BioCide Wood Fungicide untuk Furniture Kayu Pinus Berkualitas!

Furniture-kayu-pinus-kursi

Tidak semua kayu bisa digunakan untuk dijadikan bahan mebel. Sebagai salah satu kayu yang bisa digunakan, pinus makin disukai seiring berjalannya waktu. Furniture kayu pinus yang dulu dipandang sebelah mata kini mulai diterima masyarakat secara luas. Apalagi dengan harga jati yang terus menjulang. Bahkan pasar ekspor pun menyukai produk-produk berbahan baku pinus. Selain lebih murah, tampilan pinus biasanya menawan dengan finishing naturalnya.

Namun ada satu kelemahan pinus yang membuatnya sangat beresiko digunakan.  Kelemahan tersebut terletak pada sifat pinus yang mudah diserang jamur blue stain. Penyebab utamanya ada dua. Yang pertama kadar air pinus yang tinggi pasca penebangan. Dan yang kedua tidak adanya zat kimia antihama pada pinus yang sering ditemukan pada kayu sangat awet seperti jati.

Blue stain menyerang dengan sangat cepat di masa-masa kayu baru ditebang. Efek yang diakibatkan dari serangan jamur ini ialah perubahan warna kayu menjadi biru kehitaman. Warna ini tak bisa dihilangkan dengan cara-cara fisik. Usaha yang dapat kita lakukan untuk mengatasinya ialah dengan menggunakan bleaching atau pemutih kayu seperti White Agent WA 250. Tetapi tentu saja penggunaan bleaching akan membuat pinus sulit difinishing dengan warna natural. Padahal warna inilah yang menjadi ciri khas furniture pinus.

Kayu-pinus-blue-stain Blue stain

Lantas bagaimana cara menghindarinya?

Sebenarnya mudah saja. Beberapa opsi dapat kita pilih. Opsi pertama ialah menebang bagian ujung pinus yang biasanya diserang blue stain. Dengan cara ini, Anda memutus penyebaran jamur noda tersebut. Kekurangan cara ini terletak pada kerugian yang diderita akibat pemotongan sebagian kayu. Meski tidak banyak, namun bila diakumulasikan jelas menghasilkan angka fantastis.

Cara kedua supaya furniture kayu pinus bisa diolah lancar dan maksimal ialah dengan mengobati bahan kayunya dulu. Obati kayu pinus dengan fungisida atau antijamur BioCide Wood Fungicide. Dengan cara pengolesan atau perendaman, pastikan fungisida itu meresap ke dalam susbtrat pinus. Maka, kayu pinus Anda benar-benar terlindung dari ancaman blue stain dan jamur stain yang lain.

Mana yang lebih menguntungkan? Silahkan putuskan sendiri.

Artikel "Anti Jamur Kayu"

About Us

Antijamur.net merupakan akan obat anti jamur ramah lingkungan untuk merawat kayu baik kayu basah maupun kering atau sudah menjadi perabot. Produk Antijamur.net sangat efektif untuk merawat perabot/bangunan.

©2015 - 2019 AntiJamur.net - All Right Reserved.