kayu log sengon

Poin Penting Cara Efektif Menambah Nilai Keawetan Kayu Sengon

Agar kayu sengon dapat digunakan dengan baik, maka kayu sengon harus diawetkan sebelum digunakan. Pengawetan dengan bahan yang berkualitas sangat diperlukan, bahan pengawet kayu dengan stabilitas dan daya serap tinggi.

Kayu sengon permukaannya harus dilapisi dengan bahan pengawet agar tidak mudah diserang jamur dan serangga perusak kayu. Secara garis besar ada tiga cara pengawetan yang bisa dilakukan, yaitu pengawetan dengan bahan kimia, pengawetan sederhana dan cara pengawetan khusus atau proses vakum-tekan.

promo produk white agent wa-250

Mengawetkan kayu secara sederhana merupakan pilihan yang paling praktis dan peralatan yang digunakan relatif murah. Sedangkan pengawetan dengan proses vakum-tekan diperlukan peralatan khusus yang harganya relatif mahal. Pengawetan dimaksudkan untuk memasukan bahan pengawet ke dalam kayu agar dapat ditingkatkan daya tahan kayu sesuai yang  dipersyaratkan dalam standar.

Baca Juga : salah satu keunggulan dari kayu jambon yang mudah perawatannya

pengawetan kayu

promo produk biocide insecticide

Dengan pengawetan yang baik, jenis kayu kurang awet dapat ditingkatkan umur pakainya menjadi 5 kali lipat. Pengawetan kayu sengon bisa dilakukan dengan beberapa cara sama seperti halnya pengawetan kayu pada umumnya, diantaranya dengan menggunakan perendaman dengan cairan pengawet kayu. Bahan kimia dalam cairan ini tentu saja bahan yang aman dan ramah lingkungan. Cara ini juga lebih murah dan sederhana, tidak membutuhkan biaya yang mahal.

log kayu sengon

 

Pengawetan sengon dengan bahan yang berkualitas sangat diperlukan, bahan pengawet kayu dengan stabilitas dan daya serap tinggi.

Pengawet Kayu Sengon Murah dan Efektif

Bahan pengawet yang direkomendasikan adalah BioCide Wood Fungicide, bahan yang aman dan ramah lingkungan. Selain itu, juga tidak korosif. Mempunyai nlangkah aplikasi yang mudah. Pertama, larutkan BioCide Wood Fungicide dengan air bersih dengan konsentrasi 0,5 – 1,0%.

Biocide Wood Fungicide

Kedua, rendam sawn timber kayu sengon dalam larutan BioCide Wood Fungicide 0,5% -1,0% %.selama 1 – 2 menit. Ketiga, dalam musim kemarau Konsentrasi BioCide Wood Fungicide 0,5% dan dalam musim hujan Konsentrasi BioCide Wood Fungicide 1,0% – 1,5%. Keempat, kondisi pH larutan dianjurkan 4-6–. Terakhir, setiap 2 minggu – 1 bulan bak celup dibersihkan /dikuras.

Beberapa Keunggulan Lainnya

Masih banyak keunggulan yang bisa di dapat selain langkah aplikasi yang mudah,yakni  efektif dan stabil untuk jangka waktu cukup lama. Bagi Anda yang mempunyai rumah produksi furniture atau mebel, produk ini esuai untuk industri woodworking.

Selain  itu,  dapat diaplikasikan pada berbagai media dan kombinasi anti bakteri dan anti jamur. Sebuah formulasi pengawet kayu sengon ideal dengan  toksisitas rendah dan ramah lingkungan. Selain itu yang paling penting adalah memiliki stabilitas tinggi.

BioCide Wood Fungicide dapat digunakan pada media kayu (log dan gergajian), bambu, natural fiber, rotan. Produk pengawet kayu ini dapat dilarutkan dengan air atau minyak (solvent). Jika Anda tertarik membuat kualitas kayu sengon 5 kali lipat lebih awet, segera gunakan produk pengawet kayu sengon ini dengan menghubungi kontak yang tersedia.