silica Gel Natural

Silica gel natural ini termasuk yang paling aman digunakan apalagi untuk kemasan makanan. Karena sifatnya yang foodgrade, Anda bisa menggunakan silica gel naturl ini sebagai bahan penyerap kelembaban pada kemasan makanan atau farmasi. Silica gel natural diolah dari bahan mineral alami sehingga tidak menyebabkan bahaya pada kemasan farmasi atau makanan.

Fungsi silica gel 

  1. Silica gel mampu mencegah kelembaban sebelum terjadi pda sebuah ruang. Silica gel natural termasuk jenis food grade sehingga aman digunakan sebagai bahan penyerap kelembaban pada makanan, farmasi, bahkan elektronik sekalipun. Bukan hanya untuk kemasan makanan atau farmasi saja, namun silica gel natural juga biasa digunakan sebagai bahan penyerap lembab pada kotak sepatu, kotak kamera, dan kotak penyimpanan lainnya.
  2. Produk anti lembab ini menyerap kelembaban tanpa merubah kondisi zat yang dikandungnya. Silica adalah substansi-substansi yang digunakan untuk menyerap kelembapan dan cairan partikel dari ruang yang berudara atau bersuhu. Silica juga membantu menahan kerusakan pada barang-barang yang akan disimpan.
  3. Produk penyerap kelembaban ini juga berfungsi untuk mencegah terjadinya pembentukan karat pada logam, mencegah resiko hubungan arus pendek listrik mikro, serta mencegah reaksi oksidasi dan dekomposisi bahan kimia akibat tingginya kelembaban udara disekitarnya.

Kelebihan Menggunakan Silica Gel

  • Menyerap kelembaban udara

Silica natural memiliki sifat hidrofilik atau mengikat molekul air yang kuat sehingga sangat cocok digunakan sebagai pengering untuk kemasan dan untuk ruangan.

  • Mencegah pertumbuhan jamur dan bakteri

Jamur dan bakteri hanya bisa hidup pada kondisi yang lembab. Penggunaan silica gel yang menyerap kelembaban akan menghambat kedua organisme tumbuh.

  • Mencegah proses oksidasi

Proses oksidasi atau pelapukan terjadi semakin cepat pada kondisi ruangan yang lembab. Penggunaan silica gel ini dapat menyerap kelembaban akan menghambat proses tersebut.

  • Mencegah resiko hubungan arus pendek listrik mikro

Silica gel natural mampu menyerap molekul air yang berpotensi menyebabkan hubungan arus pendek listrik mikro yang bisa berakibat fatal.

Jual Silica Gel
contoh penggunaan silica gel food grade untuk makanan

Silica gel baik itu natural ataupun white, dikemas dengan ukuran tertentu menggunakan kertas semi permeable sehingga mampu menyerap molekul air didalam ruang. Secara umum, silica gel natural ini direkomendasikan sebagai bahan penyerap kelembaban atau bahan untuk menjaga kekeringan udara dalam kemasan tertutup. Kemasan silica gel ini dikemas dengan berat 1kg dan berat masing-masing unit 1gr. Sehingga di dalam kemasan 1kg silica gel terdapat kurang lebih 1000 unit. Kemasan yang praktis digunakan sebagai penyerap lembab pada ruang yang tidak terlalu besar ukurannya.

Walaupun kemasannya kecil, namun silica gel mampu menyerap kelembaban hingga 2 kali lipat dari berat bersihnya. Silica juga tidak akan terjadi kebocoran karena molekul air yang diserap akan diubah menjadi gel. Jika Anda sudah menggunakan silica gel, sebaiknya jangan lupa untuk selalu memperhatikan indikator non aktif silica gel tersebut. Karena jika silica gel tersebut berada dalam titik jenuh, ia tidak dapat berfungsi sebagai mestinya.

Jual Silica Gel
silica gel food grade kemasan 5 gram

Untuk mengetahui titik jenuh silica gel, Anda bisa mengetes dengan melakukan cara yang sederhana. Ambil silica gel yang sudah dipakai, lalu letakkan ke dalam wadah berisi sedikit air saja. Jika silica gel menunjukkan reaksi menyerap air, berarti silica yang digunakan masih aktif. Namun jika sebaliknya, silica gel tidak menyerap air pada wadah berarti silica gel sudah mencapai titik jenuh.

Jika sudah demikian maka Anda harus segera mengganti silica gel pada ruang atau kemasan agar suhu udara di dalamnya tetap terjaga dan barang-barang yang disimpan tetap awet dan tidak rusak. Silica gel kemasan 1 kg bisa Anda beli di Bioindustries atau pesan dengan nomor telepon yang tertera. Kemasan 1 kg bisa Anda gunakan dengan berbagai macam keperluan.