Mengenal Kayu Trembesi mulai dari Warna hingga Manfaatnya

Ditemukan di berbagai wilayah di Indonesia, kayu trembesi menjadi salah satu bahan baku kayu yang sudah lama dikenal bangsa ini. Bagaimana karakter kayu tersebut dan apa saja manfaatnya? Mari simak lebih lanjut pada artikel ini.

Pohon-trembesi

Pohon trembesi

Trembesi merupakan pohon yang sangat khas terdapat di daerah tropis. Di Indonesia, pohon ini tumbuh di berbagai pulau seperti Jawa, Sumatera, Sulawesi, Nusa Tenggara, dan lain sebagainya. Pohon yang juga disebut dengan nama suar ini memiliki area penyebaran luas di daerah sekitar khatulistiwa. Tingkat pertumbuhannya pun cepat sehingga membuatnya mudah ditemukan di berbagai wilayah.

Yang menarik dari trembesi adalah ketersediaannya yang masih tinggi. Di alam, kita cukup mudah menemukan kayu trembesi dengan ukuran besar. Kondisi demikian membuatnya banyak digunakan dalam dalam industri woodworking atau pengolahan kayu. Apalagi di masa ini kala jati yang difavoritkan dipatok dengan harga yang kian  membumbung tinggi. Ketersediaan jati pun sangat kecil dibanding permintaannya yang begitu besar.

Klasifikasi Kayu Trembesi

1. Divisi: Tracheophyta
2. Upadivisi: Spermatophytina
3. Klad: angiospermae
4. Klad: mesangiosperms
5. Klad: eudicots
6. Klad: fabids
7. Ordo: Fabales
8. Famili: Fabaceae
9. Upafamili: Mimosoideae
10. Tribus: Ingeae
11. Genus: Samanea
12. Spesies: Samanea saman

Deskripsi

Tanaman ini bisa tumbuh hingga tinggi 30 meter hingga 40 meter. Bentuknya menyerupai paying dengan mahkota pohon yang berukuran 40 hingga 60 meter. Batangnya tidak bengkok dan secara umum menggelembung besar. Adapun daunnya yang majemuk memiliki tangkai dengan panjang maksimal hingga 15 cm. Semakin tua usia pohon, warna batangnya akan menua. Kulit kayunya juga menjadi semakin keras.

Pohon trembesi memiliki daun yang unik. Pada saat hujan atau saat malam, daun akan melipat, sehingga kadang tanaman ini disebut sebagai pohon pukul lima. Lebar daunnya sendiri dari 4 hingga 5 cm dengan warna hijau tua di permukaan, serta teraba halus seperti beludru di bagian bawah. Bunga pohon ini mudah ditemui pada bulan Mei dan Juni. Bunga memiliki warna putih dengan aksen bercak pink. Panjang bunga sekitar 10 cm dengan mahkota 3,7 cm. Bunga trembesi menghasilkan nectar yang membuatnya disukai serangga pollinator.
Setelah bunga terbuahi, akan dihasilkan buah yang memiliki bentuk panjang lurus dan agak melengkung. Ukuran panjang buah maksimal 20 cm, tapi biasanya berentang di angka 10 hingga 20 cm. Buah memiliki lebar 1,5 hingga 2 cm dan warnanya coklat kehitaman. Dalam buah, bisa kita temukan beberapa biji (dari 5 hingga 25 biji).

Bagi manusia, trembesi telah memberikan banyak manfaat. Dan salah satu sumber pemanfaatan pohon ini terletak pada kayunya yang bisa diolah menjadi berbagai produk.

Karakter Khas Kayu Trembesi

Berikut beberapa ciri trembesi:

Warna Kayu

Kayu-trembesi

Umumnya, bagian teras memiliki warna coklat tua gelap. Warna ini kontras dengan bagian gubal trembesi. Kontras perbedaan teras dan gubal cukup jelas. Gubal trembesi sendiri berwarna putih.

Berat Jenis Kayu

Trembesi adalah kayu yang berat dengan berat jenis kayu rata rata sekitar 0,6.

Kelas Awet

Sama sekali bukan kayu yang awet karena termasuk kayu kelas IV. Treatment pengawetan kayu adalah hal wajib pada setiap penggunaan trembesi.

Kekuatan

Bukan termasuk kayu yang kuat. Trembesi masuk dalam kategori III dalam tingkat kekuatan kayu.

Manfaat Kayu Trembesi

Dengan penyebarannya yang meluas, penggunaan trembesi pun demikian variatif bagi masyarakat Indonesia. Hingga hari ini, trembesi diandalkan untuk pembuatan mebel, bahan baku konstruksi bangunan, vinir, hingga suplai material untuk craft.

Khusus sebagai bahan baku mebel, trembesi sangat disukai karena ketersediaannya dalam ukuran besar. Hal ini menyebabkan furniture trembesi hadir dengan ketebalan yang membuatnya tampak sangat kokoh dan menawan.

Mengawetkan Kayu Trembesi dan Menjaga Kualitasnya

Seperti disebutkan di atas, kayu trembesi adalah salah satu kayu yang keawetannya sangat buruk. Dan oleh sebab itulah, kayu ini tidak sepopuler kayu-kayu dengan kelas awet yang baik seperti jati, mahoni, dan lain sebagainya.

Kayu pada kelas awet IV hanya bisa digunakan beberapa tahun saja. Itupun, harus dalam kondisi indoor. Kayu seperti ini sangat rentan rusak oleh serangan berbagai jenis hama, terutama jamur.

Serangan jamur pada trembesi termanifestasikan dalam dua bentuk kerusakan. Kerusakan pertama adalah kerusakan estetika atau keindahan. Sedangkan kerusakan kedua adalah kerusakan structural yang disebabkan pembusukan kayu.

Terdapat dua jenis jamur yang harus diwaspadai:

1. Jamur stain atau jamur noda. Jamur stain mengubah warna kayu sehingga terlihat buruk. Warna ini akan membayang meski kayu sudah difinishing.
2. Jamur pembusuk atau wood decaying fungi. Seperti namanya, jamur ini menyebabkan kerusakan pada kayu. Jamur pembusuk memiliki bentuk seperti jamur tempe dengan benang atau hifa yang banyak.

Lantas bagaimana cara mengatasinya? Kontrol terhadap serangan jamur pada produk kayu trembesi jelas harus dilakukan dengan ketat. Pasca kayu ditebang, kayu tidak boleh tidak diawetkan. Treatment pengawetan pun harus mencakup penetrasi zat antijamur ke dalam kayu. Resapan zat antijamur ke dalam kayu ini akan memberikan perlindungan trembesi pada serangan hama tersebut.

Selanjutnya, pada proses pengiriman, kelembaban harus dijaga. Ini dilakukan agar tidak tumbuh jamur pada permukaan produk trembesi. Untuk produk-produknya sendiri, Anda bisa mengandalkan rekomendasi dari kami.

Produk untuk Trembesi yang Harus Anda Punya

Jamur pada akhirnya memang menjadi salah satu masalah pada pengolahan dan penggunaan produk kayu trembesi. Tapi sekarang Anda tak perlu khawatir lagi. Sebab kami memiliki produk-produk yang bisa Anda andalkan.

Tipe Produk Nama Produk Fungsi
Fungisida pengawet kayu BioCide Wood Fungicide Merupakan antijamur untuk mencegah blue stain, white stain, black stain, dan berbagai jenis jamur stain lainnya. Produk ini bisa digunakan langsung pasca penebangan kayu (pada bagian yang terbuka), lalu dilanjutkan dengan treatment yang lebih efektif baik dengan cara perendaman atau dengan cara vakum tekan. BioCide Wood Fungicide bisa dilarutkan dengan konsentrasi 1,5% hingga 2,5% tergantung kondisi.
  BioCide Surface Film Preservative Merupakan produk fungisida dengan dua fungsi. Pertama sebagai pembasmi jamur permukaan yang sudah tumbuh. Kedua, sebagai additive tambahan pada cat water based. Ya, produk ini bisa dicampurkan ke dalam cat agar lapisan cat memiliki ketahanan terhadap serangan jamur.
Penyerap Kelembaban Silica Natural Silica natural adalah produk untuk menyerap humiditas atau partikel air di udara. Produk ini cocok diletakkan dalam kemasan wadah kecil. Misalnya pada kemasan kerajinan kayu trembesi.
  Container Desiccant Merupakan penyerap kelembaban besar yang didesain untuk skala ruang atau kontainer. Produk ini cocok digunakan pada kontainer yang digunakan untuk mengirimkan mebel kayu trembesi dan berbagai produk sejenisnya.

Kontak dan Pemesanan

BioCide Surface Film Preservative, BioCide Wood Fungicide, Silica Natural, dan Container Desiccant kini bisa Anda beli dengan sangat mudah. Produk-produk antijamur ini bisa Anda dapatkan secara daring (online) ataupun secara langsung.

Untuk Anda yang beralamat atau berkantor di Yogya, Jepara, dan Cirebon, kami sarankan untuk langsung saja ke Bio Service Point di ketiga kota tersebut. Atau, Anda juga bisa mengunjungi agen kami yang telah tersebar di beberapa kota di Indonesia. Informasi alamat agen bisa Anda dapatkan dari CS kami.

Adapun pembelian secara daring dilakukan dengan langsung memesan ke CS antijamur.net. Ya, Anda tinggal menghubungi saja kami dan memesan produk yang Anda kehendaki. Proses pengiriman dan pembayaran akan dipandu oleh CS kami dengan ramah dan profesional.

Bagi Anda pelaku usaha furniture dan bidang woodworking lainnya, kami juga selalu siap bekerja sama dengan Anda. Kami bisa mengirimkan sampel ke perusahaan Anda. Dan bila perlu, kami juga bisa mengirimkan tim untuk mendemonstrasikan produk kami.

Silahkan, hubungi saja CS kami, baik via telepon, email, atau Whatssapp. Kami selalu berdedikasi untuk mendukung industri pengolahan kayu nasional. Sebab selama ini kami pun telah dipercaya oleh pelaku usaha dari berbagai kalangan, bahkan hingga manca negara.

Menarik bukan pembahas mengenai kayu trembesi ini? Sekiranya inilah yang bisa kami sampaikan. Pada akhirnya trembesi adalah salah satu kayu yang memiliki potensi besar untuk dimanfaatkan. Kayu ini memiliki ciri khas yang menarik dan bisa diolah menjadi furniture, kerajinan, hingga bagian dari konstruksi suatu bangunan.

Namun dalam pengolahan kayu ini, tentunya kita harus bisa meningkatkan kualitasnya dengan baik. Salah satunya dari aspek ketahanan terhadap jamur. Serangan jamur termanifestasikan dalam dua bentuk kerusakan, yakni kerusakan estetika dan kerusakan structural.

Untuk mempertahankan trembesi dari jamur, ada beberapa produk yang dapat Anda gunakan. Yang pertama adalah fungisida pengawet kayu BioCide SFP dan BioCide Wood Fungicide. Sedangkan yang kedua adalah penyerap kelembaban silica natural dan container desiccant.

Semoga informasi ini bermanfaat!

Artikel "Anti Jamur Kayu"

About Us

Antijamur.net merupakan akan obat anti jamur ramah lingkungan untuk merawat kayu baik kayu basah maupun kering atau sudah menjadi perabot. Produk Antijamur.net sangat efektif untuk merawat perabot/bangunan.

©2015 - 2019 AntiJamur.net - All Right Reserved.