Cara Menghilangkan Jamur Membandel Pada Furnitur

Spora jamur berterbangan di udara, di dalam dan di luar rumah, tidak terdeteksi sampai mulai tumbuh di dalam rumah Anda. Dengan kondisi yang tepat, seperti kehangatan dan kelembaban, spora mulai tumbuh menjadi jamur. Hal ini dapat menghancurkan furnitur favorit Anda, furnitur mulai tumbuh warna aneh dan berbintik-bintik.

Bersiaplah untuk membersihkan jamur yang telah tumbuh di furnitur Anda sepeti meja, kursi, lemar dan barang lainnya dengan memindahkan perabotan Anda ke tempat yang tidak bisa dijangkau jamut ini. Tempat yang ideal yang di luar rumah yang langsung terkena sinar matahari, selain itu, sediakan juga obat anti jamur kayu. Jika parah serangannya, bersihkan jamur yang keras kepala dengan larutan pemutih (bleaching kayu) atau dengan pengamplasan perabotan.

Apa Saja yang Perlu Dipersiapkan untuk Membersihkan Jamur Dari Furnitur?

Perlengkapan Keamanan

Pakailah sarung tangan karet, kacamata pengaman, dan masker udara. Spora bisa sangat berbahaya bagi kesehatan Anda, terutama jika mereka masuk ke paru-paru Anda. Untuk mencegah hal ini, setiap kali membersihkan jamur kayu Anda harus mengenakan masker udara, sarung tangan karet, dan kacamata pengaman.

Karena efek spora yang sangat berbahaya di paru-paru, masker harus digunakan. Ini bisa dibeli di sebagian besar toko perangkat keras.

Jika Anda alergi terhadap debu atau spora jamur yang sensitif, tutupi sebanyak mungkin kulit Anda. Pakailah baju lengan panjang, dalam kasus ini.

Mengeluarkan Perabotan Keluar Ruangan

Cegah penyebaran spora jamur dengan membersihkan furnitur di luar ruangan. Jika Anda tidak memiliki pilihan lain, Anda bisa membersihkan jamur putih atau jamur permukaan dari perabotan di dalam rumah, meskipun Anda harus membuka jendela sebelum memulai. Selama proses pembersihan Anda mungkin secara tidak sengaja menyebarkan spora jamur. Untuk mencegah agar tidak menyebar ke perabot lain atau bagian rumah Anda, bersihkan di luar ruangan.

Jika Anda memindahkan perabotan ke luar, potong satu kantong sampah atau dua kantong plastik untuk membungkus sekeliling perabotan. Hal ini akan mencegah penyebaran spora saat mengangkut perabotan di rumah Anda.

Banyak zat pembersih, seperti pemutih, mengeluarkan asap berbahaya. Minimal, sebaiknya bersihkan di area yang berventilasi baik.

Membersihkan Jamur Permukaan Pada Furniture/Perabotan

Menjemur Furnitur yang terserang jamur di bawah sinar matahari

Memberihkan jamur kayu pada perabotan bisa dengan sinar matahari. Jamur kayu yang sangat ringan dan bau apek seringkali bisa dihilangkan dengan menjemur perabotan Anda di bawah sinar matahari. Posisikan perabotan di luar di pagi hari, setelah embun menguap (jika ada). Bawa perabotan kembali ke dalam saat matahari terbenam. Ulangi ini satu atau dua hari lagi jika perlu.

Bahkan saat berhadapan dengan jamur permukaan yang biasanya berwarna putih tumbuh di lemari kayu Anda, pastikan Anda memakai sarung tangan, masker udara, dan googles (kacamata pelindung). Jamur permukaan atau jamur furnitur (mold) masih menghasilkan spora berbahaya.

Hama kayu yang merusak perabot Anda ini tumbuh subur dengan kelembaban. Jika iklim rumah Anda lembab, tempatkan perabotan Anda di ruangan kecil dengan dehumidifier untuk hasil yang serupa dengan pembersihan sinar matahari.

Bersihkan dengan sabun cuci

Gosok jamur yang lebih susah hilang dengan sabun cuci piring dan sikat dengan sikat lembut. Jamur kayu yang tidak bisa diatasi dengan sinar matahari dan alkohol seringkali bisa diatasi dengan deterjen rumah tangga. Campur sabun cuci piring dalam ember air hangat dan gosok perlahan daerah berjamur dengan sikat bulu lembut dengan gerakan melingkar.

Setelah selesai dibersihkan, bersihkan permukaan furnitur Anda dengan handuk lembab. Jika tidak ada noda yang tersisa, bersihkan kayu sekali lagi dengan lap kering. Jika cetakan tetap ada, ulangi proses ini.

Sebelum melakukan ini, sebaiknya Anda menggunnakan sikat halus atau sikat gigi kecil untuk menjangkau area kecil pada furnitur dengan larutan terlebih dahulu. Karena jika sikatnya kasar, dapat merusak lapisan cat tertentu.

Jika Dengan Sabun Cuci tidak hilang, gunakan cuka

Memilih cuka suling saat sabun cuci piring gagal menghilangkan jamur membandel ini bisa anda lakukan juga. Cuka putih adalah agen pembunuh jamur yang hebat. Sebaiknya sabun cuci piring terlalu lemah untuk menghilangkan jamur, tambahkan cuka ke botol semprot. Semprotkan pada furnitur secara menyeluruh dengan cuka. Tunggu sekitar satu jam, lalu bersihkan permukaan dengan lap basah.

Terapkan lagi cuka ini dengan cara ini jika perlu. Lap kayu secara menyeluruh dengan lap kering saat sudaah selesai.

Membersihkan jamur kayu dengan minyak

Banyak masyarakat membersihkan jamur kayu dengan minyak, seperti solar atau minyak tanah. Jika kayu belum jadi furniture biasanya masyarakat merendamnnya dikubangan air atau mengoleskan solar ke kayu. Begitu juga pada furniture, kebanyakan melapisi atau memberishkan jamur dengan minyak, seperti solar. Akan tetapi, sebenarnya cara seperti ini malah kurang efektif. Hama ini bisa kembali lagi jika sudah beberapa hari di taruh di dalam rumah lagi.

Lalau apa solusinya? Anda bisa gunakan obat penghilang jamur kayu BioCide Fungicide, obat ini biasa dipakai pabrik kayu atau pabrik furniture untuk menjaga produknya agar tetap awet ditangan konsumen. Bisanya pabrik furnitur besar di Jepara menggunakan produk anti jamur BioCide ini juga. Produk ini mudah ditemukan secara online.

Obat ini juga bisa Anda gunakan jika semua cara simple di atas gagal. Karena obat jamur kayu ini didesain khusus untuk membersihkan pintu kayu, kusen jendela, lemari, meja, kursi dari jamur permukaan. Di Indonesia, bisa didapatkan di marketplace atau menghubungi suppliernya langsung.

Mengatasi Noda Jamur Kayu Yang Membandel

Campur larutan pemutih (obat bleaching kayu) untuk jamur yang keras kepala, artinya sudah tidak bisa dihilangkan nodanya, jamur meninggalkan noda hingga masuk ke substrat kayu. Tuangkan bahan pemutih kayu dalam ember. Lalu rendam kayu untuk menghilangka warna yang tidak bisa hilang.

Hanya noda pada permukaan furnitur kayu Anda yang akan hilang dengan pemutih kayu. Pemutih kayu bisa menghilangkan atau memutihkan warna kayu yang sudah tidak seragam lagi. Warna atau bintik-bintik kayu yang disebabkan jamur kayu membandel karena sudah terlalu lama tidak dibersihkan.

Artikel "Uncategorized"

About Us

Antijamur.net merupakan akan obat anti jamur ramah lingkungan untuk merawat kayu baik kayu basah maupun kering atau sudah menjadi perabot. Produk Antijamur.net sangat efektif untuk merawat perabot/bangunan.

©2015 - 2019 AntiJamur.net - All Right Reserved.