Langkah-langkah Ekspor Barang ke Luar Negeri dari Urus Sale’s Contract

Di era yang semakin mengglobal, sudah waktunya bagi pelaku usaha Indonesia untuk berorientasi ke pasar ekspor. Bagi Anda yang masih pemula, silahkan simak gambaran langkah-langkah ekspor barang ke luar negeri di bawah ini.

RCEP telah ditandatangani. Perjanjian ini akan menjadi era baru bagi ASEAN (termasuk Indonesia) dan negara partner bisnisnya. Dengan perjanjian ini, perdagangan akan semakin mudah dilakukan. Ekspor dan impor barang akan dibuka lebar sehingga memberikan peluang bagi pelaku usaha di negara-negara terkait.

Pelaku usaha Indonesia sendiri semestinya bisa menyambut RCEP dengan gembira. Orientasi yang dulunya bersifat protekstionis dan berskala nasional harus dikembangkan lagi hingga berskala internasional. Dan di kesempatan ini, antijamur.net akan menjelaskan cara untuk bisa melakukan ekspor yang bagi pelaku usaha pemula pasti sangat membingungkan.

Langkah-langkah Ekspor Barang ke Luar Negeri

Siapkan Barang Anda

Kami tidak menyarankan Anda mengekspor barang sebelum barang Anda siap diekspor. Dan ini bukan persoalan kualitas semata. Barang Anda pertama-tama harus memiliki ketahanan dalam proses pengiriman menggunakan kontainer di kapal. Sebab kondisi kontainer di kapal adalah kondisi yang bisa merusak produk Anda.

Dalam kondisi ini, produk rentan terhadap:

  1. Perubahan suhu
  2. Kelembaban tinggi yang membuat produk lapuk dan dimakan hama

Kerusakan selama pengiriman sangat bisa terjadi. Dan untuk mencegah hal seperti ini, produk Anda harus disiapkan dulu. Contoh, bila Anda hendak mengirim mebel, sebaiknya pastikan kayu mebel sudah ditreatment dengan fungisida dan insektisida yang bagus seperti BioCide.

Kemudian, perlu juga digunakan penyerap kelembaban dalam kemasan atau dalam kontainer. Untuk produk berukuran kecil, gunakanlah penyerap lembab silica gel. Silica gel akan menekan kelembaban sehingga mencegah produk membusuk atau ditumbuhi jamur.

Sedangkan untuk produk besar yang tak bisa dikemas dalam bungkus yang rapat, Anda bisa menggunakan container desiccant. Container desiccant bekerja seperti silica, hanya saja dalam skala ruangan. Container desiccant akan membuat kontainer tetap kering sehingga produk sampai di tempat tujuan dengan aman.

Hal-hal seperti ini wajib Anda perhatikan sebelum benar-benar menerapkan langkah-langkah ekspor barang ke luar negeri yang lainnya. Sebab sebagus apapun barang Anda, namun bila ia tidak “kuat” dibawa dalam kontainer kapal, maka yang akan merugi adalah Anda sendiri.

Deal Penjualan dengan Sales Contract dan Sales Confirmation

Bila produk Anda telah siap diekspor, saatnya Anda “berburu” klien. Pertama-tama, Anda harus melakukan promosi ke negara target ekspor. Anda bisa mengikuti pameran internasional sampai membuat website yang mempromosikan produk Anda dengan bahasa negara tujuan ekspor tersebut.

Setelah itu, usahakan untuk:

  1. Mendapatkan surat inquiry. Surat inquiry atau letter of inquiry adalah surat berupa ketertarikan calon pembeli pada produk Anda. Surat biasanya menanyakan hal-hal rinci tentang produk Anda seperti harganya, kualitasnya, hingga kemungkinan Anda mengirimkan produk ke negara mereka.
  2. Memberikan offer sheet. Offer sheet adalah balasan surat inkuiri. Di sini Anda memberikan informasi yang diminta dalam surat inquiry.
  3. Mendapatkan surat pesanan atau order sheet. Jadi, bila tawaran Anda diterima, Anda akan mendapatkan surat ini. Namun sampai di sini saja langkah-langkah ekspor barang ke luar negeri belum selesai.

Setelah mendapatkan pesanan, Anda harus membuat sale’s contract yang pada dasarnya merupakan surat kontrak penjualan. Dalam surat ini harus ada keterangan klausul bencana serta inspeksi.

Sale’s contract harus Anda kirimkan sebanyak 2 rangkap ke calon importer untuk ditandatangani (sebelumnya, Anda tanda tangan dulu). Setelah itu, calon importir mengirimkan kembali 1 rangkap surat yang sudah ditandatanganinya sebagai sale’s confirmation.

Mengurus Jaminan Bank

Langkah-langkah Ekspor Barang

Setelah mendapatkan surat konfirmasi atas surat kontrak yang Anda kirim, kini importer harus mengurus surat kredit. Mereka harus membuat surat jaminan atas uang yang dibayarkan menurut perjanjian di sebuah bank.

Bank tersebut kemudian akan membuka surat yang sama ke bank yang ada dalam jaringannya di negara eksportir. Bank tersebut (dinamai advising bank) kemudian akan memeriksa letter of credit yang diberikan. Bila absah, maka bank akan mengirimkan surat jaminan atas produk yang Anda ekspor.

Siapkan Pengirimannya

Langkah-langkah ekspor barang ke luar negeri berikutnya adalah mengurus proses pengiriman barang melalui shipping (jalur laut). Anda harus menggunakan jasa di perusahaan kapal yang sudah disepakati dalam sale’s contract. Setelah itu, Anda perlu membayar pajak ekspor serta pajak ekspor tambahan ke advising bank.

Setelah urusan tersebut beres, perusahaan pengapalan akan mulai memuat barang Anda dan menyerahkan dokumen buktinya kepada Anda. Serahkanlah dokumen yang diperlukan ke advising bank. Mereka akan menyerahkannya ke importir, sebab importir Anda memerlukan surat tersebut untuk mendapatkan barang yang dibelinya dari Anda.

Catatan: di sini, penting diperhatikan untuk memilih jasa pengapalan ekspor impor yang bagus. Kondisi kontainer juga semestinya tidak diabaikan begitu saja. Anda tetap harus aktif terlibat dalam proses muat barang untuk memastikan kondisi produk supaya aman.

Langkah-langkah Ekspor Barang yang Terakhir : Dapatkan Uangnya!

Setelah barang Anda dikirim, sekarang waktunya mengurus pembayaran. Anda perlu menyediakan syarat yang diminta untuk pencairan uang yang dibayar oleh importir. Contoh syarat yang diminta biasanya berupa packing list, invoice, dan surat-surat lainnya yang pasti akan dijelaskan pihak bank terkait.

Pihak advising bank akan memeriksa keabsahaan dan kelengkapan syarat-syarat tersebut. Begitu juga dengan bank devisa. Sekiranya semua syarat sudah lengkap, maka Anda akan mendapatkan pembayaran yang sesuai dengan kontrak.

Selesai! Pada dasarnya proses ekspor cukup mudah dilakukan. Hanya saja, memang masih ada beberapa kendala di lapangan, baik dari segi birokrasi hingga ketersediaan kontainer yang bagus.

Kami Sedia Produk agar Langkah-langkah Ekspor Barang Anda Makin Optimal

Kami di antijamur.net menyediakan produk yang bisa menunjang usaha Anda, khususnya dalam industri woodworking. Di sini, kami sedia:

Penyerap Lembab Untuk Kamar
  1. BioCide Surface Film Presevative yang bisa dicampurkan ke cat kayu sehingga membuat lapisan coating menjadi sangat tahan jamur namun tetap aman.
  2. Silica natural food grade untuk penyerap kelembaban berbagai produk kerajinan kayu hingga wooden kitchenware.
  3. Container desiccant untuk penyerap kelembaban ruangan pada pengiriman produk mebel dan kerajinan berukuran besar.

Dengan produk-produk tersebut, Anda bisa menerapkan langkah-langkah ekspor barang ke luar negeri dengan optimal.

Kontak dan Pemesanan

Hubungi CS kami untuk informasi lebih lanjut dan bila Anda tertarik untuk melakukan pembelian pada berbagai produk yang kami sediakan di atas. Kami siap mendukung usaha Anda dengan produk-produk tersebut. Bila perlu, teknisi kami bisa melakukan trial untuk perusahaan Anda (misalnya, untuk aplikasi BioCide Surface Film Preservative.

Semoga bermanfaat! Dapatkan informasi menarik lainnya seperti informasi mengenai cara atau langkah-langkah ekspor barang ke luar negeri ini.

Artikel "Uncategorized"

About Us

Antijamur.net merupakan akan obat anti jamur ramah lingkungan untuk merawat kayu baik kayu basah maupun kering atau sudah menjadi perabot. Produk Antijamur.net sangat efektif untuk merawat perabot/bangunan.

©2015 - 2019 AntiJamur.net - All Right Reserved.