cara menghilangkan jamur pada papan kayu

Cara Menghilangkan Jamur pada Papan Kayu yang Paling Efektif

Ada banyak jenis papan kayu di pasaran, semua digunakan untuk bahan bangunan atau furniture dan rentan serangan jamur. Butuh cara menghilangkan jamur pada papan kayu yang efektif.

Apa saja jenis-jenis papan kayu? Berikut ini jenis papan kayu berdasarkan ukuran dan cara pembuatannya serta cara menghilangkan jamur pada kayu yang tumbuh di permukaannya.

promo produk white agent wa-250

Kayu Utuh

Kayu utuh tidak dibentuk dari sambungan atau gabungan, kayu solid yang cukup populer di Indonesia antara lain kayu jati, sungkai, nyatoh, ramin, dan jati belanda, dan lain-lain. Harga kayu solid dihitung berdasarkan kubikasi, panjang x lebar x tebal, umumnya harga kayu solid cenderung lebih mahal.

Baca Juga : ciri ciri kayu nyatoh yang perlu diketahui

kayu

promo produk biocide insecticide

Kayu Lapis Atau Plywood

Sedangkan kayu lapis, yang biasa disebut tripleks atau multipleks, sesuai dengan namanya, Kayu Lapis adalah Papan Kayu yang terbentuk dari beberapa lapis lembaran kayu. Lembaran-lembaran tersebut direkatkan dengan tekanan tinggi dan menggunakan perekat khusus.

Kayu lapis yang terdiri dari tiga lembar kayu disebut tripleks. Sedangkan yang terdiri dari lebih dari tiga lembar kayu, disebut multipleks. Ketebalan kayu lapis bervariasi, mulai dari 3 /4 /9/18 dengan ukuran penampang standart yaitu 120-122 x 240-244cm. Kayu lapis bisa digunakan sebagai material untuk kitchen set, tempat tidur, lemari, atau meja. Biasanya dilapisi HPL atau finir.

Baca Juga : ketahui biaya untuk bersihkan jamur lensa

 

Plywood atau kayu lapis memiliki banyak pilihan motif, yang kerap digunakan sebagai pelapis lemari ataupun kitchen set, antara lain seperti motif jati, sungkai, nyatoh, dan lain-lain. Masing-masing motif mempunyai ciri khas dan warna tersendiri Umumnya plywood yang dilapisi oleh lapisan bermotif ini difinishing dengan cara plitur/ NC dan melamik.

Baca Juga : Lebih dekat dengan karakteristik kayu sungkai 

kayu lapis

Selain itu ada juga melaminto, yaitu kayu lapis dengan lapisan anti air yang umumnya dipasang pada bagian dalam kitchen set ataupun untuk bagian dalam pintu kamar mandi. Ada beberapa pilihan warna pada melaminto.

Oleh karena itu berdasarkan kompleksnya jenis dan cara pembuatan papan kayu, memang diperlukan cara menghilangkan jamur pada papan kayu yang efektif dan menggunakan obat anti jamur yang khusus.

Partikel Board

Masih adalagi jenis papan kayu selain kayu utuh dan plywood yang dapat terserang jamur permukaan, yakni partikel board. Jenis kayu olahan yang satu ini terbuat dari serbuk kayu kasar yang dicampur dengan bahan kimia khusus, campuran tersebut kemudian disatukan dengan lem dan dikeringkan dengan suhu tinggi.

particle board

Kayu partikel banyak digunakan sebagai material untuk berbagai furnitur. Namun, kayu partikel tergolong jenis kayu yang tidak tahan lama. Dalam kurun waktu tertentu, kayu partikel bisa berubah bentuk, terutama jika terkena air dan menahan beban terlalu berat.

Jika terkena suhu dingin biasanya dapat ditumbuhi jamur, oleh karena cara menghilangkan jamur pada papan kayu sangat dibutuhkan.

MDF ( Medium Density Fiberboard )

Kayu yang terbuat dari campuran bubur kayu dengan bahan kimia tertentu, cara pembuatannya mirip dengan kayu partikel. Kayu MDF merupakan material kayu olahan yang tidak tahan terhadap air dan kelembapan.

Untuk daerah-daerah yang memiliki kelembapan tinggi, sebaiknya menggunakan kayu MDF dengan perawatan obat anti jamur kayu berkualitas. Finishing kayu MDF bisa dilakukan dengan lapisan irisan kayu tipis (veneer), pelapis kertas (tacon, supercon,dll), melamik ataupun duco.

particle board

 

Keunggulan dari MDF adalah permukaannya yang halus dan tidak berpori membuat proses finishing jauh lebih praktis dibandingkan proses finishing pada jenis kayu lainnya, namun ada juga kelemahannya yaitu harga yang relatif lebih mahal.

Blockboard

blockboard

Blockboard dibentuk dari balok-balok kayu berukuran 4cm-5cm dipadatkan menggunakan mesin, setelah itu diberi pelapis, sehingga hasil akhirnya berupa lembaran seperti papan kayu. Blockboard memiliki dua pilihan ketebalan, 15mm dan 18mm, harganya pun cenderung lebih murah dibandingkan kayu solid.

Terdapat beberapa acuan untuk menilai kualitas blockboard, ada 3 faktor penentu yakni yang pertama berat Jenis yang menentukan berat/ ringan bahan. Kedua, Structural Strength untuk menentukan kekuatan bahan dari segi struktur. Ketiga, Water Resistance Level untuk menentukan ketahanan bahan terhadap air.

Jenis Papan Kayu Apa Yang Ringan Dan Kuat?

Jika board yang dimaksud terbuat dari kayu utuh, perlu melihat tabel bahan kayu, karena 'kuat' ada 2 macam, kuat secara struktur, dan kemudian kuat tahan air.

Banyak cara untuk menambah kekuatan, antara lain memasukkan bahan kimia tambahan ke dalam campuran, dengan demikian bahan tersebut akan mampu tahan air sehingga bisa dipakai di luar ruangan (exterior). Salah satunya dengan cara menghilangakan jamur pada papan kayu menggunakan obat anti jamur berkualitas.

Obat anti jamur permukaan BioCide Surface Film Preservative atau biasa disingkat BioCide SFP. Obat tersebut ialah satu-satunya yang memiliki sertifiat internasional di Indonesia, biasa dipakai oleh pabrik kayu besar di Indonesia, karena multi fungsi, bisa mencegah jamur dan lumut. Sangat cocok untuk plywood, partikel board dan papan kayu lainnya yang mudah terserang jamur. Anti jamur BioCide SFP mencegah jamur tumbuh pada kelembaban tertentu.

pengawet kayu

 

Treatment menggunakan anti jamur BioCide akan menambah nilai kayu tersebut, karena pola kayu bersertifikat anti jamur. Apa yang membuat jamur tumbuh pada papan kayu? Penyebab utamanya adalah kelembaban udara disekitar kayu tersebut diletakkan. Oleh karena apabila papan kayu tersebut sudah menjadi furniture seperti lemari, ketchen set, ataupun dipan di rumah Anda muncul jamur permukaan berwarna putih.

Bagaimana cara menghilangkan jamur pada papan kayu tersebut?

Pertama, bagi pengrajin atau tukang produksi furniture berbahan papan kayu olahan maupun utuh, perlu aplikasi obat anti jamur BioCide, larutan anti jamur tersebut bisa dicampur dengan bahan coating saat sedang finishing.

tindakan pencegahan dengan memberikan perlindungan pad akayu
tindakan pencegahan dengan memberikan perlindungan pad akayu

Atau jika sudah jadi dan siap pakai, kuaskan BioCide SFP pada seluruh permukaan furniture. Jika ada tidak menggunakan anti jamur, beginilah yang terjadi: Inilah Bahaya Serangan Jamur Kayu Terhadap Sifat-Sifat Kayu.

Kedua, bagai Anda ibu rumah tangga silahkan campur larutan BioCide dengan air bersih dengan perbandingan 1:100 kemudian kuaskan pada seluruh lemari, kitchen set, perabot Anda di rumah yang berjamur. Karena biasanya papan kayu olahan yang Anda beli sangat rentan terhadap serangan jamur oermukaan atau mold.

Demikian cara menghilangkan jamur pada papan kayu yang sangat praktis, semoga menjadi acuan Anda.