kayu ebony

Pengawetan Kayu Eboni Perlukah Dilakukan untuk Menjaga Keawetan Kayu?

Guna menjaga stabilitas daya tahan kayu jangka panjang dan estetika kayu, pengawetan kayu eboni masih perlu dilakukan. Mengapa demikian? Padahal kayu eboni terkenal sebagai kayu kuat nan eksotis dari indonesia.

Kayu eboni merupakan jenis kayu lokasl dari sulawesi yang banyak diburu. Kayu ini mmeiliki warna hitam yang menawan dengan tekstur serat yang indah. Pantas saja jika jenis kayu eboni menjadi incaran baik didalam dan diluar negeri. Sayangnya ilegal loging kayu eboni juga meningkat. Permintaan pasar yang tinggi tentu menjadi pemicunya.

promo produk white agent wa-250

Walaupun indah karena keunikan tekstur dan seratnya jenis kayu ini perlu diawetkan dengan benar. Mengapa kayu yang terkenal kuat ini perlu diawetkan? Berikut ini akan kami jelaskan lasanya , sebelum itu anda perlu tahu bagaimana karakteristik dari kayu eboni itu sendiri.

Ciri-Ciri Dan Karakteristik Kayu Eboni

Kayu eboni memiliki nama ilmiah cdiospyros celebica bakh. Kayu ini memiliki warna hitam yang indah. Sehingga masuk dalam jajaran kayu estetis seperti sonokeling dan jati. Kay u eboni memiliki berat jenis kayu dalam rentng 0.009 hingga 1.4 rata ratanya ada pada 1.05 . warna kayu eboni sendiri berwarna coklat kehitaman dan beberapa jenis kayu ini mmeiliki warna hitam dengan aksen kemerahan.

kayu ebony

promo produk biocide insecticide

Tekstur kayu

eboni sendiri halus, seratnya dominan lurus dan sedikit bagian yang berpadu permukaan kayu cukup licin. Berdasarkan jenis tingkat kekerasan, kekerasan kayu eboni berada pada level medium. Untuk daya retaknya kayu eboni memiliki cukup rentan retak. Sehingga proses pengeringan kayu harus benar benar diperhatikan.

tekstur kayu ebony

Tingkat keawetan

kayu eboni berada pada kelas I dan II. Jika kayu telah terserang hama saat masih tumbuh maka sangat disarankan untuk melakukan pengawetan pasca tebang. Selain itu walaupun tidak terserang hama pengawetan sangat perlu dilakukan guna daya tahan jangka panjang kayu eboni.

Sebuah penelitian dari IPB mengenai variasi radial kayu eboni terhadap ketahanan rayap kayu kering dan jamur diperoleh hasil bahwa kayu eboni yang diberi bahan pengawet berada pada ketahan kelas I atau sangat tahan terhadap serangan rayap dan jamur.

Sedangkan yang tidak diberikan obat pengawet kayu berada pada kisaran ketahan biasa atau dapat diserang oleh organisme hama penyerang. Dari penelitian ini dismpulkan bahwa kayu eboni akan lebih tahan rayap kering dan jamur ketika diawetkan dengan bahan pengawet.

Telah disinggung diatas bahwa kayu ini juga rentan hama. Beberapa hama yang sering menyerang adalah hama rayap kayu kering dan jamur. serangan jamur ini bisa berupa jamur subtrat dan jamur permukaan. Banyak penelitian yang emngkaji bahwa kayu ebonipun perlu diawetkan. Hal ini untuk menguji pada daya tahan terhadap sernagan hama saat kayu telah kering ataupun saat habis tebang.

Metode pengawetan

kayu dilakukan untuk mendapatkan kayu yang tahan hama dan kuat. Hal in perlu dilakukan guna pemakaian jangka panjang. Apalagi jika kayu eboni ini banyak digunakan sebagai bahan baku furnitur dan pangsa pasarnya adlah luar negeri, pengawetan kayu mutlak dilakukan.

Hal ini wajib dilakukan jika kayu dibawa ke negara yang berbeda musim dengan indonesia serta dampak dari pengemasan dan pengiriman kayu yang lama bisa mempengaruhi tingkat ketahanan kayu terhadap berbagai macam organisme perusak. Perubahan cuaca dari tropis ke subtropis juga bisa memunculkan jamur ataupun masalah lain yang berhubungan dengan daya tahan kayu itu sendiri.

pengawetan kayu direndam dalam air

Kayu yang telah dikeringkan pula bisa diawetkan dengan menggunakan metode pengawetan kayu tertentu. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika mengawetkan kayu eboni dengan pengawet kayu eboni terbaik.

Rekomendasi Obat Pengawet Kayu Eboni

Obat pengawet kayu eboni yang kmai rekomendasikan tentunya yang memang bisa digunakan untuk mengawetkan kayu jangka panjang. Untuk keperluan tersebut anda bisa menggunakan biocide insecticide.

Obat pengawet kayu ini merupakan cairan pengawet kayu dengan kandungan permetrin 100ec. Tujuanya untuk mengawetkan dan mencegah serangan hama seperti kumbang bubuk, rayap, jamur dan bahkan untuk teter dan totor. Biocide insecticide bekerja sebagai racun neuro toksi untuk organisme target. Sedangkan pada manusia bahan aktif didalam biocide relatif aman digunakan kecuali dalam kondisi ekposur yang sangat tinggi.

Biocide insecticide bekrejra dengan menggunakan teknik racun kontak lambung organisme target. Formulasi bahanya berupa emulsif concentrate dengan tidak ada nilai korosi sehingga tidak menyebabkan korosi pad alogam, kelas bahaya berada pada kelas II sednag stabilitasnya bekerja selama 2 tahun.

Keunggulan dari biocide insecticide yang tidak dimiliki oleh obat pengawet kayu lainya adalah memiliki efektifitas dan stabilitas yang tinggi, relatif aman bai pekerja yang mengaplikasikan, larut didalam air ataupun solvent, memiliki banyak manfaat bahkan untuk perawatan gedung dan bangunana, serta memiliki target organisme perusak yang luas. Produk ini di desain khusus oleh ahli untuk industri kayu maupun perorangan.

 

Biocide insecticide dapat diaplikasikan dengan mudah. And ahanya perlu mengencerkan biocide insecitice sesuai dengan konsentrasi larutan yang disarankan.

Selanjutnya anda bisa mengawetkan kayu sesuai dengan teknik pengawetan yang dilakukan. Baik menggunakan metode perendaman, pembaluran dan menggunakan metode modern seperti vakum dan tekan.

Misalnya anda akan menggunakan produk ini mengawetka kayu eboni dengan teknik perendaman, langkah langkah yang peru anda lakukan adalah sebagai berikut :

  • Larutkan biocide insecticide
  • Kemudian rendam kayu pada larutan tersebut
  • Jika kayu shawn timber basah rendam dengan sempurna hingga kurang lebih 30 menit kemudain sesuaikan lama perendaman dengan akater dan jenis kayu itu sendiri
  • Setelah selesai direndam, keringkan kayu sehingga kayu benar benar kering sesuai dengan nilai MC kayu yang disarankan Jika prduk yang anda gunakan masih tersisa, pastikan anda melakukan cara penyimpanan dengan benar. Simpanlah biocide insecticide pada tempat yang terlindung dari sinar matahari, panas api atau pemana ruangan serta lembap. Simpan ditemat sejuk kering, jika tidak digunakan tututp rapat kemasan obat pengawet kayu dan jauhkan dari jangkauan anak anak.

Pastikan anda bekerja dengan aman dan selamat saat menggunakan bahan bahan kimia. Pastikan menggunakan pelindung diri seperti masker, kacamata, serta baju panjang. Selain itu jangan makan dan minum selama proses bekerja dengan bahan kimia. Jangan menuang sisa produk di perairan bebas agar tidak mencemari lingkungan.

Untuk mendapatkan obat pengawet kayu eboni biocide insecticide silahkan hubungi customer care kami di nomor yang tertera di bawah artikel ini. Selain itu anda juga bisa membeli langsung secara online di marketplace seperti bukalapak dan tokopedia. Selain itu ada juga bisa membeli langsung di store point kami di Yogyakarta, Cirebon dan Jepara.