humidifier

Tips DIY: Cara Melembabkan Ruangan Tanpa Humidifier, Coba di Rumah!

Peran dari humidifier pada ruangan di dalam rumah menjadi hal yang cukup krusial, khususnya terkait dengan sirkulasi udara. Peran alat ini sangat penting khususnya untuk meningkatkan kenyamanan.

Ruangan dengan humidifier akan lebih teratur sirkulasi udaranya dan membuat penghuninya merasa lebih nyaman. Karena kelembapan udara di dalam ruangan tersebut akan terkontrol dengan baik.

promo produk white agent wa-250

Melembabkan Ruangan Tanpa Humidifier di Rumah

humidifier ruangan
Humidifier. Sumber: Unsplash/Mariana Rascao

Tidak semua orang punya budget untuk membeli humidifier, untuk itu, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menggantikan alat ini secara DIY. Penggunaan skala rumahan akan sangat cocok jika mengandalkan cara ini.

Baca Juga : Cara Mengidentifikasi Jamur Hitam, Waspadai Kemunculan Black Mold!

Berikut ini beberapa cara sebagai tips DIY yang bisa dilakukan untuk melembabkan ruangan tanpa menggunakan humidifier di rumah, yaitu:

promo produk biocide insecticide

1. Gunakan kompor

Untuk cara DIY yang efektif untuk menambahkan kelembapan ke udara di rumah Anda, beralihlah ke kompor Anda. Dengan memanaskan ketel air atau merebus sepanci air untuk pasta, Anda menyebabkan penguapan.

Saat air menguap, ia berubah menjadi uap dan bercampur bebas dengan udara di rumah Anda. Biarkan air mendidih selama beberapa menit untuk hasil terbaik.

Pastikan untuk mengawasi ketinggian air sehingga Anda tidak memanaskan bejana kosong, dan jangan meninggalkan kompor Anda tanpa pengawasan.

Jika Anda hanya merebus air untuk kelembapan, menambahkan beberapa tetes minyak esensial favorit Anda akan membuat rumah berbau segar.

2. Tingkatkan kualitas udara dengan tanaman

Sementara tanaman rumah yang layu mungkin merupakan salah satu tanda pertama udara kering, itu juga salah satu cara terbaik untuk meningkatkan kualitas udara tanpa banyak usaha.

Sementara tumbuhan menghasilkan uap air melalui transpirasi, hal itu jarang cukup diperhatikan.

Apa yang dapat mereka lakukan adalah meningkatkan kualitas udara secara keseluruhan dan meningkatkan produksi oksigen, membuat pernapasan di rumah yang kering sedikit lebih mudah.

3. Mandi bisa jadi solusi

Salah satu sumber pelembapan DIY terbaik adalah shower Anda. Dengan mandi dengan pintu terbuka atau membuka pintu tepat setelah mandi, udara lembap dari kamar mandi dapat meresap ke dalam rumah untuk meningkatkan kelembapan secara instan.

 Pastikan untuk mematikan kipas angin. Jika tidak, Anda akan mendorong semua udara yang dilembabkan itu ke luar ruangan.

4. Tempatkan wadah berisi air di atas sumber panas

Untuk trik pelembab DIY setua waktu, coba letakkan panci atau mangkuk berisi air di atas atau di dekat sumber pemanas. Untuk kompor kayu dan radiator air panas, letakkan pot keramik atau logam yang kokoh langsung di atasnya.

Jika Anda harus memindahkan pot, pastikan untuk menggunakan potholder yang diisolasi dengan baik atau sarung tangan tahan panas karena pot akan menjadi sangat panas.

Untuk ventilasi dinding dan register pemanas listrik yang dipasang di dinding, semangkuk air di lantai di sampingnya akan membantu.

Terlepas dari sumbernya, panas akan menyebabkan air menguap, memberikan kelembapan yang berharga di udara.

5. Istirahatkan pengering Anda

Melempar cucian basah ke dalam pengering mungkin nyaman, tetapi itu tidak membantu Anda mengatasi masalah udara kering.

Sebagai gantinya, cobalah menggantung cucian di rak pengering di tempat sentral di rumah Anda. Saat pakaian mengering, mereka akan melepaskan kelembapan ke udara.

Hal tersebut akan membuat rumah Anda terasa lebih nyaman dan menciptakan aroma yang menyenangkan.

6. Gunakan sinar matahari dan vas dekoratif

Jika Anda memiliki vas favorit, Anda bisa memanfaatkannya sebagai pelembab udara. Dengan mengisi vas dengan air dan meletakkannya di ambang jendela yang terkena sinar matahari, Anda akan dapat memanfaatkan kekuatan penguapan alami matahari.

Saat matahari menghangatkan vas dan air setiap hari, air menguap ke udara, menciptakan pelembab DIY yang praktis dan mudah dirawat. Pastikan untuk mengisi ulang air bila perlu—biasanya beberapa kali seminggu.

7. Kunjungi toko hewan peliharaan

Menambahkan satu atau dua teman penghuni akuarium ke rumah Anda adalah cara yang menyenangkan untuk menambahkan kelembapan yang sangat dibutuhkan ke udara Anda.

 Apakah itu tangki besar yang penuh dengan ikan tropis, ikan mas dalam mangkuk, atau akuarium kecil untuk kura-kura kotak, kelembapan pasti akan keluar dari tangki dan ke udara di sekitarnya.

Untuk tangki berpenutup, melepas tutup atau membuka tutup flip-down selama beberapa jam setiap hari diperlukan agar kelembapan dapat keluar.

Idenya adalah bahwa sumber air besar apa pun, baik dipanaskan atau tidak, akan menghasilkan kelembapan saat air mulai menguap.

Tambahkan fitur air

Untuk ide pelembab DIY yang menenangkan, letakkan fitur air dalam ruangan kecil di atas meja atau meja. Air terjun kecil dan gelembung akan memperkenalkan air ke udara.

Dan suara air yang mengalir telah terbukti membuat rileks, jadi pelembab DIY ini sebenarnya memiliki lebih dari satu tujuan.

Itulah beberapa tips DIY untuk dapat melembapkan ruangan tanpa menggunakan humidifier. Jangan lupa coba di rumah Anda agar terasa semakin nyaman!