Ciri, Harga, dan Manfaat Kayu Nyatoh

pohon-nyatoh

Berkerabat dekat dengan kayu meranti, kayu nyatoh merupakan salah satu jenis kayu tropis yang tersebar luas di berbagai area di Indonesia. Namun demikian, kayu ini lebih mudah ditemukan di wilayah Sulawesi dibanding wilayah lainnya di negara ini. Bahkan hampir semua suplai nyatoh di Jawa berasal dari kayu Sulawesi. Contohnya saja di Surabaya yang pasar nyatohnya didominasi oleh produk asal pulau Celebes tersebut.

Kayu nyatoh berasal dari pohon nyatoh atau sering juga disebut sebagai pohon Nagasari. Tumbuhan itu memiliki karakter tinggi dengan diameter yang bisa mencapai 120 cm. Batang pohon lurus, bulat torak dengan banir tipis, dan lebar. Kayu pohon ini tampak coklat kemerahan, berurat indah, dan ringan.

Karakter Kayu Nyatoh

Warna Kayu

?????????????????

Umumnya, warna kayu ini lebih muda dari warna kayu jati. Kayu bagian terasnya tampak merah muda hingga merah kecoklatan, sedangkan warna bagian gubalnya lebih muda. Karakter yang mirip ini membuatnya banyak dijuluki sebagai jati muda.

Tekstur Kayu

Tekstur kayu secara umum halus, namun pada beberapa bagian teraba kasar.

Pola Serat Kayu

Pola serat pada umumnya lurus. Kayu nyatoh dikenal karena pola seratnya yang indah, bahkan sering dianggap lebih menawan dari Meranti.

alterntif text

Kelicinan Permukaan

Permukaan terasa agak licin ketika diraba.

Kelas Keawetan

Termasuk kayu dalam kelas keawetan III-IV atau tidak begitu awet. Dengan keawetannya ini, pengolahan nyatoh harus memperhatikan ancaman hama seperti rayap, teter, jamur stain, jamur permukaan, dst sejak dini. Treatment pengawetan kami anjurkan dan menjadi wajib pada kayu dengan kelas keawetan rendah.

Daya Retak

Daya retak kayu ini tergolong tinggi sehingga dalam pemanfaatannya harus dilakukan hati-hati.

Harga dan Manfaat Kayu Nyatoh

Seringkali kayu ini digunakan sebagai bahan baku pembuatan kusen dan jendela. Pada banyak kasus, sering juga dimanfaatkan untuk mebel atau furniture secara umum. Pembuatan plywood (multipleks), parket, dst juga kerap memanfaatkan nyatoh. Bahkan kayu ini tak jarang dimanfaatkan sebagai material bahan bangunan. Fungsi kayu nyatoh bagaimanapun juga tak lepas dari keindahan pola seratnya.

Harga kayu berkisar antara tiga setengah juta hingga empat setengah juta rupiah (Rp. 3.500.000 – Rp. 4.500.000).  Sementara harga ekspornya untuk ukuran papan berkisar 800 sampai dengan 1000 USD. Bisa dibilang, kayu nyatoh masih tergolong menjanjikan untuk prospek bisnis di masa depan.

alterntif text
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Beli sekarang juga!