8 Manfaat Tanaman Bambu dari Sisi Ekologis hingga Industri

Apa saja manfaat tanaman bambu? Mari simak penjelasan di bawah ini untuk mengetahui kegunaan tumbuhan tersebut dari sisi komersil hingga ekologis.

Bambu adalah salah satu tanaman yang sangat banyak ditemukan di Indonesia. Kecuali di kota-kota besar, kebanyakan orang pasti mengenali tanaman ini dengan mendalam. Mereka tahu penampakannya, ciri-cirinya, hingga beberapa kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari.

Bambu sendiri merupakan sebuah tanaman yang unik. Tanaman ini bukanlah termasuk dalam kategori pohon sebab batangnya tidak menunjukkan struktur batang yang khas. Bukannya padat dengan sel-sel kayu, batang bambu berungga dan berbuku-buku.

Secara ilmiah, bambu sendiri memang termasuk golongan rumput-rumputan. Hal ini tak mengherankan apabila kita melihat aneka ciri bambu yang memang mirip kelompok rerumputan. Misalnya saja bentuk daunnya, pertunasannya, dan sifatnya yang tumbuh menggerombol.

Ini 8 Manfaat Tanaman Bambu

Hingga saat ini, manusia telah menggunakan bambu untuk berbagai kebutuhan. Bambu tidak sekadar digunakan untuk membuat meja, namun kadang juga ditanam di taman agar façade terlihat cantik.

Apa saja manfaat bambu yang lain? Agar lebih jelas, silahkan simak beberapa contohnya di bawah ini.

1. Manfaat di Bidang Konstruksi Bangunan

Banyak bangunan rumah tradisional dan semi permanen menggunakan bahan bambu. Memang, secara umum kekuatan dan kekokohan bambu masih kalah dibanding kayu. Namun, khusus untuk kebutuhan konstruksi, bambu yan dipilih pun tidak sembarangan. Selain itu, idealnya bambu juga sudah berusia tua serta ditreatment.

Pemanfaatan bambu untuk membuat suatu bangunan sendiri sebetulnya bisa dibagi menjadi dua. Pertama, untuk mendukung rangka. Dan kedua sebagai elemen pada bangunan tersebut. Kualitas bambu yang harus diperhatikan dengan sungguh-sungguh adalah ketika bahan itu dipakai untuk mendukung rangka.

Lantas apa yang membuat penggunaan bambu untuk bangunan berbeda dengan kayu? Tak banyak sebenarnya. Namun cukup signifikan. Salah satunya dari segi estetika. Keindahan yang diberikan bambu berbeda dengan kayu. Keindahan yang dihadirkan bambu umumnya lebih bersifat etnik dan khas Asia.

2. Manfaat Ekologis

bambu yang bagus untuk furniture bambu tutul (2)

Bambu Tutul

Manusia memang sangat familiar dengan manfaat tanaman bambu untuk membuat bangunan. Namun, di alam sana, tanaman ini pun memiliki guna tersendiri.

Iklan Biothane utama

Bambu bisa memberikan naungan untuk berbagai binatang seperti serangga, burung, ayam, hingga biawak. Rumpun bambu yang rimbun adalah tempat bersembunyi para binatang tersebut dari serangan predator.

Selain itu, di pinggiran sungai, keberadaan bambu bisa menahan erosi. Akar tanaman ini akan membuat tanah yang berbatasan langsung dengan sungai tidak mudah tergerus oleh aliran air. Coba saja perhatikan sungai-sungai di daerah persawahan.

Areal sawah sangat rentan terhadap erosi. Namun untungnya, sungai-sungai yang melewati sawah tersebut seringkali ditumbuhi aneka pepohonan seperti bambu.

 

3. Manfaat Tanaman di Industri Furniture

Bambu adalah bahan kedua setelah kayu yang banyak digunakan untuk membuat mebel. Misalnya saja untuk membuat kursi, meja, almari, dipan, hingga rak sepatu.

Sebagaimana ketika digunakan untuk konstruksi bangunan, bambu pun memberikan nuansa yang lebih khas Asia. Sehingga material ini patut sekali dipilih sekiranya Anda ingin memproduksi furniture dengan gaya Indonesia, Jepang, atau malah China.

pengawet bambu
Pengawet bambu berkualitas dan stabilitas tinggi memiliki peranan yang penting untuk meningkatkan kualitas produk bambu.Pengawetan bambu dibutuhkan untuk mendukung kualitas produk bambu, seperti bangunan maupun kerajinan bambu.

Dari segi pengolahannya sendiri, pada umumnya bambu mudah dikerjakan. Hanya saja, penggunaan paku harus dilakukan esktra hati-hati. Bila bambu terlalu kecil dan tak kuat, bisa-bisa bambu malah rusak dengan memberikan bekas retak yang tidak bagus.

4. Manfaat di Bidang Pertanaman

Manfaat tanaman bambu juga bisa dilihat di bidang pertanaman. Ya, bambu bisa ditanam di depan rumah atau sisi halaman agar terkesan lebih asri. Namun tentu saja, tak semua bambu bisa digunakan sebagai tanaman hias. Hanya beberapa jenis bambu saja yang bisa dipakai untuk kebutuhan ini. Misalnya saja bambu kuning yang memang terkenal indah.

5. Manfaat Tanaman Bambu di Bidang Kerajinan

Bambu juga bisa digunakan untuk membuat beragam kerajinan lho. Misalnya saja untuk membuat tempat pensil, wadah lilin, vas bunga, hingga hiasan gantung.

Kerajinan-kerajinan tersebut sangat beragam, dari kerajinan untuk dekorasi secara umum hingga kerajinan bernilai seni tinggi. Dan karena bentuknya yang unik (silinder berlubang), seringkali para pengrajin mengoptimalkan sisi tersebut. Sehingga kita sering mendapati kerajinan bambu digunakan untuk membuat aneka wadah.

Padahal, pemanfaatan bambu untuk bidang craft sebenarnya bisa jauh lebih luas. Misalnya digunakan untuk membuat anyaman dengan pola yang rumit.

manfaat tanaman bambu

6. Bahan Bakar

Meski sederhana, namun penggunaan bambu sebagai bahan bakar juga cukup signifikan membantu manusia membangun peradabannya. Ya, coba bayangkan bila manusia tak bisa membuat api dan membakar benda untuk sekadar memasak.

Kehidupan kita pasti tak akan semaju saat ini. Oleh karena itulah, guna suatu material untuk dijadikan bahan bakar bukanlah guna yang useless. Justru hal ini menunjukkan aspek sejarah yang cukup menarik.

Bambu sendiri digunakan sebagai bahan bakar karena sifatnya yang memang lebih mudah terbakar. Dibandingkan dengan kayu yang lebih padat dan lama dikeringkan, bambu secara umum lebih cepat dilahap oleh bara api.

Lindungi Bambu dengan BioCide Wood Fungicide

Tak bisa dipungkiri bahwa manfaat tanaman bambu memang tidak sedikit. Hal itupun didukung dengan karakteristiknya yang secara umum memang bagus. Namun perlu dipahami bahwa bahan ini bukanlah bahan yang sempurna.

Bambu dalam pengolahannya menjadi mebel dan kerajinan rentan diserang jamur blue stain. Padahal jamur ini bisa merusak estetika seuah bahan.

Dalam hal ini, treatment antijamur stain sangat disarankan. Dan untuk keperluan itu, kami menawarkan kepada Anda, BioCide Wood Fungicide. Produk ini bisa dioleskan ke seluruh permukaan bambu, atau dengan cara dijadikan rendaman untuk bahan bambu tersebut.

fungisida biocide wood fungicide

Yang Membuat BioCide Wood Fungicide Unggul

Bukan tanpa alasan BioCide Wood Fungicide disarankan. Berikut ini beberapa kelebihannya:

  1. Produk ini memiliki cara kerja yang sngat efektif dalam memberikan perlindungan
  2. Selain bisa digunakan untuk mencegah jamur noda, BioCide Wood Fungicide juga bisa digunakan untuk mengatasi beberapa jenis bakteri pembusuk kayu yang sangat destruktif
  3. Produk ini sangat hemat digunakan dengan harga yang juga terjangkau
  4. Penggunaannya tak menyebabkan kayu jadi licin, bau, atau jadi sulit dicat
  5. Produk ini bisa memberikan perlindungan dalam jangka waktu yang lama
  6. Produk mudah menyebar dalam memberikan proteksi pada kayu
  7. Bisa digunakan dengan berbagai metode dari metode pemulasan sampai metode perendaman dan juga vakum tekan

Cara Pesan BioCide Wood Fungicide

Pesan dan nikmati berbagai keunggulan BioSoCide Insecticide segera. Anda bisa melakukan pemesanan dengan menghubungi CS kami. Dengan segera CS akan memroses pesanan Anda dan memandu Anda untuk melakukannya.

Atau, Anda juga bisa berkunjung ke Bio Service Point sekiranya ingin membeli produk kami secaara langsung. Pembelian via toko daring juga bisa dilakukan lho. Yang pasti, usahakanlah untuk membeli dengan teliti agar tidak mendapatkan BioCide yang palsu. Jadi, Anda bisa memaksimalkan manfaat tanaman bambu dengan produk kami!

Iklan Biothane utama alterntif text
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn