Cara Menghilangkan Jamur Pada Pintu Kayu

Kelembaban udara dan tersedianya makanan pada pintu kayu di rumah Anda, memicu jamur permukaan tumbuh. Oleh karena itu kita butuh cara menghilangkan jamur pada pintu kayu yang efektif dan efisien.

Jamur bisa datang kapanpun menghinggapi pintu kayu, ataupun gudang penyimpanan kayu bagai yang punya usaha furniture atau pengrajin pintu kayu. Sebelum mengetahui cara menghilangkan jamur pada pintu kayu, marilah kita ketahui terlebih dahulu penyebab dari tumbuhnya jamur permukaan pada pintu kayu.

Susah dihindari tumbuhnya jamur di daerah tropis seperti Indonesia ini. Dengan beberapay kondisi yang menyebabkan jamur tumbuh, pintu kayu sangat mungkin terkena jamur. Beberapa faktor yang menyebabkan tumbuhnya jamur ialah temperatur, oksigen, kelembaban udara, dan bahan makanan atau nutrisi.

Temperatur jelas menjadi faktor yang mempengaruhi tumbuhnya jamur karena jamur dapat tumbuh pada ukuran temperatur tertentu. Interfal atau selisih temperatur tumbuhnya jamur sangat panjang, dari titik terendah sampai tinggi. Ditambah lagi, ketersediaan oksigen yang melimpah akan menambah kekuatan jamur untuk tumbuh.

Kebutuhan jamur akan kelembaban berbeda-beda. Baik kelembaban pada kayu ataupun udara sekitarnya. Jamur pelapuk akan menyerang kayu yang berbeda pada lingkungan yang lembab dalam waktu yang relatif lama. Kayu yang dipasang sebagai komponen bangunan disekitar kamar mandi atau sumur, kayu yang terkena tempias air hujan atau kayu yang terendam air akibat banjir akan mudah sekali terserang jamur pembusuk, termasuk pintu kayu yang ada di sekitarnya.

Jamur membutuhkan sumber makanan berupa zat-zat yang terkandung dalam kayu seperti selulosa, hemiselulosa, lignin dan zat isi sel lainnya. Zat makanan seperti selulosa, hemiselulosa dan lignin yang menyusun kayu sebagai molekul yang terlalu besar dan tidak larut dalam air untuk disaring dan dimakan langsung oleh jamur.

Karena jamur juga menyerang furniture anda seperti meja, lemari, kursi, dipan dan pintu kayu jika ruangannya lembab dan memenuhi faktor seperti yang disebutkan di atas, maka butuh solusi yang ampuh sebagai cara menghilangkan jamur pada pintu kayu ini. Solusi atau cara menghilangkan jamur dapat dipadukan antara tindakan sederhana seperti membuat udara sekitar ruangan tetap kering dan dengan menggunakan obat anti jamur kayu berkualitas sebagai pelindung.

alterntif text

Apa Bahaya Jamur Jika Tidak Dihilangkan?

Selain berdampk bagi kesehatan kita, yakni gangguan pernafasan dan asma. Jamur juga akan berdamapak dan merugikan karena dapat melapukkan kayu. Masalah pelapukan kayu telah dirasakan sejak manusia belajar membangun dengan kayu. Kini pelapukan kayu pada bangunan mendapat perhatian yang semakin besar karena dapat menimbulkan kerusakan bangunan hanya dalam beberapa tahun saja.

Kerusakan tersebut sering sulit atau bahkan tidak bisa diperbaiki, kecuali dengan mengganti komponen yang mengalami kerusakan tersebut. Di antara mikroorganisme yang menyerang kayu, jamurlah yang paling merusak karena dapat mengakibatkan kerusakan bangunan secara berlahan tapi pasti.

Walaupun pelapukan kayu oleh jamur kayu tidak seluas dan secepat kerusakan yang ditimbulkan  oleh rayap, kerugian yang diakibatkan serangan jamur pada kayu, terutama pintu dan produk kayu lainnya harus mendapat perhatian yang serius karena menimbulkan kerugian ekonomi yang nyata. Selain itu dalam rangka efisiensi pemanfaatan kayu dan menekan konsumsi kayu dari hutan, maka pelapukan kayu/ produk kayu oleh jamur harus dicegah atau diatasi dengan cara menghilangkan jamur pada pintu kayu.

Apa saja langkah untuk mengusir jamur pada pintu kayu?

Cara menghilangkan jamur pada pintu kayu yang paling efektif ialah dengan menjauhkan kondisi yang disukai jamur dari pintu kayu Anda. Langkah seperti menggunakan penghilang lembab agar ruangan tetap kering dan terkena cahaya sangat penting, selain itu membuka ventilasi udara agar perputaran udara baik, selain itu juga bagus untuk kesehatan Anda. Menghilangkan genangan air di sekitar rumah dan membenarkan kran bocor atau sumber air lainnya yang dekat dengan kayu.

Untuk lebih detail perhatikan langkah berikut ini.

  1. Keluarkan mebel kayu Anda yang terserang jamur di bawah sinar matahari.
  2. Terutama pada lemari serbuk kayu atau particle board atau biasanya disebut olympic, bersihkan permukaan mebel kayu tersebut dari jamur dengan kain basah.
  3. Biarkan beberapa saat agar mebel kayu terpanaskan.
  4. Apabila Anda langsung memasukkan kembali mebel kayu tersebut ke dalam rumah, kemungkinan jamur tumbuh lagi sangatlah besar, jadi gunakan obat anti jamur kayu yang ampuh.
  5. Campur obat anti jamur kayu tersebut dengan air secukupnya sesuai dengan takaran. Kuaskan pada seluruh permukaan mebel kayu Anda.
  6. Jangan lupa menggunakan sarung tangan agar tidak iritasi.

Cara menghilangkan jamur pada mebel kayu yang efektif dapat dibantu dengan anti jamur yang ampuh, karena untuk mendukung usaka Anda pada langkah pengkodisian ruangan.

Obat anti jamur apa yang paling ampuh? Gunakan BioCide Surface Preservative, produk obat anti jamur no. 1 di Indonesia, hasil olahan Bioindustries.

Kenapa obat jamur kayu BioCide Surface Film Preservative pilihan terbaik?

BioCide Surface Film Preservative diformulasikan khusus untuk kebutuhan mebel kayu interior dan eksterior. Bahan aktif dari Diuron dan Carbendazim Calcium bis (dodecylbenzenesulfonate) membuat kayu tidak mudah terserang jamur permukaan, lumut, dan bakteri. Hama-hama tersebut biasanya muncul karena kelembaban udara dalam ruangan tinggi, kebersihan ruangan yang tidak baik, sinar matahari, serta cuaca yang berubah-ubah.

Dengan bantuan BioCide kita, kita telah menunaikan cara menghilangkan jamur pada pintu kayu yang efektif.

alterntif text
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Beli sekarang juga!