Tips Bisnis Furniture Unik yang Harus Anda Ketahui

Membangun usaha furniture bisa dilakukan dengan menerapkan berbagai ide yang inspiratif! Apa saja ya ide-ide kreatif yang bisa diterapkan supaya bisa membangun usaha bisnis furniture unik?

Boat Furniture

Produk mebel pertama yang bisa Anda pertimbangkan adalah boat furniture. Boat furniture alias mebel perahu sebetulnya bukan barang baru dalam industri mebel, apalagi yang mengambil tema keunikan. Namun secara umum, mebel seperti ini masih terbilang unik. Biasanya, bentuk mebel dimiripkan dengan perahu. Atau kadangkala bahkan mebel memang dibuat dari bekas kapal asli. Anda bisa memproduksi mebel ini dengan target pasar pelaku usaha restauran, cafe, sampai segmen masyarakat yang secara khusus menyukainya.

Boat Furniture

Bisnis Furniture Unik dengan Pallet

Ide bisnis furniture unik yang kedua adalah membuat mebel dengan material pallet atau kayu peti kemas. Sebagaimana namanya, kayu peti kemas adalah kayu yang awalnya merupakan kayu pembungkus benda-benda yang dikirimkan via kapal. Di Indonesia, jenis kayu pallet bisa berupa kayu pinus atau jati belanda. Meskipun terbuat dari bahan bekas, namun segmen penyuka kayu pallet tergolong besar dan makin banyak lho. Pasar ekspor juga terbuka untuk Anda karena masyarakat di Eropa hingga Amerika menyukai jenis mebel ini.

Mebel yang Bisa Dilipat

Memulai bisnis furniture unik juga bisa dilakukan dengan melihat kondisi saat ini. Di era di mana segala sesuatunya dituntut serba praktis, Anda bisa menjadikannya peluang yang menguntungkan. Misalnya saja dengan membuat mebel yang bisa dilipat atau foldable table. Negara seperti jepang adalah contoh negara yang pasar mebel bisa dilipatnya tinggi. Di Indonesia, di daerah urban atau kota pun, permintaan mebel foldable juga diprediksi makin tinggi. Contoh furniture yang bisa dilipat adalah meja makan lipat, kursi lipat, meja belajar lipat, sampai meja piknik yang bisa dilipat. Keterbatasan ruang di rumah yang lebih sempit akan membuat demand atau permintaan akan mebel ini menjadi lebih tinggi seiring berjalannya waktu.

Mebel dari Bagian Pohon yang Jarang Digunakan

Bisnis Furniture Unik Bagus

Anda juga bisa mengandalkan berbagai bagian pohon yang jarang digunakan untuk memulai usaha furniture yang unik. Misalnya saja bagian akar pohon, ranting, dan juga bonggol atau burl furniture. Mebel seperti ini bisa dijual dengan harga yang sangat fantastis karena estetikanya memang demikian tinggi.

Aplikasi Desain dan Finishing Unik

Ide bisnis furniture unik terakhir yang bisa kami sarankan adalah pembuatan mebel dengan desain dan finishing yang jarang dilakukan. Coba perhatikan, selama ini, bentuk dan warna mebel terlalu monoton. Padahal ada sangat banyak desain dan pengecatan yang bagus. Misalnya saja, daripada mengaplikasikan warna natural terus-menerus, kenapa tidak mengaplikasikan warna charcoal atau arang? Aplikasi warna yang tak biasa pasti akan membuat mebel Anda jadi lebih unik dan jauh lebih menonjol.

Finishing Kayu

Butuh Perlindungan Jamur yang Bagus

Di atas telah kami contohkan beberapa produk furniture unik yang bisa Anda buat. Tapi ingat, waspadalah dengan serangan hama jamur. Seunik apapun mebel yang Anda buat, bila jamur sudah menyerang, maka kerugian pasti hanya tinggal tunggu waktu. Gunakanlah BioCide untuk mencegah serangan jamur dan menyukseskan bisnis furniture unik Anda.

BioCide Wood Fungicide

BioCide Wood Fungicide adalah fungisida sekaligus bakterisida (antijamur sekaligus antibakteri). Secara khusus, produk ini didesain untuk mencegah jamur noda atau biasa disebut dengan nama jamur blue stain. Blue stain fungus sendiri merupakan jamur yang biasanya muncul pada kayu dalam bentuk noda warna. Nodanya bisa berwarna kebiruan ataupun kecoklatan. Adanya noda ini akan membuat kayu menjadi kurang indah dan tidak seragam. Bisnis furniture unik Anda akan terganggu bila terdapat serangan hama ini.

BioCide Wood Fungicide akan meresap ke dalam substrat kayu dan membasmi jamur-jamur blue stain. Setelah jamur dimatikan, Anda bisa memperbaiki warna kayu dengan pemutih kayu alias wood bleaching seperti WA 250. Produk pemutih seperti ini tidak akan mengembalikan warna kayu asli Anda. Sebab, produk tersebut bersifat mencerahkan. Namun tentu saja perbaikan ini jauh lebih baik daripada membiarkan kayu bernoda jamur begitu saja yang seringkali akan membayang bahkan pasca finishing.

Keuntungan Penggunaan

  1. Memungkinkan penggunaan kayu lebih murah. Kayu yang lebih murah memang bisa menurunkan ongkos produksi, namun biasanya ketahanannya pada jamur kurang. Dengan menggunakan BioCide Wood Fungicide, Anda bisa tetap memakai kayu murah yang kualitasnya ditingkatkan dengan fungisida tersebut.
  2. Mencegah kayu berubah warna menjadi buruk gara-gara blue stain. Misalnya, Anda sudah memiliki pasokan kayu dengan estetika yang sangat bagus. Namun tahukah Anda bahwa kayu-kayu menawan untuk mendukung bisnis furniture unik itu bisa diserang jamur blue stain? Dengan BioCide, Anda bisa mengantisipasi ini.
  3. Mencegah munculnya jamur setelah finishing dari dalam kayu. Tak jarang, setelah difinishing, muncul jamur. Jamur tersebut tak berasal dari luar lapisan cat, melainkan di dalam kayu. Bila hal ini tak dicegah dengan BioCide, kerugian akan Anda derita, pasalnya Anda harus melakukan finishing ulang.

Selain ketiga manfaat di atas, produk ini juga memiliki kinerja yang sangat baik dan harga yang lebih terjangkau. Jadi, Anda tak perlu menambah cost of production dengan begitu signifikan.

BioCide Surface Film Preservative

BioCide Surface Film Preservative adalah fungisida untuk membasmi jamur permukaan. Beda jamur permukaan dengan jamur stain adalah ukuran dan letak serangannya. Jamur stain adalah jamur mikroskopis yang hidup di antara sel-sel kayu. Sedangkan jamur permukaan bersifat makroskopis (bisa dilihat mata telanjang) dan memiliki hifa. Gambaran jamur ini mirip dengan jamur tempe. Letak pertumbuhannya berada di permukaan kayu.

Biocide Sfp

BioCide Surface Film Preservative bisa digunakan dengan cara digosokkan di bagian kayu yang terserang jamur. Formulasinya akan mematikan jamur tersebut. Produk ini juga bisa digunakan untuk membasmi lumut. Dan yang tak kalah menarik, BioCide SFP juga bisa dicampurkan pada cat agar bisnis furniture unik Anda bebas gangguan fungisida.

Keuntungan Menggunakan BioCide SFP

  1. Bisa digunakan secara praktis untuk menghilangkan jamur yang muncul di atas permukaan finishing ataupun kayu.
  2. Bisa dicampur dengan cat untuk menciptakan formula antijamur yang lebih murah namun kualitasnya sangat baik

Sebagaimana BioCide Wood Fungicide, BioCide Surface Film Preservative memiliki kinerja yang sangat baik dan juga harganya terjangkau. Penggunaan kedua produk ini pada akhirnya akan melindungi usaha bisnis furniture unik Anda dari ancaman berbagai jenis jamur.

Kesimpulan

Usaha mebel menjadi salah satu usaha yang prospektif di Indonesia. Selain market atau pasar Indonesia yang besar, produk juga bisa diekspor ke luar negeri. Namun tak bisa dipungkiri bahwa tingkat kompetisi antara pengusaha mebel lokal tergolong sengit. Apalagi di Jawa di mana usaha mebel sangat marak dilakukan masyarakat.

Agar produk yang kita buat lebih menonjol, sudah pasti harus ada kiat kreatif yang dilakukan. Kita bisa menonjolkan berbagai sisi mulai dari bahan sampai desainnya. Di pasaran, usaha yang menonjolkan kreativitas seperti ini kerap diberi label bisnis furniture unik. Produknya sendiri sangatlah beragam mulai dari meja kursi pallet, piano desain Eropa lawas, dan masih banyak lagi. Namun ingat, seunik apapun produk tersebut, pastikan mebel berkualitas awet dengan BioCide Wood Fungicide dan BioCide Surface Film Preservative.

Artikel "Uncategorized"

About Us

Antijamur.net merupakan akan obat anti jamur ramah lingkungan untuk merawat kayu baik kayu basah maupun kering atau sudah menjadi perabot. Produk Antijamur.net sangat efektif untuk merawat perabot/bangunan.

©2015 - 2019 AntiJamur.net - All Right Reserved.