mencegah bambu terserang jamur

Cara Menghilangkan Jamur pada Bambu: dari Idenfitikasi hingga Tips Penting

Tak seperti anggapan kebanyakan orang, cara menghilangkan jamur pada bambu harus dilakukan hati-hati. Apalagi bila masalah tersebut terjadi pada skala bisnis/industri.

Tanpa pemahaman mengenai cara yang tepat, resiko kerugian hingga jutaan rupiah bukan lagi sekedar ancaman. Ikuti tahapan di bawah ini untuk menghilangkan organisme tersebut dari bambu Anda.

Identifikasi Jamur

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mengidentifikasi spesies jamur yang menginfeksi. Terdapat dua jenis jamur yang biasa menyerang bambu dengan karakteristiknya masing-masing. Perbedaan tersebut berimplikasi pada cara penangannya.

Baca Juga : cara membersihkan jamur di lemari

Jamur Blue Stain

jenis jamur blue stain pada bambu

Adalah organisme mikroskopis yang hidup di antara jaringan sel bambu, kayu, maupun serat alam. Bila bambu terserang jamur ini, akan muncul noda biru kehitaman hingga kecoklatan pada permukaannya.

 

Tetapi, berbeda dengan jamur yang biasa kita kenal, noda-noda tersebut tak bisa hilang hanya dengan digosok atau diusap. Jamur ini juga tidak membusukkan bambu sehingga meski nilai estetikanya menurun, tetapi secara fungsional bambu masih bisa digunakan.

pengawetan bambu

Jamur Pelapuk

Jamur pelapuk adalah jamur makroskopis berhifa yang dapat membuat bambu rusak secara estetika maupun struktural. Meskipun efeknya lebih membahayakan dibanding blue stain, tetapi infeksi jamur ini relatif lebih lama.

Baca Juga : jenis bambu yang paling baik digunakan sebagai bahan kerajinan anyaman bambu

Berikut ini akan dijelaskan lebih ringkas perbedaan jamur pelapuk dan blue stain.

Perbedaan Jamur Blue Stain Jamur Pelapuk
Ukuran Mikroskopis Makroskopis
Tanda infeksi Bambu atau kayu berwarna biru hingga kecoklatan Muncul hifa pada permukaan kayu atau bambu
Dampak Estetika bambu/kayu menurun Estetika dan struktur bambu/kayu rusak
Karakter khusus Tak bisa hilang hanya dengan diusap atau digosok Bisa hilang dengan diusap atau digosok
Penyebab infeksi Substrat kayu lembab Kelembaban udara tinggi dan lingkungan kotor

Cara Menghilangkan Jamur pada Bambu: Disesuaikan dengan Karakternya

Berdasarkan perbedaan pada tabel di atas, berikut ini cara yang tepat untuk mengatasi jamur blue stain maupun pelapuk sesuai karakternya masing-masing.

Baca Juga : Tahukah Anda fungsi anyaman rotan di kehidupan sehari hari

Blue Stain

Bila bambu Anda sudah terinfeksi blue stain, aplikasikan fungisida dengan cepat agar infeksi organisme tersebut tidak menyebar lebih jauh. Anda bisa mengandalkan obat jamur Microcide 100 EC yang memiliki fungsi tersebut. Tetapi, aplikasi obat ini atau fungisida manapun tidak akan mampu membuat warna bambu seperti sedia kala.

jamur hama bambu

Sebab, meski jamur telah mati, sel-selnya yang berwarna biru hingga kecoklatan masih tertinggal di dalam jaringan bambu. Untuk menghilangkannya, Anda bisa menggunakan pemutih kayu seperti White Agent 250 atau mengaplikasikan sistem pengecatan atau finishing yang bagus dengan BioColours.

Pelapuk

Cara menghilangkan jamur pada bambu yang termasuk jenis “mold” atau jamur pelapuk, dapat Anda lakukan dengan mengaplikasikan Film Preservative FPR36. Bersihkan dulu jamur dengan cara pengusapan, lalu gunakan obat tersebut. Agar jamur tidak kembali menyerang, pastikan untuk menjaga kelembaban udara dalam ruangan dan memastikan kondisi ruangan bersih.

Pada proses pengiriman, Anda sebaiknya melakukan pengemasan yang tepat dan penggunaan Container Desicant Pole sebagai penyerap kelembaban. Film Preservative FPR36 juga bisa Anda campur ke dalam cat untuk proteksi yang lebih baik.

Semoga bermanfaat.

Rekomendasi Untuk Anda

    Pilihan Menarik Lainnya