Ini Dia 5 Macam Bambu yang Bagus untuk Furniture!

Dengan ribuan bahkan mungkin jutaan spesies yang tersebar di berbagai penjuru dunia, harusnya kita sudah tak asing dengan pemanfaatan bambu sebagai bahan baku industri mebel. Sayangnya, realita berkata lain. Karena itulah, pada tulisan kali ini diangkat tema mengenai 5 bambu yang bagus untuk furniture. Apa saja kelima bambu tersebut?

Kingdom tumbuh-tumbuhan terdiri dari sangat banyak kelompok tanaman. Ada kelompok tanaman perdu, pohon, hingga rerumputan. Dari berbagai kelompok itu, bambu merupakan tanaman yang termasuk dalam golongan rerumputan. Tanaman ini hidup dalam rumpun, memiliki tunas, dan memiliki nodal atau buku-buku. Bahkan menurut beberapa penelitian terkini, bambu termasuk kelompok rerumputan yang tua karena beberapa karakteristiknya.

Namun, berbeda dengan rerumputan kebanyakan, bambu bisa tumbuh sangat tinggi sebagaimana pohon. Dan itulah yang membuat tanaman ini sangat spesial.

Di berbagai belahan di dunia, tanaman ini umumnya ditemukan di area tropis. Meski demikian, di Asia Pasifik, bambu bisa ditemukan di daerah sub tropis seperti Jepang, Korea, dan China bagian utara.

Di masyarakat, tanaman ini sudah digunakan untuk berbagai kebutuhan. Ada yang menggunakannya untuk bahan makanan, senjata, perabot, wadah minuman, hingga untuk tanaman hias. Tentu tak semua bambu bisa dimanfaatkan manusia. Terdapat beberapa jenis bambu yang lebih populer karena karakteristiknya yang memang unggul.

Nah, di bawah ini adalah contoh 5 jenis bambu yang populer untuk dijadikan perabot.

5 Jenis Bambu yang Bagus untuk Furniture

Bambu Betung

Sifat kokoh bambu ini adalah salah satu alasan seringnya bambu betung digunakan sebagai komponen mebel. Karena kekokohannya itu, bambu ini juga sering dimanfaatkan dalam industri konstruksi bangunan.

Bambu Yang Bagus Untuk Furniture Bambu Tutul (2)

Bambu Tutul

Bambu Tutul

Bila bambu betung unggul dengan kekokohannya, bambu tutul tampak sangat menonjol dengan tampilannya yang unik. Bambu tutul hadir dengan warna totol kecoklatan dan daya tahan yang cukup baik sehingga sangat populer dalam industri pembuatan berbagai macam perabot.

Bambu Apus

Bambu apus memiliki serat lurus yang panjang dan lentur. Karakternya ini membuat bambu apus sangat baik digunakan sebagai bahan baku pembuatan anyaman untuk kerajinan maupun komponen furniture.

Bambu Ater

Keunggulan bambu ater terletak pada warnanya yang hijau kehitaman dan tampak sangat menawan sekaligus elegan.

Bambu Gombong

Sebenarnya, bambu gombong dan ater termasuk dalam spesies yang sama. Hanya saja, tampilan bambu gombong berbeda dengan ater. Meskipun demikian, bambu ini pun tak jarang digunakan sebagai bahan baku furniture.

Dasar Pemilihan Bambu yang Bagus untuk Furniture

Harus dipahami, bahwa kelima bambu di atas hanya sebagian kecil dari berbagai bambu yang sering dimanfaatkan dalam industri pembuatan perabot. Untuk digunakan dalam industri mebel sendiri, sebenarnya kriteria yang diperlukan sederhana. Material tersebut haruslah memiliki ketahanan yang baik untuk tidak rusak dalam proses pengolahan mebel sekaligus mudah untuk diolah. Misalnya bambu tidak mudah retak dan tidak sulit dianyam (bila dimaksudkan untuk pembuatan anyaman). Sedangkan hal-hal lainnya bisa diatasi dengan perlakuan tertentu. Misalnya pengawetan bambu yang bisa diterapkan pada bambu yang kurang awet.

Bambu untuk Kebutuhan Serupa lainnya

Sebagaimana disebut di atas, bambu merupakan material alam yang banyak digunakan. Secara umum, kekuatan bambu setara dengan kayu softwood yang kuat dan beberapa jenis kayu hardwood. Sehingga, ada jenis-jenis bambu yang sangat cocok untuk dipakai sebagai bahan mebel seperti 5 macam bambu yang bagus untuk furniture di atas.

Kerajinan Anyaman Bambu

Selain dipakai dalam industri furniture, material ini juga sering digunakan untuk kebutuhan serupa lainnya. Misalnya untuk:

  1. Konstruksi bangunan. Dalam proses konstruksi bangunan, bambu memiliki beberapa fungsi sekaligus. Bambu bisa dipakai untuk rangka sementara untuk mendukung struktur yang hendak dibangun. Namun, ada kalanya bambu dipakai sebagai bahan struktur utama. Misalnya, ketika material ini dipakai untuk membuat rumah dengan tiang bambu, gazebo, hingga pergola. Untuk kebutuhan ini, kekuatan material harus benar-benar tinggi. Begitu pula dengan keawetannya. Apalagi bila bahan tersebut dipakai untuk kebutuhan outdoor seperti untuk pembuatan jembatan serta pagar.
  2. Pembuatan kerajinan. Aneka produk kerajinan bambu juga sudah marak beredar di pasaran. dan banyak pengrajin yang mengandalkan bahan ini untuk menghasilkan produk kerajinan mereka. Contoh produk kerajinan berbahan bambu antara lain lampu hias, vas bunga, asbak, figura, bunga hias, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Bersama dengan industri mebel, kedua industri di atas telah mampu memanfaatkan bahan bambu dengan baik. Masyarakat pun mendapatkan manfaatnya. Sebab selain bisa menyuplai produk berkualitas dan meningkatkan devisa negara, industri-industri itu juga bisa menyerap tenaga kerja.

Pengawetan Bambu Sediakan Alternatif Lebih Besar

Dengan treatment pengawetan, pilihan kita akan bambu yang bagus untuk furniture juga semakin besar.  Lantaran, kita bisa memanfaatkan bambu-bambu cantik yang sebelumnya tidak digunakan karena mudah diserang hama. Aplikasi treatment pengawetan yang dilakukan dengan meresapkan obat antihama akan membuat material tersebut tidak mudah rusak sehingga industri mebel dan masyarakat awam tidak rugi. Tetapi, tentu saja diperlukan obat antihama berkualitas. Agar bambu tahan dari jamur misalnya, obat yang kami rekomendasikan adalah BioCide. Jangan gunakan obat sembarangan bila Anda ingin kualitas bambu yang baik!

Apa itu BioCide Antifungal?

Pada dasarnya, pengawetan bambu, termasuk pengawetan untuk 5 macam bambu yang bagus untuk furniture di atas, dilakukan dengan prinsip yang sederhana. Obat seperti BioCide hanya perlu diresapkan ke material bambu itu sendiri. Cara peresapannya bisa dilakukan dengan perendaman, pemulasan, hingga dengan dicampurkan ke bahan finishing.

Jamur Permukaan Bambu

Bila peresapan dilakukan dengan baik, hasilnya bambu menjadi tahan terhadap serangan hama jamur, baik itu jamur stain (noda seperti blue stain) ataupun jamur pelapuk. Varian BioCide sendiri bisa dibagi menjadi dua, yaitu:

BioCide Wood Fungicide

Pernahkah Anda melihat bambu yang berwarna kebiruan hingga kehitaman? Warna tersebut tampak jelek dan tak bisa dihilangkan meski sudah digosok-gosok. Bila iya, kemungkinan besar, bambu tersebut telah terkena jamur noda atau stain. Jamur seperti ini akan merusak keindahan bambu Anda sehingga bersifat sangat merugikan.

BioCide Wood Fungicide sebagai antijamur yang kami rekomendasikan bisa Anda andalkan untuk mencegah masalah jamur stain ini. Aplikasi BioCide Wood Fungicide bisa dilakukan dengan pemulasan hingga perendaman.

BioCide Surface Film Preservative

BioCide SFP adalah varian kedua fungisida BioCide yang kami rekomendasikan. Produk ini sangat handal untuk mencegah jamur pada 5 macam bambu yang bagus untuk furniture di atas.
BioCide SFP memiliki fungsi yang berbeda dengan BioCide Wood Fungicide. Bila BioCide Wood Fungicide bisa dipakai untuk anti jamur stain, BioCide SFP cocok digunakan untuk anti jamur pembusuk.

Jenis jamur pembusuk bambu sendiri sangat banyak. Ada yang berupa ala kancing, telinga, hingga berbentuk benang seperti jamur tempe. BioCide SFP bisa dipakai untuk membasmi jamur-jamur tersebut. Selain itu, produk ini juga bersifat anti lumut sehingga cocok untuk produk bambu outdoor. Sebagai bahan pencegah jamur, BioCide SFP pun dapat digunakan dengan dicampurkan bahan finishing.

Biocide

Pesan BioCide Sekarang juga!

Pengawetan bambu, terutama saat hendak dipakai dalam industri komesil sangatlah vital. Dan karenanya, pemilihan obatnya pun tak bisa dilakukan sembarangan. Untuk, antijamur, produk fungisida terbaik yang bisa diandalkan adalah BioCide Surface Film Presrevative dan BioCide Wood Fungicide.

Kedua produk ini bisa Anda beli dengan mudah lho. Tak perlu repot-repot lagi, sekarang Anda sudah bisa membeli kedua produk itu secara online. Namun jangan khawatir, sebab konsultasi tetap bisa dilakukan dengan intens dan baik. Anda bisa menelepon CS kami atau mengirimi kami email untuk meminta informasi lebih lanjut.

Selain bisa memberikan keterangan yang memadai, kami juga siap memberikan data yang diperlukan seperti TDS dan MSDS produk.
Bagaimana bila ingin membeli secara langsung? Tentu saja bisa.

Malah, kami selalu menanti kedatangan pelanggan Bio Industries di Bio Service Point. Saat ini, Bio Service Point sudah terdapat di beberapa kota. Anda juga bisa membeli lewat agen kami lho. Tapi sebaiknya tanya dulu ke CS kami agar Anda bisa bertransaksi dengan agen kami yang terpercaya.

Berikut ini alamat Bio Service Point:

  1. Yogya: Jalan Sidikan no 94 Sorosutan Yogyakarta
  2. Jepara: Jalan Raya Kudus km. 9a, Ngabul, Tahunan, Jepara 59417
  3. Cirebon: Jl Escot No.42, RT.014/RW.04, Tegalwangi, Weru, Cirebon 45154

Simpulan

Dari penjelasan panjang di atas, ada beberapa poin yang bisa kita jadikan sebagai intisari sebagai berikut.

  1. Terdapat berbagai golongan tanaman dalam Kingdom Plantae. Salah satunya adalah kelompok rerumputan.
  2. Secara umum, golongan rerumputan memiliki ukuran yang kecil. Namun, tidak demikian dengan bambu. Meski hidup dalam rumpun, bertunas, dan berbuku-buku, bambu bisa tumbuh sangat tinggi.
  3. Tanaman bambu ditemukan di berbagai belahan dunia, terutama di wilayah tropis. Tanaman ini telah dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan. Salah satunya dalam usaha pembuatan furniture.
  4. Dari berbagai jenis bambu di dunia sendiri, jelas tidak semuanya bisa dipakai untuk membuat furniture. Lima macam bambu yang bagus untuk furniture adalah betung, ater, tutul, gombong, dan apus.
  5. Agar pemanfaatan bambu lebih optimal, sebaiknya diterapkan treatment pengawetan. Untuk pengawetan yang bertujuan pada perlindungan terhadap serangan jamur, gunakanlah BioCide Wood Fungicide dan BioCide Surface Film Preservative.

Kurang lebih itulah informasi yang bisa kami bagikan di kesempatan kali ini. Semoga informasi mengenai 5 macam bambu yang bagus untuk furniture ini bermanfaat, ya.

Artikel "Anti Jamur Kayu"

About Us

Antijamur.net merupakan akan obat anti jamur ramah lingkungan untuk merawat kayu baik kayu basah maupun kering atau sudah menjadi perabot. Produk Antijamur.net sangat efektif untuk merawat perabot/bangunan.

©2015 - 2019 AntiJamur.net - All Right Reserved.