kayu kena jamur

Cara Efektif Mengatasi Jamur Pada Particle Board dengan Obat Jamur Terbaik

Particle board merupakan material bangunan yang saat ini banyak digunakan untuk furniur. Berbagai merk furnitur terkenal seperti ikea dan olympic pun menggunakan bahan ini. Misalnya untuk lemari olympic, drawer ikea atau kabinet lemari ikea banyak yang menggunakan bahan ini.

Particle board jadi primadona untuk pembuatan mebel high end. Aik seluruhnya atau untuk bagian tertentu dari mebel tersebut. Yang pasti bahan satu ini lebih ramah lingkungan, harga particle board relatif lebih murah dibandingkan dengan kayu dan memiliki banyak sekali varian.

promo produk white agent wa-250

Baca Juga : obat jamur untuk mengatasi lemari berjamur

Sebenarnya apa itu bahan particle board dan mengapa banyak di gunakaan saat ini? Apakah bahan ini tidak rentan hama layaknya kayu atau mdf? Selengkapnya akan kami uraikan pada artikel dibawah ini.

Memahami Karakteristik Kayu Olahan Particle Board

Particle board merupakan jenis kayu olahan yang dibuat dari dari bubur kayu kemudian dilapisai dengan kayu lapis atau veneer. Saat ini banyak particle board yang lapisan atasnya seperti mdf dengan menggunakan lapisan vener yang kaya akan motif.

promo produk biocide insecticide

Baca Juga : cara mengatasi lemari yang berjamur

Particle board digunakan untuk banyak sekali desain interior rumah. Mulai furnitur, floring dan masih banyak lainya. Kelebihan dari particle board bisa di cat, dilapisi dengan veneer yang beragam motif, walaupun lebih padat namun tetap terasa ringan. Selain itu lebih mudah di sekrup dibandingkan mdf atau hdf. Namun dari segi kekuatan lebih rendah dibandingkan mdf atau hdf.

particle board

Ikea merupakan salah satu perusahaan yang mempopulerkan pengunaan particle board. Kayu olahan ramah lingkungan ini anyak menggunakan particle board untuk mebel seperti meja, kabinet tv, rak buku dan berbagai rak dekoratif lainya. Selain harga yang terjangkau, ternyata particle board juga lebih mudah di bentuk.

Baca Juga : cara menghilangkan jamur pada lemari partikel board

Dalam konstruksi bangunan, particle board paling banyak di gunakana dalam panel dinding dan plafon rumah. Selain itu bahan ini memiliki insulasi thermo akustik yang bagus sehingga banyak di gunakan dalam produk speaker serta digunakan dalama langit-langit studio musik atau teater.

Namun kekurangan yang mencolok dari jenis kayu olahan yang satu ini adalah rentan lembab dan mudah berjamur. Apalagi untuk bagian yang tidak dilapisi veneer. Oleh karena itu bahan kayu oalahan yang satu ini perlu benar benar dijaga dalam ruangan yang bersih dan memiliki sirkulasi udara yang bagus.

 

Mengapa Jamur Menyerang Particle Board?

Jamur dapat tumbuh dimana saja. Tidak mengenal inang yang ditumpanginya. Mulai dari makanan higga kayu. Oleh karena itu wajar saja jika particle board ini di hinggapi jamur. Mungkin anda pernah melihat bagian belakang lemari pakaian jamuran seperti bercak putih putih menyebar atau hiam hitam.

Nah serangan seperti itu sering sekali muncul pada perabotan dengan bahan particle board terutama di sisi bagian dalam yang tidak dilapisi veneer. Hal ini mucnul karena kelembapan udara yang ada di lingkungan. Selain itu kotoran, debu dan juga air akan mempercepat pertumbuhan spora jamur sehingga furnitur berbahan particle board akan mudah berjamur.

cara menghilangkan jamur pada partikel board

Jika anda melihat lemari atau kabinet atau furnitur apapun dirumah anda yang berbahan particle board bagian belakangnya berjamur, segera atasi hal ini. Jika dibiarkan begitu saja maka jamur akan mudah menyerang bagian bagian lainya.

Mengatasi Jamur Pada Particle Board Dengan Anti Jamur Yang Tepat

Rumah yang habis terkena banjir atau hujan yang terus menerus sehingga membuat ruangan lembab? Jika hal ini terjadi dan anda memiliki banyak furitur yang terbuat dari particle board sebaiknya waspada. Bukan tidak mungkin jamur akan menyerang.

lakukan bleaching kayu

Jika sudah terlanjur terserang jamur, tidak ada salahnya untuk segera membersihkan papan kayu particle board tersebut. Nah berikut ini perlu anda perhatikan dengan seksama bagaimana cara mengatasi jamur yang sudah menyerang.

Pertama siapakan peralatan dan bahan yang dibubutuhkan terlebih dahulu, meliputi sarung tangan plasik, masker, lap kain bersih, sikat, kipas angin, obat jamur kayu biocide sesuai dengan jenis serangan yang terjadi.

Ikuti langkah langkah mengatasi jamur pada furnitur particle board berikut ini:

  • Sebaiknya letakkan di luar ruangan furnitur yang terkena jamur tersebut. Jika tidak memungkinkan geser dari tembok kemudian gunakan koran bekas untuk alas saat membersihkan furnitur
  • Bersihkan dengan sikat dan lap hingga bersih. Jika masih menempel anda bisa menggunakan amplas
  • Buatlah cairan anti jamur kayu kemudian celupkan kain lap pada cairan tersebut
  • Oleskan kain lap pada bagian furnitur yang berjamur
  • Biarkan hingga mengering dengan sendirinya atau jemur dibawah sinar matahari

Catatan yang harus anda perhatikan adalah jamur yang menyerang apakah jamur permukaan atau jamur subtrat. Jika yang nampak adalah bercak putih putih berkelompok pada lapisan permukaan furnitur baik pada bagian particle board yang dilapisi veneer atau tidak, berarti furnitur terserang jamur permukaan.

Namun jika jamur berwarna gelap banyak tidak merata, berati furnitur anda terserang jamur subtrat. Untuk mengatasi hal ini anda membutuhkan anti jamur subtrat. Namun jika sudah tidak bisa diatasi dengan anti jamur sebaiknya anda menggunakan blaching kayu atau white agent 250.

Masing masing produk memiliki kelebihan masing masing. Anti jamur kayu biocide , baik biocide sfp atau biocide wood fungicide meiliki spesifikasi yang berbeda. Jika mebel particle board anda diserang jamur permukaan ada baiknya anda menggunakan biocide sfp untuk menghilangkan spora jamurnya.

Namun jika jamur yang menyerang adalah jamur subtrat dan meninggalkan noda sebaiknya anda menggunakan white agent untuk menghilangkan nodanya. Untuk pencegahan jamurnya anda bisa menggunakan biocide wood fungicide.

Bahan aktif dari masing masing obat anti jamur tadi juga berbeda. Biocide sfp direkomendasikan untuk mengatasi spora jamur, lumut dan bakteri. Sehingga sangat cocok mengatasi jamur permukaan. Anti jamur ini juga dapat dicmpur kedalam lapisan finishing sehingga membentuk lapisan finishing atau cat anti jamur kayu.

Untuk menyeragamkan warna kayu yang sdah terlanjur terserang jamur, anda bisa menggunakan white agent 250 atau WA 250. Produk ini efektif menyeragmkan warna mebel kayu sesuai dengan tingkat kecerahan yang anda inginkan. Kelebihanya produk ini tidak menimbulkan korosi pada logam sehingga aman di gunakan termasuk pada mebel. Jika anda menggunakan white agent sebainya anda mengamplas semua lapisan finishing kemudian melakukan refinishing kembali sesuai dengan yang anda inginkan.

Pastikan anda memilih produk dengan tepat sesuai dengan serangan jamur pada furnitur particle board. Penggunaan obat anti jamur yang tepat akan menyelesaikan masalah serangan jamur dengan lebih efektif dan efesien.

Produk anti jamur biocide dan pemutih kayu WA 250 semuanya dapat dibeli secara online dengan menghubungi customer care kami di nomor yang tertera dibawah ini. Selain itu anda dapat membeli di marketplace seperti tokopedia dan bukalapak.