Tips Menghilangkan Jamur Pada Lemari Kayu

Ada banyak saran untuk Anda mengenai tips pencegahan jamur dan saran pembersihan yang tepat, namun sebagian besar nasehat ini nampaknya berfokus pada jenis jamur yang muncul di kayu dan tidak menggunakan solusi yang sekaligus.  Berikut ini tips menghilangkan jamur pada lemari kayu yang dapat menjadi acuan Anda menangani masalah jamur lemari.

Jamur yang tumbuh di dalam lemari pakaian bisa sangat bermasalah, dan bisa jadi rumit mencari tahu cara terbaik untuk membersihkannya. Lagi pula, Anda pasti ingin memastikan semua spora telah dihilangkan tanpa tersisa, serta tidak menyebabkan kerusakan pada struktur lemari pakaian Anda. Jadi bagaimana Anda melakukannya? Inilah panduan Anda untuk lebih memahami tentang jenis jamur ini dan menyingkirkannya untuk selamanya.

Mengapa Jamur di Lemari Perlu Perhatian Khusus?

Mungkin kita mudah membersihkan debu di kaca, hanya dengan mengelapnya di air sabun. Tapi apakah cara seperti itu bisa digunakan untuk menghilangkan jamur lemari pakaian?

Bila menyangkut lemari, misalkan Anda menggunakan sabun pembersih ataupun pemutih kayu mungkin tidak sesuai untuk bahan tertentu. Bahkan saat diencerkan, pemutih adalah zat yang sangat kuat, dan bisa menghemat gloss pelindung di lemari pakaian Anda, membuat kerusakan pada kayu, atau menyebabkan perubahan warna. Untuk permukaan kayu dan bahan yang rentan, selalu sebaiknya gunakan larutan bahan pengawet kayu yang lembut. Inilah sebabnya mengapa mencegah jamur di lemari membutuhkan sedikit perawatan ekstra.

Tips Menghilangkan Jamur Pada Lemari Kayu Yang Paling Efektif

Langkah pertama dalam menghilangkan jamur kayu adalah membuang jamur yang sudah ada di lemari pakaian Anda. Alternatif penggunaan lap basah pada permukaan kayu atau dengan menggunakan cuka putih. Selalu uji produk apapun di area kecil terlebih dahulu sebelum melanjutkan.

Tindakan pengelapan tersebut akan menghilangkan lapisan luar jamur (yang biasanya berwarna putih halus). Untuk melakukan ini, cukup celupkan kain ke dalam larutan dan bersihkan permukaan yang terkena. Sekarang mungkin terlihat seolah-olah jamur pad alemari kayu telah benar-benar hilang, tapi mungkin masih ada spora yang tersisa berada lebih dalam kayu. Ini harus diobati dengan obat anti jamur BioCide Surface Film Preservative (SFP) yang diencerkan, dan dibiarkan mengering. Permukaan lemari pakaian Anda kemudian bisa dibilas dengan air dingin lalu dikuaskan, dan dikeringkan di bawah sinar matahari. Berikut detail aplikasi BioCide SFP?

  • Keluarkan lemari pakaian Anda dari ruangan, atau sedikit jauhkan dari tembok.
  • Bersihkan jamur yang masih menempel dengan lap.
  • Larutkan BioCide FSP ke dalam wadah, lalu campur dengan air bersih dengan perbandingan 1:50 untuk kemasan 130 gr (campur dengan air sekitar 10-13 liter).
  • Kuaskan ke seluruh permukan mebel/perabotan Anda.
  • Keringkan dengan diangin-anginkan saja atau di bawa sinar matahari.

Cara menghilangkan jamur di lemari  diatas menyarankan obat anti jamur BioCide SFP untuk mengatasi lemari, karena obat ini terbukti efektif menghilangkan dan membasmi jamur sekaligus. Anda dapat menghubungi nomor yang tertera pada website ini.

alterntif text

Setelah pengaplikasian itu semua jamur kayu yang sudah tumbuh di dalam lemari pakaian akan hilang. Sekarang, Anda terapkan beberapa taktik pencegahan sederhana ini supaya setelah penerapan obat jamur lemari, perabot Anda bisa tahan lama dan jamur tidak kembali lagi:

  • Gerakkan lemari pakaian Anda beberapa sentimeter dari dinding untuk mencegah agar kondensasi tidak merembes ke dalam lemari.
  • Jangan pernah menggantung pakaian basah di lemari pakaian Anda. Selalu pastikan itu benar-benar kering sebelum menyimpannya.

Setelah diaplikasikan BioCide SFP

Tips menghilangkan jamur pada lemari kayu cukup sederhana bukan? Mulai pembasmian dari sekarang dan lakukan pencegan munculnya jamur pada perabot atau mebel Anda lainnya. Untuk hasil yang sempurna ketahui penyebab tumbuhnya jamur berikut ini untuk tindakan pencegahan dan antisipasi.

Apa Penyebab Tumbuhnya Jamur di Lemari?

Penyebab lemari berjamur bisa dipengaruhi oleh sejumlah besar faktor, namun ada dua penyebab utama yang merupakan penjelasan yang paling mungkin. Penyebab inilah yang harus ditangani terlebih dahulu dan terutama saat mencoba mengatasi pertumbuhan jamur di lemari pakaian.

Kondensasi

Kondensasi (perubahan dari uap ke bentuk air) adalah keluhan umum, terutama di sekitar jendela dan dinding. Kelembaban ini dapat menyebabkan tingkat kelembaban di dalam rumah Anda meningkat, menciptakan lingkungan yang bagus untuk dibentuk. Jamur bisa lebih cenderung terbentuk jika lemari pakaian Anda terpasang kuat di dinding Anda. Jika Anda memiliki jamur di lemari pakaian, cegahlah dengan menarik lemari pakaian Anda dari dinding sedikit, menciptakan lebih banyak aliran udara dan ventilasi yang lebih baik.

Pakaian basah

Alih-alih menunggu, Anda cukup mencuci basah pakain Anda dan menyimpannya di lemari pakaian Anda meskipun belum kering. Kesalahan besar. Apa yang Anda lakukan adalah membuat kelembaban semakin tinggi, hal inilah yang mengundang datangnya jamur. Kondisi lembab dan gelap = tempat berkembang biak yang ideal untuk jamur.

Cara menghilangkan jamur pada lemari kayu bisa sangat sulit. Mungkin Anda sudah membersihkan jamur, tapi terkadang kabinet ini jamurnya muncul kembali. Udara lembab bisa menjadi salah satu faktor dalam lemari pakaian atau pakaian Anda menjadi berjamur.

Selain udara lembab, penyebab jamur pada lemari pakaian bisa jadi karena ruangan yang minim sinar matahari. Saat kita membersihkan jamur di dalam lemari dengan cara menyeka dengan kain, biasanya jamur akan tumbuh kembali. Maka cara penangan dengan obat anti jamur yang ampuh adalah solusi satu-satunya, seperti yang telah disebutkan di bagian tips menghilangkan jamur pada lemari kayu di atas.

Untuk medukung apa yang telah Anda bersihkan dengan obat tersebut, cegah tumbuhnya jamur pada perabotan lain dengan tindakan-tindakan sederhana berikut ini, yang intinya mengusir kondisi yang disukai oleh jamur agar tidak tumbuh.

  1. Buka jendela atau ruangan

Buka jendela kamar yang digunakan untuk menyimpan lemari pakaian anda.Tujuannya untuk menahan udara lembab yang berasal dari lantai ruangan atau kamar. Biarkan sinar sinar matahari masuk untuk mencegah timbulnya jamur di lemari pakaian Anda.

  1. Tutup lemari dengan kayu

Cara menghilangkan jamur di dalam lemari adalah dengan memberi papan kayu di lemari pakaian. Penggunaan kayu di pedestal lemari memungkinkan Anda menahan udara lembab ke dalam lemari pakaian atau melapisi pakaian Anda. Alas kayu juga bisa mencegah jamur agar tidak tumbuh kembali di lemari pakaian Anda.

  1. Pencahayaan TL

Suasana lembab di ruangan dalam ruangan atau ruangan lainnya bisa terjadi karena minimnya cahaya. Karena itu, untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan lampu neon karena lampu TL cukup bermanfaat dalam mengusir jamur yang tumbuh di dinding lemari Anda.

Nah, itu cara menghilangkan jamur pada pakaian yang bisa Anda lakukan. Semoga membantu mengatasi atau menghilangkan jamur yang menempel di dinding lemari Anda. Semoga sukses dan semoga sukses ya. Tunggu lebih banyak tips menghilangkan jamur pada lemari kayu lainnya.

alterntif text
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Beli sekarang juga!