Agar Plywood Tahan Lama, Beli Obat Jamur Permukaan Di Plywood Sekarang

Siapa yang pada masa kini ini tidak mengenal plywood? Tahukah anda jika plywood juga bisa diserang jamur atau hama lainya? Jangan sampai konstruksi bangunan atau perabot yang memakai plywood dirumah anda terserang jamur. Yuk, cegah serangan itu dari sekarang dengan menerapkan langkah-langkah agar plywood tahan lama berikut ini.

Kini terdapat banyak ragam furnitur atau konstruksi rumahan yang menggunakan bahan plywood. Produk olahan kayu yang satu ini semakin digemari karena beragam tingkat ketebalan dan jenis variasi kayu yang digunakan.

Plywood adalah jenis kayu olahan yang terbuat dari kayu solid. Sering disebut multiplek atau dikenal dipasaran dengan sebutan triplek atau bahkan veneer. Kayu yang di gunakan untuk membuat plywood bisa bermacam macam. Mulai dari kayu sengon atau albasia hingga beragam jenis kayu keras ataupun lunak.

Beberapa keunggulan furniture yang menggunakan bahan plywood antara lain:

  1. Harganya lebih murah dibanding furniture kayu solid kebanyakan. Apalagi bila kayu solid yang dimaksud adalah kayu solid yang harganya mahal.
  2. Lebih ringan dibawa kemana-mana sehingga secara umum lebih cocok untuk kebutuhan modern.
  3. Karena sifatnya yang lebih ringan, produk ini pun pada umumnya lebih mudah ditransportasikan.
  4. Bisa dimodifikasi sebagai mebel rakitan yang bisa dijual secara online.
  5. Estetikanya meski tak sebaik mebel kayu solid, namun tak kalah menarik. Ini disebabkan plywood yang masih memiliki pola dan warna asli kayu solid dibanding engineered wood yang lain.

Plywood Tahan Lama

Umunya plywood tersusun atas lempengan papan kayu. Tingkat ketebalanya berbeda-beda berdasrkan jumlah lempengan papan kayu yang di tumpuk tersebut. Ketebalanya mulai dari 0.8 mm hingga 25 mm. Semuanya tergantung dengan jenis sebutan namanya. Biasanya di sela sela kayu lapisan atau lempengan papan kayu tersebut diberi bubuk kayu.

Baca Juga : cara menghilangkan jamur pada lemari serbuk

Kelebihan Utama Plywood

Kelebihan utama dari plywood yang membuat produk ini menjadi primadona adalah kepraktisan dalam penggunaan dibandingkan dengan jenis olahan kayu lainya. Tidak hanya tu plywood tidak gampang menysusut. Selain itu plywood dapat dibuat enjadi beragam ide kreatif lainya untuk hunian ataupun industri.

Namun sayangnya jenis kayu olahan yang satu ini juga rentan terhadap serangan hama, salah satunya adalah serangan jamur permukaan. Walaupaun tidak digunakan untuk kebutuhan di luar ruangan, jamur permukaan dapat mengintai plywood dimana saja.
Ada beberapa jenis jamur permukaan yang perlu diwaspadai.

Sebab, jamur permukaan ini sudah pasti tidak akan membuat plywood tahan lama.

alterntif text
  1. Jamur permukaan putih. Jenis jamur ini muncul dengan hifa keputihan di permukaan suatu benda karena kelembaban yang tinggi. Ketika belum lama, jamur sebetulnya mudah sekali dihilangkan dengan diusap. Namun bila dibiarkan saja, jamur akan tumbuh hingga akarnya menembus substrat tripleks dan melakukan proses pembusukan yang intens.
  2. Jamur pembusuk coklat dan soft rot. Selain jamur permukaan putih, kita juga perlu mewaspadai jamur pembusuk coklat dan soft rot. Keduanya akan membuat tripleks lembek dan lapuk sehingga benar-benar hancur.

Selain pembusuk dan jamur permukaan putih, kita juga harus mewaspadai berbagai hama lainnya. Misalnya saja lumut dan juga jamur noda. Lumut sebagaimana yang kita tahu biasanya tumbuh di daerah yang lembab dan luar ruangan. Bila Anda meletakkan mebel berbahan plywood di teras, potensi serangan lumutnya akan meningkat. Mulanya, Anda mungkin akan merasa abai karena tak menimbulkan dampak berarti. Tapi sebagaimana jamur, lumut pun bisa merusak produk bila tak diatasi sejak dini.

Adapun jamur noda adalah jamur yang menyebabkan kerusakan warna kayu. Ketika plywood terkena blue stain sebetulnya rate pembusukannya tak meningkat. Plywood Anda masih bisa menjadi plywood tahan lama. Namun demikian harga plywood atau mebel degan bahan ini akan turun drastic.

Serangan Jamur Permukaan pada Plywood, Ancaman Plywood Tahan Lama

Debu dan kotoran pada permukaan media plywood yang dibiarkan beigtu saja dan berda dalam kondisi lingkungan yang lembab akan menghasilkan jamur permukaan. Mungkin anda heran mengapa sejenis plywood juga bisa berjamur. Misal anda memiliki lemari kayu yang berada di dalam ruangan yang lembab, lemari tersebut rawan sekali terserang jamur. contohnya sangat mudah. Ketika muncul bintik bintik putih atau totol totol putih pada lemari tersebut artinya lemari anda telah berjamur.

jamur di plywood

Lalu bagaimana mengatasi lemari plywood atau furnitur plywood yang berjamur? Cara yang biasa dan umum dilakukan adalah dengan menyeka jamur tersebut. Namun tahukah Anda bahwa tindakan menyeka tersebut juga beresiko? Resiko yang ditimbulkan adalah memindahkan cendawan atau spora jamur ke bagian lainya dari lemari tersebut.

Bagaimana membersihkan jamur pemrukaan dengan tepat? Bagaimana cara memastikan plywood tahan lama dan bebas dari hama ini? Yuk, simak solusinya sebagai berikut.

Cara Membersihkan Jamur dari Plywood

Untuk membersihkan jamur dengan tepat artinya anda harus menyingkarkan spora jamur tersebut. Terdengar sulit memang, sebab spora jamur tidak telrihat oleh mata.

Namun kita bisa mengandalkan obat anti jamur khusus untuk kayu atau plywood. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Menyeka area yang berjamur dengan kain bersih
  2. Mengambil kuas atau kain lalu mengoleskan fungisida yang bagus di area berjamur (jangan lupa gunakan sarung tangan ya)
  3. Diamkan
  4. Hilangkan noda jamur dan bila perlu lakukan pengamplasan
  5. Keringkan dan silahkan gunakan produk mebel seperti sedia kala

Beli Obat Jamur Permukaan Untuk Plywood Tahan Lama

Membeli obat jamur permukaan untuk plywood merupakan investasi. Pasalnya obat tersebut bisa anda gunakan untuk mengatasi jenis perabot kayu lainya atau mencegah perabot kayu lainya terserang jamur di rumah anda.

Yuk, beli obat jamur permukaan untuk plywood berkualitas yaitu Biocide Surface Film Preserfative atau dikenal dengan nama biocide SFP. Obat anti jamur yang satu ini mengandung bahan aktif yang mempu mengatasi serangan jamur, bakteri dan lumut baik pada media kayu, plywood, serat alam dan bambu sekalipun.

Biocide SFP diformulasikan oleh ahli microbakterial dengan komposisi utama diuron, carbendazim calcium bis atau dodecacylbenzenesulfonate. Bahan aktif ini terbukti efektif mengatasi serangan jamur permukaan. Baik untuk langkah preventif ataupun ketika plywood sudah diserang dengan jamur pemrukaan.

Keunggulan obat jamur permukaan dari biocide SFP ini juga terletak pada sifatnya lebih ramah lingkungan, lebih stabil dan efektif. Tidak hanya itu Biocide SFP dapat dilarutkan dengan air atau dicmapur kedalam bahan finishing yang akan di gunakan pada plywood atau kayu.

Cara aplikasi Biocide SFP untuk mencegah atau mengatasi serangan jamur permukaan pada plywood sangatlah mudah. Anda cukup mencampur Biocide SFP dengan air dengan perbandingan Biocide dan air 1:50. Jadi satu botol biocide kecil 130 gram dapat dicampur dengan 50 liter air. Aplikasinya dapat dioles pada bagian yang telah berjamur atau direndam atau disemprot. Sesuai dengan kebutuhan dan masalah jamur permukaan yang anda hadapi.

Walaupun Biocide SFP merupakan jenis bahan kimia untuk mengatasi serangan jamur permukaan yang diklaim ramah lingkungan, namun pastikan untuk selalu mematahui ptunjuk keamanan teknis pengerjaaan. Jangan lupa gunakan pelindung tubuh seperti kacamata, masker, sepatu dna baju lengan panjang. Jangan makan, minum dan rokok selama aplikasi produk.

Selain itu jauhkan dari jangkauan anak anak, tutup rapat dan simpan di tempat sjeuk dan kering jika ada sisa produk yang belum dipakai. Jangan meletakkan produk pada tempat yang terkena sinar matahari langsung. Selain itu jangan membuang sisa produk pada perairan bebas.

Perhatikan Petunjuk Keamanan

Petunjuk keamanan pemakaian patut anda perhatikan agar anda tidak terkena kontra indikasi dari obat jamur kayu yang satu ini. Dalam beberapa kasus bisa saja terjadi keracunan, iritasi pada mata dan kulit bahkan sesak napas.

Bekerja dengan bahan kimia harus benar benar diperhatikan takaran dan timbanganya dengan tepat. Serta petunjuk penggunaan juga harus dilaksanakan dengan baik. Biocide SFP mampu mencegah dna mengatasi serangan jamur permukaan pada plywood dengan dosis dan rekomendasi yang tepat.

Dimanakah anda dapat beli obat jamur permukaan pada plywood? Anda dapat membeli Biocide SFP dengan menghubungi call centre kami yang nomornya ada di bawah artikel ini, atau membeli langsung di marketplace seperti tokopedia, shopee dna bukalapak. Selain itu anda dapat membeli langsung distore point kami yang adai di yogyakarta, cirebon dan jepara.

Jangan biarkan perabot ataupun bahan bahan yang menggunakan plywood di rumah anda berjamur dan rusak. Jenis kayu olahan yang satu ini memang tidak sekuat kayu solid asli. Oleh karena itu pencegahan dan perawtanya menjadi sangat penting. Apalagi ketika akan di gunakan sebagai konstruksi bangunan.

Seperti biasanya mencegah selalu lebih baik dibandingkan dengan mengobat. Begitu pula ketika anda akan berkreasi menggunakan plywood, ada baiknya anda mengaplikasikan obat anti jamur terlebih dahulu sebelum kemudian di finishing ataupun di kreasikan menjadi beragam ide unik dan kreatif lainya.

alterntif text
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn