Penggunaan kayu pada mebel jati outdoor

Tips Jitu Agar Tidak Salah Memilih Furniture Outdoor

Memilih furniture outdoor harus mempertimbangkan banyak hal. Mengingat penggunaannya pada area luar ruangan yang mudah terkena pengaruh lingkungan yang lebih ekstrem.

Pilihan bentuk, desain hingga bahan baku yang digunakan juga harus dipikirkan dengan baik. Agar furniture tersebut dapat digunakan dalam jangka waktu lebih lama. Simak tips jitu yang bisa Anda terapkan saat akan memilih furniture outdoor.

Tips Memilih Furniture Outdoor

Ada beberapa hal yang bisa Anda perhatikan untuk menjadi tips saat menentukan pilihan furniture outdoor yang akan digunakan. Di antaranya yaitu:

1. Perhatikan Cuaca di Luar Ruangan

Indonesia sebagai negara tropis memiliki dua musim yang bergantiandan musim pancaroba di setiap akhir satu musim. Pada masa-masa perubahan musim (pancaroba) tersebut, seringkali kondisi cuaca jauh lebih ekstrem daripada sebelumnya.

Kondisi tersebut akan berpengaruh pada furniture yang akan disimpan dan digunakan di luar ruangan. Hal-hal seperti ini harus Anda perhatikan dengan baik agar pemilihan furniture yang digunakan juga sesuai dengan kebutuhan dan kondisi lingkungan.

2.  Perlindungan Ekstra

mebel kayu jati
Furniture kayu jati untuk kebutuhan outdoor

Perlindungan pada perabot luar ruangan bisa dilakukan saat sedang tidak digunakan. Anda bisa menggunakan penutup berupa kain, plastik atau sebagainya untuk mengamankan furniture.

Atau, Anda bisa juga membuat penutup atau cover sendiri yang cocok untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Perawatan yang intens penting dilakukan untuk menjaga kondisi furniture outdoor dari segala resiko kerusakan yang bisa terjadi.

Merawat furniture tentu merupakan hal wajib dilakukan untuk semua jenis furniture yang Anda milik. Luangkan waktu untuk merawat dan membersihkan furniture kesayangan Anda setiap hari agar kondisinya tetap aman dan terjaga.

3. Memilih Bahan yang Tahan Air

Untuk kebutuhan furniture outdoor, sangat penting bagi Anda untuk memilih material yang tahan air. Mengingat penyimpanan dan penggunaannya di area outdoor yang sangat rentan terkena air hujan maupun pengaruh kelembaban lingkungan secara langsung.

Jika memilih untuk menggunakan kayu, gunakan jenis kayu tertentu yang memiliki ketahanan yang baik terhadap air.

4.  Memilih Furniture Outdoor yang Berkualitas

Set Kursi Cafe Outdoor Kayu Jati

Kualitas dari furniture yang Anda pilih akan berpengaruh pada ketahanan maupun tampilannya. Untuk mendapat furniture outdoor dengan kualitas terbaik, Anda tentu perlu mengeluarkan biaya lebih banyak.

Hal tersebut dapat terjadi demi Anda mendapatkan bahan baku hingga desain yang terbaik. Namun, mengingat hal tersebut akan membantu Anda memperoleh furniture yang bisa digunakan lebih awet hingga jangka waktu lebih lama, hal merupakan sesuatu yang sepadan.

Pilihlah material terbaik untuk mendapat kualitas furniture yang unggul dan awet, terutama untuk kebutuhan furniture outdoor.

5.  Memilih Material yang Sesuai dengan Kebutuhan

Ada beberapa pilihan bahan baku atau material yang dapat digunakan sebagai furniture outdoor. Setiap material tentu memiliki kelemahan dan keunggulannya sendiri. Anda sebagai pemilik sekaligus pengguna, harus dapat memilih bahan yang sesuai dengan kebutuhan.

Kayu adalah bahan baku unggulan yang banyak dipilih untuk digunakan sebagai material furniture. Namun, untuk pemakaian di luar ruangan, Anda harus benar-benar memilih jenis kayu yang tepat. Perawatan yang mudah dan ketahanan yang baik terhadap pengaruh lingkungan harus menjadi perhatian.

Anda juga bisa menggunakan bahan lain seperti rotan, plastik, aluminium, PVC hingga baja atau besi tempa. Semuanya bisa dipilih asalkan sesuai dengan kebutuhan Anda. Ketahui ketahanannya terhadap pengaruh lingkungan seperti air dan teriknya sinar matahari.

6. Gunakan Furniture dengan Model yang Praktis

Pilihan model dan desain furniture yang praktis juga lebih efisien untuk digunakan pada area outdoor karena saat menggunakan furniture pada area luar ruangan, Anda juga harus mampu memprediksi seperti apa penggunaannya di area tersebut.

Saran untuk memilih furniture dengan model yang praktis juga harus Anda pertimbangkan dengan proses perawatannya. Jangan sampai Anda memilih model yang salah dan berimbas pada tidak optimalnya pemakaian furniture maupun area tersebut.

Dan lebih parahnya lagi, perawatan yang harus dilakukan juga lebih sulit karena modelnya yang rumit. Hal tersebut akan sangat merugikan jika benar-benar terjadi.

7. Memilih Jenis Furnitur yang Fleksibel

Kebutuhan perabot di area outdoor tentu mengharuskan untuk mempertimbangkan fleksibilitas. Mengingat penggunaan furniture di luar ruangan biasanya dapat dipindahkan untuk kebutuhan pemakaian dari tempat ke tempat lainnya.

Hal itu membutuhkan pemakaian furniture yang memiliki tingkat fleksibilitas yang tinggi. Misalnya penggunaan meja dan kursi lipat, set meja yang dilengkapi dengan payung outdoor bongkar pasang, dan hal-hal fleksibel lainnya.

8.  Gunakan Atap sebagai Penutup Jika Diperlukan

kanopi kaca untuk melindungi furniture outdoor dan taman dalam rumah Anda
Kanopi kaca untuk garden furniture pada konsep rumah modern

Untuk menjaga kualitas dan kondisi furniture outdoor, jika memang diperlukan Anda bisa menggunakan atap sebagai penutup. Adanya atap dapat membantu menjaga kondisi furniture outdoor agar tetap aman dari berbagai resiko kerusakan.

Di antaranya dari teriknya sinar matahari dan hujan yang bisa langsung menyentuh furnitur jika tidak dilapisi dengan atap. Adanya perlindungan ini dapat lebih meminimalisir kerusakan akibat beberapa kondisi yang berpotensi merugikan.

9.  Sesuaikan Pilihan Furniture dengan Konsep Hunian

Terakhir, Anda juga harus mampu menyesuaikan pilihan furniture outdoor yang akan digunakan dengan konsep hunian Anda. Dengan adanya penyesuaian tersebut, proses memilih furniture outdoor dapat dilakukan dengan lebih fokus.

Keberadaan furniture outdoor memang bukan hanya untuk kebutuhan pemakaiannya saja. Hal ini juga menjadi sarana penambah estetika hunian, sehingga perlu Anda perhatikan pilihan model yang digunakan dengan konsep hunian yang sudah Anda aplikasikan.