Cara Menghilangkan Jamur Pada Mebel Kayu

Mebel kayu menjadi teman kita sehari-hari di rumah, dan banyak orang yang suka pada mebel karena selain untuk menaruh barang juga untuk pajangan. Ketika teman kita ini terkena jamur, butuh cara menghilangkan jamur pada mebel kayu yang efektif dan efisien.

Pertama Anda harus mengindentifikasi jamur dan penyebab jamur tersebut hidup di mebel kayu Anda. Sehingga tindakan Anda jelas, langkah apa yang harus diambil. Biasanya jamur yang tumbul pada mebel kayu ialah jamur permukaan, jamur putih atau mold.

Jamur permukaan muncul karena kondisi kelembaban ruangan tempat dimana mebel kayu ditempatkan sangatlah tinggi. Dengan temperatur dan adanya oksigen yang cukup, jamur dapat tumbuh subur.

Jamur permukaan hanya menyerang permukaan kayu, benang-benangnya mencari makan dari dalam rongga sel kayu berupa pati dan gala sederhana. Jamur ini tidak merusak dinding sel kayu, karenanya tidak berpengaruh pada kekuatan kayu, jamur ini memberi noda warna pada kayu atau pada permukaan kayu.

Noda warna ini disebabkan oleh warna enzym yang terdapat di dalam benang jamur tersebut. Noda warna ini bermacam-macam tergantung jenis jamurnya. Tidak semua jenis kayu terserang oleh jamur permukaan karena pertama kayu tersebut tidak mengandung pati di dalam rongga selnya dan/atau kedua kayu tersebut mengandung ekstraktif yang beracun atau tidak disukai oleh jamur permukaan.

Tapi kebanyakan mebel kayu atau furniture yang Anda beli kurang mendapat pengawetan yang baik. Sehingga jamur bisa tumbuh kapan saja, apalagi setelah kayu kering dan kelas awet kayu rendah, sehingga jika Anda meletakkan di pojok ruangan yang kurang cahaya matahari dan sangat lembab tumbulah jamur-jamur itu.

alterntif text

Lalu, apakah jamur ini berbahaya dan merugikan Anda?

Tentu saja semua hama seringkali merugikan, apalagi jamur permukaan mengundang rasa tidak nyaman karena tumbuh di lemari, meja ataupun kursi kesayangan kita, dan itu sangat menggangu pandangan.

Cara menghilangkan jamur pada kayu mebel yang paling efektif ialah dengan menjauhkan kondisi yang disukai jamur dari mebel kayu Anda. Langkah seperti menjaga ruangan agar tetap kering dan terkena cahaya sangat penting, selain itu membuka ventilasi udara agar perputaran udara baik, selain itu juga bagus untuk kesehatan Anda.

Untuk lebih detail perhatikan langkah berikut ini.

  1. Keluarkan mebel kayu Anda yang terserang jamur di bawah sinar matahari.
  2. Terutama pada lemari serbuk kayu atau particle board atau biasanya disebut olympic, bersihkan permukaan mebel kayu tersebut dari jamur dengan kain basah.
  3. Biarkan beberapa saat agar mebel kayu terpanaskan.
  4. Apabila Anda langsung memasukkan kembali mebel kayu tersebut ke dalam rumah, kemungkinan jamur tumbuh lagi sangatlah besar, jadi gunakan obat anti jamur kayu yang ampuh.
  5. Campur obat anti jamur kayu tersebut dengan air secukupnya sesuai dengan takaran. Kuaskan pada seluruh permukaan mebel kayu Anda.
  6. Jangan lupa menggunakan sarung tangan agar tidak iritasi.

Cara menghilangkan jamur pada mebel kayu yang efektif dapat dibantu dengan anti jamur yang ampuh, karena untuk mendukung usaka Anda pada langkah pengkodisian ruangan.

Obat anti jamur apa yang paling ampuh? Gunakan BioCide Surface Preservative, produk obat anti jamur no. 1 di Indonesia, hasil olahan Bioindustries.

Kenapa obat jamur kayu BioCide Surface Film Preservative pilihan terbaik?

BioCide Surface Film Preservative diformulasikan khusus untuk kebutuhan mebel kayu interior dan eksterior. Bahan aktif dari Diuron dan Carbendazim Calcium bis (dodecylbenzenesulfonate) membuat kayu tidak mudah terserang jamur permukaan, lumut, dan bakteri. Hama-hama tersebut biasanya muncul karena kelembaban udara dalam ruangan tinggi, kebersihan ruangan yang tidak baik, sinar matahari, serta cuaca yang berubah-ubah.

Dengan bantuan BioCide kita, kita telah menunaikan cara menghilangkan jamur pada mebel kayu yang efektif.

Dimana Anda dapat memperoleh obat jamur ini?

Anda bisa mengubungi nomor yang tertera pada website ini, atau temukan di bukalapak maupun tokopedia.

alterntif text
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Beli sekarang juga!