pengawetan kayu dengan mesin

Memahami Seperti Apa Metode Pengawetan Kayu Ramah Lingkungan Masa Kini

Metode pengawetan kayu penting dilakukan guna mendapatkan kayu yang memiliki masa pakai lama dan kuat. Cara pengawetan kayu selama ini dikenal dengan beragam teknik. Mulai dari teknik pengawetan kayu tradisonal dan modern.

Masing masing teknik pengawetan kayu memiliki kelemahan dan kelebihanya masing masing. Baik secara tradisonal ataupun dengan cara modern. Pengawetan kayu sangat krusial dalam industri wood working ataupun para pengrajin kayu baik dari hulu hingga ke hilir. Oleh karena itu memilih jenis dan metode pangawetan kayu yang tepat akan berpengaruh terhadap keberlanjutan industri kayu.

promo produk white agent wa-250

Baca Juga : metode untuk pengawetan kayu meranti untuk mendapatkan kayu meranti yang tahan lama

Saat ini mulaimarak diterapkan pengawetan kayu ramah lingkungan. Cara pengawetan kayu ramah ingkungan ini dititik beratkan pada penggunaan obat pengawet yang lebih ramah lingkungan dan metode pengawetan kayu yang dilakukan.

pengawetan kayu direndam dalam air

promo produk biocide insecticide

Obat pengawet yang lebih ramah lingkungan disarankan digunakan guna efektifitas dalam pengerjaan proses pengawetan. Hal ini penting mengingat kecepatan arus industri yang kini sudah pesat dan tidak bisa mengawetkan kayu terlalu lama layaknya pengawetan konvensional.

Macam Macam Metode Pengawetan Kayu

Pada dasarnya macam macam metode pangawetan kayu didasarkan pada jenis pengawetan kayu yang dilakukan. Ada dua jenis pengawetan kayu, yaitu pengawetan secara sementara dan pengawetan kayu secara permanen. Proses pengawetan kayu bertujuan untuk mendapatkan kayu yang kuat dari serangan hama sehingga memiliki usia pakai yang lama dan ekonomis.

Jenis pengawetan kayu sementara biasanya hanya bertujuan untuk jangka pendek. Umunya dilakukan untuk kayu habis tebang guna menghindari jamur blue stain atau serangan serangga lainya. Jenis pengawetan kayu permanen merupakan usaha pengawetan kayu yang bertujuan untuk menjaga kayu dari seluruh serangan hama perusak kayu.

Prosesnya juga dilakukan dalam waktu yang lama. Jenis pengawetan kayu ini akan menetukan teknik pengawetan kayu. Biasanya untuk pengawetan kayu sementara menggunakan teknin peleburan, penyembprotan. Namun untuk pengawetan kayu permanen atau tetap menggunakan semua teknikpengawetan kayu baik pelaburan, semprot, rendam, hingga menggunakan teknologi vakum dan tekan.

Cara pengawetan kayu ramah lingkungan baik untuk pengawetan kayu sementara ataupun tetap salah satunya adalah dengan memilih jenis bahan pengawet. Biasanya bahan pengawet yang diguakan adalah borax borik, gamexane bahkan ada pula cara mengawetkan kayu dengan solar.

Bahan bahan kima tersebut merupakan jenis bahan kimia berbahaya. Menimbulkan residu dan ancaman kesehatan bagi pekerja yang mengerjakan proses pengawetan. Oleh karena itu alih-alih mengawetkan kayu menggunakan solar, solusi terbaik dari pengawetan kayu yang ramah lingkungan adalah dengan mengganti bahan kimia pengawet kayu baik pada proses pengawetan kayu modern ataupun tradisional.

Teknik Pengawetan Kayu Ramah Lingkungan Dan Efektif

Teknik pengawetan kayu yang lazim digunakan untuk saat ini meliputi metode pengawetan sederhana dan metode pengawetan secara khusus. Metode pengawetan kayu secara sederhana meliputi metode rendaman, metode pencelupan, dan metode pembalutan.

Metode pengawetan kayu secara khusus menggunakan teknik vakum dan tekanan. Metode ini memiliki cara yang berbeda beda. Untuk metode pengawetan vakum dan tekan menggunakan teknik sel penuh dan sel kosong.

Sebelum ada melakukan metode pengawetan kayu, ada baiknya mengetahui kekurangan dn

kelebihan metode pengawetan kayu berikut ini:

  • Kekurangan dan kelebihan Metode pengawetan kayu sederhana

Di indonesia masih banyak sekali para pemilik kayu yang menggunakan metode sederhana untuk mengawetkan kayu. Metode rendaman memiliki kelebihan mudah dilakukan, kayu dalam jumlah banyak dapat diawetkan sekaligus, serta larutan bahan pengawet dapat di gunakan berkali kali.

Kekurangan dari metode rendaman ini memakan waktu yang lama, peralatan mudah berkata, hingga pada proses rendaman panas justru bisa membuat kayu terbakar, selain itu jenis kayu basah juga agak sulit diawetkan dengan cara ini.

Metode celup juga memiliki kelebihan yang bisa anda coba. Proses pencelupan kayu dengan bahan pengawet dapat dilakukan dengan cepat, bahan pengawet juga bisa digunakan berulang kali, peralatn mudah ditemukan. Namun kekurangan utama dari metode celup ini penetrasi bahan pengawet kecil masuk kedalams ubtrat kayu, mudah luntur dan uslit dilakukan untuk jenis kayu basah.

Secara umum metode pengawetan kayu secara sederhana memiliki kekurangan yang cukup siginifikan yaitu pada daya tahan penetrasi obat bahan penagwet kayu. Penetrasi yang hanya di permukaan serta pada lapisan terluar kayu tidak menjaga kayu secara permanen dari serangan hama perusak kayu.

Apalagi jika menggunakan bahan bahan kimia yang tidak khusus disarankan untuk mengawetkan kayu. Hal ini justru semakin memperparah kondisi kayu. Selain itu proses seperti itu tidak ramah lingkungan dan buruk bagi kesehatan pekerja.

Jika masih ingin menggunakan metode sederhana yang ramah lingkungan dan efektif solusinya dalah dengan menggunakan obat pengawet kayu ramah lingkungan. Anda bisa menggunakan Biocide wood ufngicide sebagai obat rendaman pengawetan kayu secara sederhana.

Bahan kimia pada biocide wood fungicide diformulasikan khusus untuk mencegah pertumbuhan jamur dan serangan blues tain ataupun black stain pada kayu. Sehingga sangat tepat untuk digunakan pada metode pengawetan kayu ini.

  • Kelebihan dan kekurangan metode pengawetan kayu modern atau metode khusus

Teknik pengawetan kayu secara khusus ini memang jauh lebih efektif dibandingkan dengan menggunakan metode sederhana. Baik pada metode sel penuh ataupun sel kosong keduanya efektif secara permanen menjaga kayu dari serangan hama perusak.

Kelebihan utama dari pengawetan kayu metode khusus meliputi penetrasi obat pengawet kayu jauh masuk kedalam substrat kayu, , hasilnya memuaskan, waktu yang digunakan relatif lebih singkat, baik dilakukan baik pada kayu basah maupun kayu kering.

Namun metode pengawetan kayu secara modern seperti ini memerlukan modal yang sangat besar. Tidak hanya itu perlu ketelitian dan pengerjaan yang yang ahli, oleh karena itu meotde pengawetan kayu secara modern seperti ini biasnaya hanya dilakukan oleh pemain industri kayu. Biasnaya dilakukan oleh pabrik pabrik kayu komersial.

Metode vakum dan tekanan memang efektif dilakukan untuk menagwetkan kayu. Baik pada sel penuh ataupun menggunakan metode sel kososng. Perbedaanya hanya pada distribusi ahan pengawet yang di masukkan kedalam kayu. Pada metode sel penuh bahan pengawet masuk kedalam smeua lumen sel kayu. Sedangkan pada sel kosong, bahan pengawet kayu hanya masuk dan mengisi antar ruang sel.

pengawetan kayu dengan mesin
pengawetan kayu dengan mesin

 

Mengingat metode pangawetan kayu ramah lingkungan kin gencar dilakukan, metode pengawetan secara modern ini juga perlu menggunakan bahan kimia pengawet kayu yang lebih ramah lingkungan. Rekomendasi bahan pengawet kayu terbaik dan ramah lingkungan yang bisa digunakan untuk proses ini adalah biocide.

Biocide memiliki tiga jenis varian yaitu biocide insecticide, biocide wood fungicide dan biocide surface film preserfative. Ketiga jenis bahanpengawet kayu ini dapat diaplikasikan pada smeua teknik pengawetan kayu dan semua jenis kayu. Baik untuk teknik pengawetn kayu mahoni, cara pengawetan kayu mangga ataupun pengawetan kayu sungkai adalah dengan menggunakan bahan pengawet kayu ramah lingkungan biocide.