Ini Cara Mengatasi Noda Jamur Blue Stain dengan Pemutih Kayu WA-250

Mengatasi jamur blue stain sangat sulit atau bahkan tidak bisa dilakukan. Aplikasikan cara menyamarkan noda jamur blue stain dengan pemutih kayu atau wood bleaching sebagai solusi yang lebih rasional dilakukan.

Tahukah Anda bahwa milyaran US Dollar raib tiap tahunnya akibat serangan jamur? Itu di Amerika Serikat dengan data yang jelas dan kondisi yang lebih kering. Di Indonesia, kita bisa berasumsi bahwa kondisinya jauh lebih parah.

Ya, pada akhirnya sulit sekali memungkiri bahwasanya jamur adalah salah satu organisme perusak kayu yang patut diwaspadai keberadaannya. Berdasarkan jenis kerusakannya, terdapat dua jenis jamur hama kayu, yakni jamur decay dan jamur stain atau noda. Jamur decay adalah jamur pembusuk kayu yang biasa kita kenal sehari-hari.

Sedangkan jamur stain adalah jenis jamur yang hanya menimbulkan cacat warna pada kayu. Contoh jamur stain yang sering dianggap sebagai momok perusahaan-perusahaan kayu adalah jamur blue stain.

Dikutip dari USDA Forest Service, jamur blue stain tampak berwarna biru kehijauan pada permukaan kayu. Ia terkait erat dekat dengan jamur stain lain yang sering menimbulkan berbagai warna pada kayu seperti hitam, coklat, hingga abu-abu.

Dalam taksonomi, yang dimaksud sebagai jamur blue stain sendiri adalah jamur yang termasuk dalam genus Ophiostoma dan Ceratocystis.

Aplikasikan Cara Menyamarkan Noda Jamur Blue Stain Dengan Pemutih Kayu Atau Wood Bleaching WA 250.

Meskipun kerusakan yang ditimbulkan jamur blue stain terkesan sepele, nyatanya jamur ini bisa menimbulkan sebuah perusahaan kayu mengalami kebangkrutan. Infeksi jamur blue stain akan membuat daya jual kayu turun drastis karena terdapat cacat warna pada kayu-kayu tersebut.

Apalagi, cara menghilangkan noda jamur blue stain tidak sesimpel seperti saat menghilangkan noda jamur permukaan. Jamur blue stain tidak akan hilang meski permukaan kayu diamplas dengan keras. Jamur ini terpenetrasi di dalam substrat kayu dan bersifat mikroskopis.

Daripada mencoba menghilangkan noda jamur ini, akan lebih efektif bila diaplikasika cara menyamarkan noda jamur blue stain. Berikut ini akan dijelaskan cara menyamarkan noda jamur blue stain dari permukaan kayu dengan pemutih kayu, WA-250.

Prosedur Aplikasi Mengatasi Jamur Blue Stain dengan Pemutih Kayu WA-250

White Agent (WA-250).
  • Siapkan kayu dan semua alat serta bahan yang diperlukan.
  • Bila dirasa perlu, tambahkan air dengan komposisi 1 : 1 untuk menurunkan konsentrasi WA-250.
  • Aplikasikan ke seluruh permukaan kayu dengan merata. Lakukan dengan cara merendam lalu mencucinya. Bila hal itu tidak memungkinkan, aplikasikan dengan cara dikuas atau disemprot. Pastikan seluruh permukaan kayu terkena.
  • Tunggu sampai setengah kering. Biarkan laruta WA-250 mengangkat warna kayu selama kurang lebih 2 jam. Selama proses itu berlangsung, warna kayu akan terlihat lebih gelap. Agar warna kayu menjadi terang, aplikasikan kembali pemutih kayu WA-250.
  • Tunggu selama 4-6 jam. Proses bleaching atau pemutihan akan memberikan hasil optimal setelah rentang waktu tertentu.
  • Setelah warna kayu putih terang didapatkan sekaligus noda blue stain tertutupi, keringkan kayu dengan cara dijemur atau dalam ruang pengeringan dengan suhu ≤ 600C sampai mendapatkan MC kayu yang disyaratkan.

Demikian 6 langkah cara menyamarkan noda jamur blue stain dengan pemutih kayu atau wood bleaching WA-250.

Sebentar, Apa itu WA-250untuk Mengatasi Jamur Blue Stain?

Di atas sudah dijelaskan langkah-langkah mengatasi noda kebiruan pada kayu yang diakibatkan oleh blue stain. Namun sebagain dari Anda mungkin masih bertanya-tanya mengenai White Agent WA-250.

WA-250 pada dasarnya adalah produk bleaching kayu. Fungsinya tentu saja bukan hanya untuk menyamarkan noda stain fungus. Di luar itu, WA-250 juga menawarkan berbagai manfaat yang lain seperti untuk menyeragamkan warna kayu, membuat kayu yang gelap lebih cerah, sampai menyamarkan noda non jamur.

WA-250 tidak menggunakan H2O2 alias Hidrogen Peroksida lho. Dus, produk ini menawarkan kelebihan dari aspek keamanannya. Proses pemutihan produk ini juga tidak bergantung pada cahaya matahari. Dengan demikian, kerja Anda tidak akan terhambat hanya karena cuaca yang tidak mendukung.

Pencegahan Jamur Blue Stain dengan BioCide Wood Fungicide

Fungisida Biocide Wood Fungicide

Penggunaan WA-250 untuk mengatasi jamur blue stain memang sangat efektif. Dan bukan sekali ini kami merekomendasikannya untuk Anda. Hanya saja, bila Anda tak mau repot-repot melakukan hal tersebut, Anda bisa mencegah kehadiran jamur tersebut saja.

Sebab, meski sangat bagus, namun WA-250 kadang akan mengubah warna kayu. Katakanlah Anda menanam kayu yang warnanya memang gelap. Dan di pasaran, kayu tersebut terkenal dengan warna gelapnya yang indah. Namun karena terkena blue stain, Anda harus mencerahkannya.

Bila Anda tak mau persoalan pelik itu menimpa Anda, sebaiknya lakukan pencegahan sebelum semuanya terlambat. Gunakanlah BioCide Wood Fungicide pada kayu.

BioCide Wood Fungicide adalah fungisida atau obat antijamur cair. Anda bisa menggunakannya dengan cara mengoleskannya pada kayu yang baru ditebang, terutama di bagian bukaan. Selanjutnya, untuk treatment yang lebih baik, rendamlah kayu gergajian yang sudah dikeringkan pada cairan BioCide Wood Fungicide.

Kontak dan Pemesanan BioCide dan WA-250

Untuk kontak dan pemesanan, silahkan hubungi Customer Care kami di +62.274.388.301 dan email di [email protected] Pembelian dengan cara tersebut kami siapkan sebagai opsi pembelian secara online. Kami menyediakan opsi pesan online BioCide dan WA 250 untuk menjangkau pelanggan kami di berbagai wilayah di Indonesia.

Sedangkan untuk pembelian secara langsung, Anda bisa ke Bio Service Point dan agen-agen kami. Untuk pembelian di Bio Service Point, alamatnya di Yogyakarta, Jepara, dan Cirebon. Sedangkan agen kami lebih tersebar di beberapa kota. Jadi silahkan hubungi CS kami, dan CS akan menginformasikan alamat agen yang paling dekat dengan Anda. Namun bilapun tak ada yang dekat, langsung saja melakukan pembelian secara online. Apapun cara belinya, kami selalu hadir dengan produk dan layanan terbaik untuk Anda.

Penutup

Dari pembahasan panjang di atas, ada beberapa poin yang bisa kita simpulkan:

  1. Bukan cuma jamur pembusuk yang bisa merusak kayu. Blue stain pun bisa merugikan Anda.
  2. Blue stain memang tidak melapukkan kayu. Akan tetapi jamur ini bisa mengubah warna kayu menjadi bernoda jelek.
  3. Untuk mengatasi jamur blue stain ini, Anda bisa menggunakan WA-250, pemutih kayu tanpa hidrogen peroksida yang manjur digunakan.
  4. Namun, ada baiknya mencegah daripada mengobati. Oleh sebab itulah, sebelum jamur ini menyerang, gunakan BioCide Wood Fungicide.
  5. Kedua produk tersebut bisa Anda pesan secara online di antijamur.net atau secara langsung di Bio Service Point.

Semoga informasi ini bermanfaat!

 

Artikel "Anti Jamur Kayu"

About Us

Antijamur.net merupakan akan obat anti jamur ramah lingkungan untuk merawat kayu baik kayu basah maupun kering atau sudah menjadi perabot. Produk Antijamur.net sangat efektif untuk merawat perabot/bangunan.

©2015 - 2019 AntiJamur.net - All Right Reserved.