jamur permukaan bambu

Bambu merupakan bahan dari alam yang tidak terlpeas oleh jamur. Proses pertumbuhan jamur pada bambu bisa terjadi degan cepat jika bambu tidak benar benar kering. Selain itu bambu juga rentan terserang jamur jika disimpan dan dikirim dalam kontainer pengangkutan. Lalu bagimana solusi mengatasi jamur pada bambu?

Memahami proses petumbuhan jamur pada bambu dan jenis jamur yang tumbuh pada bambu membuat proses mengatasi serangan tersebut lebih efektif. Selain itu memahami karakteristik pohon bambu dan obat jamur untuk bambu mampu mengatasi jamur pada bambu dengan lebih cepat.

CS Anti Jamur

Bagi anda para produsen bambu mungkin kerap sekali mengalami hal ini. Bambu yang habis ditebang kemudian terkena serangan jamur berwarna putih putih yang menyebar merata. Tidak hanya itu, apakah anda juga pernah mengalami kerugian besar akibat gagal mengirimkan bambu akibat bambu terserang jamur dalam perjalanan? Jika hal itu semua telah terjadi, saatnya anda mengetahui bagaimana mencegah dan mengatasinya.

Memahami Serangan Jamur Permukaan Pada Bambu

Beberapa spesies bambu sangat rentan terserang jamur. Pasalnya bambu hijau yang masih segar tersebut memiliki banyak kadar air sehingga lebih sensitif terhadap pertumbuhan jamur. Walaupun begitu, kadangkala bambu yang benar benar keringpun dapat terserang jamur.

Hal ini umumnya terjadi pada pengiriman bambu keluar negeri ataupun proses penyimpanan bambu yang tidak benar. Untuk proses pengiriman menggunakan kontainer berisiko terkena dengan fenomena hujan kontainer atau pengembunana didlama kontainer itu sendiri. Akibatnya bambu menjadi lembab kembali sehingga tentan terserang jamur.

Hal tersebut kerap terjadi ketika bambu dikirm dari negara tropis ke negata sub tropis atau empat musim. Tidak hanya masalah pengiriman, penyimpanan bambu kering yang tidak baik juga memudahkan kemunculan jamur permukaan pada bambu.

contoh serangan jamur pada bambu

Lalu apa yang menyebabkan jamur tersebut tumbuh pada pohon bambu? Berikut ini daftarnya :

  • Karbohidrat. Jamur berasal dari spora halus yang  terbawa angin masuk kedalam tubuh buah buahan dan menyebabkan degradasi secara biologis. Umumnya jamur tumbuh pada batang bambu yang kaya karbhdrat dan gula. Namun dalam tahap lanjutjamur akan muncul pada permukaan bambu
  • Oksigen.  seperti mahluk hidup lainya dibumi, jamur juga membutuhkan oksiegen. Dengan membatasi pasokan oksigen akan turut menghambat pertumbuhan jamur. Namun ada beberapa jenis jamur juga tumbuh pada kondisi ingkungan dengan kadar oksigen yang rendah namun memiliki kelembapan yang tinggi
  • Kadar air. Jamur sangat suka berada pada lingkungan yang lembab dan memiliki kadar air tinggi. Tingkat kelembapan antara 40 – 8- persen merupakan tempat pertumbuhan jamur yang ideal
  • Suhu .  jamur akan tumbuh ideal pada suhu 25 hingga 35 derajat celcius.

Kriteria kondisi lingkungan tersebut sangat disukai dimana jamur akan tumbuh subur. Lalu biasanya jenis jamur apa yang paling sering menyerang bambu? Berikut ini jenis jamur yang paling sering ditemui menyerang bambu:

  • Jamur permukaan. Jenis jamur ini paling sering ditemui, ciri khasnya jamur ini tumbuh dan tampak menyebar di permukaan dan ujung batang bambu. Jamur ini memiliki efek negatif terhadap kekuatan bambu itu sendiri walaupaun terlihat gampang dibersihkan.
  • Jamur subtrat atau jamur noda. Jamur noda atau jamur subtrat ini merupakan jenis jamur yang mampu menembus lapisan bambu. Mulai dari ujung potong baian silang hingga bagian pengangkatan cabang permukaan. Ciri khasnya adlaah warna bintik bintik hitam dan warna doreng yang tidak merata. Jenis jamur ini sungguh merusak estetika dari bambu. Namun tidak berpengaruh terhadap kekuatan dari bambu itu sendiri kecuali dalam kasusu khusus dan seranganya sangat parah mampu merusak bambu.
  • Jamur pembusuk. Jamur pembususk merupakna jenis jamur yang paling merusak pada bambu. Hal ini diseabkan jamur menyerang pada bagian dalam tubuh bambu terutama pada bagian lumen sel. Jamur mampu mengeluarkan enzim yang membusukan selulosa dan hemiselulosa dan meninggalkan lignin menjadi berwarna coklat. Efek yang paling merugikan jelas sekali kekuatan bambu akan berkurang. Kerusakan awal bisa ditandai dengan bambu yang lembab dan pada ahirnya batang bambu akan lunak dan rusak.

Obat Jamur Permukaan Bambu Dari Biocide SFP

Jamur permukaan menjadi salah satu jenis jamur yang paling sering menyerang. Jamur ini memang terlihat mudah dibersihkan. Namun ternyata biasanya kalau hanya d berishkan saja kaan muncul kembali. Apa artinya hal ini? Jika hal ini terjadi berarti spora jmaur tersebut memang belum bersih dan hilang. Akibatnya bambu akan terkena serangan jamur permukaan kembali.

Untuk mengatasi jamur permukaan pada bambu disarankan mengunakan obat jamur permukaa. Penggunaan obat jamur ini dapat dilakukan dalam proses pengawetan bambu sejak setelah di tebang. Tujuan preventif seperti ini selalu lebih efektif dibandingkan mengatasi bambu yang telah terserang jamur permukaan.

Obat jamur permukaan pada bambu yang kami rekomendasikan adalah biocide surface film preserfative atau dikenal dengan biocide SFP. Jenis obat jamur ini merupakan bahan kimia aktif yang mengandung dioron Carbendazim Calcium bis (dodecylbenzenesulfonate) efektif untuk mengatasi jamur permukaan bakteri bahkan lumut.

Aplikasi biocide sfp dapat dilakukan dengan merendam bambu habis tebang kedalam larutan biocide sfp. Namun jika bambu sudah terlanjur terkena serangan jamur, and ajuga bisa menggunakan biocide sfp untuk mengatasinya.

Serangan jamur permukaan bisa merusak struktur ketahana bambu itu sendiri. Oleh karena itu tindakan pencegahan untuk serangan jamur ini sangat penting untuk dilakukan. Oleh karena itu aplikasikan biocie sfp pada bambu sebelum bambu digunakan dalam berbagai kebutuhan baik mebel atau dibuat untuk produksi lainya.

Bocide sfp dapat dicampur dengan larutan air dengan komposisi perbandingan air lebih banyak dibandingkan dnegan biocide sfp itu sendiri. Teknik perendaman dengan biocide sfp efektif mencegah serangan jamur pemrukaan dan mmapu mengawetkan bambu secara efektif.

Bioce sfp memiliki keunggulan stabil dan efektif digunakan. Aplikasi mudah dan sangat sesuai untuk industri ataupun penggunaan rumah tangga perseorangan. Kemasan produk ini bervariatif mulai dari kemasan 130 gram hingga kemasan besar.

Biocide juga bisa dipalikasikan untuk media lain selain bambu, seperti rotan, kayu bahkan plywood sekalipun. Sehingga satu produk dapat digunakan untuk berbagai macam kebutuhan anda. Biocide sfp diformulasikan dengan bahan kimia yang ramah lingkungan. Namun walaupun begitu pastikan anda bekerja dengan aman saat besentuhan langsung dengan bahan kimia.

Pastikan selalu menggunakan pelindung tubuh saat menggunakan biocide. Gunakan kacamata pelindung, sarung tanagn dan sepatu. Jangan merokok dan juga makan dan minum saat bekerja dengan produk. Pastikan jauhkan dari jangkauan anak anak dan simpan produk pada tempat yang bersih dan kering tidak terkena sinar matahaari langsung.

Anda bisa membeli biocide sfp obat jamur permukaan di bambu langsung dengan menghubungi customer care kami di nomor yang tertera di bawah artikel ini. Selain itu anda juga bisa membeli langsung di marketplace seperti tokopedia, shopee dan bukalapak. And abisa bertanya dan mengunjungi store point kami langsung di area yogyakarta, cirebon dan jepara.

CS Anti Jamur