Pengawet Kayu Karet Yang Dapat Mengawetkan Kayu Berkali Lipat

Kayu karet memiliki stabilitas dimensi yang tinggi, sebenarnya kayu karet bagus untuk mebel dan hasilnya tergantung pada pengawetan. Pengawet kayu karet dibutuhkan untuk mengawetkan kayu sampai 5 kali lipat.

Kayu karet dapat dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan industri maupun rumah tangga, seperti peralatan sehari-hari ataupun mebel. Banyak masyrakat yang belum memanfaatkan kayu karet dengan ketersediaannya yang melimpah. Selama ini kayu karet hanya untuk kayu bakar dan pohonnya diambil getahnya. Mungkinkah kayu karet digunakan lebih dari itu? Jawabannya sangat mungkin setelah treatment pengawetan yang maksimal.

Kegunaan kayu sebagai bahan bangunan minimal ditentukan oleh dua faktor, yaitu kekuatan dan keawetan. Sebab kuat saja belum cukup jika tingkat keawetan kayu rendah atau kurang tahan lama atau kurang awet karena umur pakainya kurang maksimal. Penggunaan kayu kelas awet rendah seperti kayu karet di masa depan cenderung meningkat karena jenis kayu komersial dan tahan lama atau awet mulai sulit di dapat atau langka, sementara kebutuhan kayu hanya bisa dipenuhi oleh jenis kayu cepat tumbuh dan bisa dipanen pada umur muda yang berasal dari Hutan Tanaman Industri (HTI) dan Hutan Tanaman Rakyat (HTR).

Agar  kayu karet dapat digunakan dengan baik, maka harus diawetkan sebelum digunakan. Mengawetkan kayu ibarat besi harus dilapisi anti karat agar tidak mudah rusak, begitu juga dengan kayu. Kayu dapat diawetkan dengan cara dilapisi menggunakan bahan pengawet agar tidak mudah diserang jamur dan serangga perusak kayu. Melalui bahan pengawet kayu karet yang baik,  keawetan kayu karet dapat naik 5 kali lipat.

Sebenarnya kayu karet bagus untuk mebel dan hasilnya tergantung pada pengawetan. Pengawet kayu karet dibutuhkan untuk mengawetkan kayu sampai 5 kali lipat.

Kenapa Pengawet Kayu Karet BioCide?

Alasan pertama ialah untuk mengawetkan kayu karet adalah kadar air atau selulosa kayu karet tinggi, sehari setelah ditebang, biasanya langsung muncul jamur. Kedua, pengawet kayu karet BioCide mempunyai stabilitas tinggi, artinya perlindungan dapat tahan lama hingga proses pengeringan bahkan setelah digunakan. Untuk mencegah pertumbuhan jamur, produk BioCide Wood Fungicide yang telah dikemas secara ekonomis dengan ukuran 130gr, dapat diuji cobakan. Aplikasi yang mudah dan telah disediakan persentase larutan pada musim kemarau 1,5% dan musim hujan 2,5%, produk ini dapat dilarutkan dengan air dan merendam kayu karet gergajian.

Hitungan Potensi Kayu Karet

Jika masih ragu dengan potensi pemanfaatan kayu karet untuk kepentingan industri, bisa cek luasnya. Potensi kayu karet diperkirakan sebanyak 2,7 juta m3/tahun, yang dihitung dari luas areal yang ada. Dengan asumsi bahwa perkebunan besar setiap tahun meremajakan 3% dari luas areal karetnya Perkebunan rakyat meremajakan 2% per  tahun dari total arealnya. Jadi apabila tidak dimanfaatkan dengan baik menggunakan Pengawet kayu Karet, dan diawetkan dengan baik, kemanakah kayu karet itu akan berakhir?

alterntif text
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn