Memiliki furniture kayu namun warnanya tidak seragam? Solusinya anda membutuhkan bleaching furniture. Apa itu bleaching dan bagaimana mengaplikasikan bleaching pada furnitur dengan baik? Penjelasanya ada di artikel ini.

Dalam rantai produksi furnitur kayu kadangkala kayu tidak melewati fase pengawetan karena tingginya permintaan pasar. Sehingga menimbulkan jenis jenis kayu yang memang mudah diserang hama atau sejak awal menunjukan warna yang tidak merata.

CS Anti Jamur

Jamur subtrat kayu ataupun jamur permukaan pada kayu dapat menimbulkan bekas. Noda akibat serangan jamur ini kadang bisa hilang dengan menggunakan obat jamur kayu. Namun jika kondisinya sudah demikian parah, noda tersebut tidak bisa dihilangkan begitu saja.

Jika furnitur sudah terboda sedemikian rupa solusi yang bisa dilakukan dengan tepat adalah menggunakan bleaching furniture. Teknik ini merupakan teknik menyeragmkan warna kayu. Ada yang mengatakan bleaching adalah memutihkan kayu.

Mengapa Furniture Perlu Di Bleaching?

Umunya dalam kasus yang ditemui di lapangan, melaukan bleaching atau pemutihan furnitur dilakukan sebagai tindakan pertolongan pertama bukan dari bagian memurnikan furnitur itu seperti sedia kala. Jika furnitur kayu telah ternoda olah bekas noda noda gelap, bintik bintik hitam atau putih, warnanya tidak merata atau bahkan noda itu masuk kedalam substrat kayu dan tidak hilang ketika menggunakan obat, sudah saatnya anda melakukan bleaching kayu.

Selain itu bleaching furnitur juga dapat dilakukan sebagai alternatif untuk meratakan dua warna furnitur atau lebih. Atau mmebuat kayu yang gelap menjadi lebih terang tanpa ada masalah pada kayu tersebut. Kegiatan ini merupakan bagian dari proyek untuk merestorasi furnitur yang ada di rumah anda.

Dalam melakukan bleaching untuk furnitur kayu hal yang tak alah penting diperhatikan adlah memilih jneis pemutihnya. Oleh karena itu pastikan nada jangan salah memilih pemutih dan teknik memutihkan kayu tersebut. Pelajari tips dibawah ini untuk mendapatkan kiat kiatnya dengan baik.

Tips Memilih Jenis Bleaching Untuk Furnitur

Selama ini untuk melakukan bleaching funritur menggunakan hidrogen peroksida. Bahan kimia ini justru menimbulkan efek korosif pada kayu. Hasilnyapun kadang tidak memuaskan. Tidak memubat kayu menjadi putih justru membuat kayu nampak kemerahan. Hasilnya biasanya membuat kayu berwarna merah muda pucat.

Tidak hanya itu hidrogen proksida juga lebih rentan menyebabkan iritasi di kulit. Oleh karena itu muncul alternatif terbaru untuk memutihkan furnitur dengan menggunakan bleaching kayu yang tepat.

Rekomendasi terbaik untuk memilih bleaching kayu dinataranya haru memiliki beberapa sarat seperti   mampu memutihkan dengan hasil yang natural, tidak menyebabkan karat atau korosi, tidak menimbulkan iritasi, hasil kayu tersebut cerah natural. Aplikasi praktis dan lebih ramah lingkungan/

Semua kriteria tersebut ada pada white agent 250 atau biasa disebut WA 250. Bleaching furniture kayu yang satu ini merupakan alternatif terbaik pengganti hidrogen peroksida yang jauh lebih aman dan efektif. Bahkan WA 250 tidak membutuhkan sinar matahari untuk menjemur furnitur dalam melakukn proses bleaching. Aplikasi juga mudah dan dapt digunakan pda semua jenis kayu.

Produk ini dibuat dengan bahan aktif sodium hipolklorit yang membuat kayu nampak lebih cerah, memudarkan noda hitam dan menyeragamkan warna akibat jamur atua noda lainya. Aplikasinya cukup di encerkan ke dalam air sesuai takaran dengan cara direndam, di oles atau bahkan di semprot dengan waktu yang singkat.

Nah berikut ini cara melakukan bleaching furnitur kayu dengan menggunakan WA 250:

  1. Encerkan larutan wa 250 dengan perbandingan 1:1 antar air dengan white agent yang digunakan
  2. Cara mengaplikasikanya ke permukaan furntur dengan cara direndam sembari di cuci, namun jika hal tersebut tdiak bisa dilakukan, anda bisa melakukanya dengan cara mengkuas bagian furnitur tersebut. Aplikasikan white agent secara merata
  3. Biarkan white agent bekerja hingga setengah kering. Proses ini disebut aging time. Saat proses ini tidak perlu dan jangan terkena paparan sinar matahari langsung. Proses ini berlangsung kurang lebih 2 jam. Saat memasuki proses aging time mungkin anda akan melihat warna kayu yang sedikit lebih gelap
  4. proses bleaching akan berlangsung selama kurang lebih 4 hingga 6 jam
  5. nah jika setelah proses pengeringan warna di rasa masih terlalu gelap, anda bisa juga melakukan aplikasi ulang sehingga diperoleh warna yang di inginkan.
  6. Jika warna yang di inginkan sudah muncul, siram furnitur pada air yang mengalir agar reaksi kimia yang berlangsung pada kayu berhenti. Selain itu anda juga bisa menjemur kayu dalam pada ruang pengering dengan suhu kurang dari 60 derajat atau sampai mendapatkan tinkat MC kayu yang di ingikan

Pada dasarnya WA 250 sangat mudah di encerkan dengan menggunakan air bersih dengan PH 7. Hal ini dilakukan untuk menurunkan konsentrasi larutan WA tersebut. Semakin rendah konsentrasi white agent maka akan semakin rendah pula efektifitas kerja white agent. Hal ini berbanding lurus dengan hasil kecerahan yang akan di hasilkan. Oleh karena itu semakin tidak banyak pengencernya maka akan semakin bagus hasilnya atau akan menghasilkan warna terang yang lebih cepat.

Dalam penggunaan bleaching kayu WA 250, sebaiknya anda memperhatikan beberapa detail berikut ini:

  1. Pastikan bahwa anda tidak menjemur atau mengeringkan kayu pada saat proses aging atau perendaman saat reaksi WA 250 sedang berlangsung
  2. Larutan white agent sebaiknya tidak di campur dengan bahan kimia yang lain terutama yang bersifat asam atau nilai ph nya kurang dari 7.

Bleaching furniture kayu dilakukan jika memang anda menginginkan perubahan pada furniture atau warna kayu anda. Mengapa ? karena hasil dari proses bleaching bersifat permanen dan tidak bisa dikembalikan ke warna sebelumnya. Jadi kayu akan benar benar bersih dan putih. Selanjutnya tinggal anda akan memolesnya menjadi seperti apa.

Pastikan anda menggunakan pelindung diri seperti masker dan sarung tangan selama proses aplikasi. Produk ini memang tergolong dalam jenis bahan pemutih kayu yang aman, namun tetap saj anda harus waspada dan menjaga kesehatan diri. Karena bisa saja menyebabka iritasi pada kulit.

Sekit tips saat melakukan aplikasi proses pemutihan dengan white agent,  saat memutihkan gunakan sikat halus dan benar benar mampu membasahi skeujur kayu atau funritur yang di bleaching. Jangan sampai ada bagian yang masih kering. Karena bagian yang kering tersebut nantinya justru akan membuat warna menjadi tidak seragam kembali.

Biarkan proses pemutihan berlangsung sesuai indikasi yang telah kmai jelaskan. Jangan mengganggu proses pemutihan yang sedang berlangsung. Pasalnya hal ini bisa saja justru membuat proses menjadi gagal. Pastikan walaupaun berada di ruangan yang tidak terkena cahaya matahari langsung saat merendam furniture dengan white agent tetapi masih ada ruang untuk ventilasi udara sehingga tidak pengap.

CS Anti Jamur