Tips Melakukan Bleaching Furniture Kayu

Memiliki furniture kayu namun warnanya tidak seragam? Solusinya anda membutuhkan bleaching furniture. Apa itu bleaching furniture kayu dan bagaimana mengaplikasikan bleaching pada furnitur dengan baik? Penjelasannya ada di artikel ini.

Dalam rantai produksi furnitur kayu kadangkala kayu tidak melewati fase pengawetan karena tingginya permintaan pasar. Sehingga menimbulkan jenis jenis kayu yang memang mudah diserang hama atau sejak awal menunjukan warna yang tidak merata.

Salah satu hama yang rentan menyerang pada situasi tersebut adalah sap stain atau kadang juga disebut dengan nama jamur noda.

Jamur subtrat kayu ataupun jamur permukaan pada kayu dapat menimbulkan bekas. Noda akibat serangan jamur ini kadang bisa hilang dengan menggunakan obat jamur kayu. Namun jika kondisinya sudah demikian parah, noda tersebut tidak bisa dihilangkan begitu saja.

Bleaching Furniture Kayu
Blue stain di kayu

Varian jamur stain sendiri ada sangat banyak. Namun perubahan warna umumnya ditimbulkan oleh dua golongan jamur, yakni golongan Acomycetes dan golongan Deuteromycetes.

Hingga hari ini, tercatat 100 hingga 250 jenis jamur sap stain yang berbeda-beda. Kelompok yang umum ditemukan menyerang kayu adalah Ceratocystis (Acomycetes), Aureobasidium (Deuteromycetes), Alternaria (Deuteromycetes), dan juga Cladosporium (Deuteromycetes). Tak jarang pula, warna noda yang ditimbulkan disebabkan oleh serangan lebih dari 1 jenis jamur.

Jamur-jamur tersebut menyebar melalui berbagai medium. Ada yang menggunakan medium angin di mana spora jamur akan terbawa dari satu kayu ke kayu yang lain, namun ada juga yang menggunakan medium kumbang. Dalam hal ini, kumbang akan memakan kayu yang terinfeksi jamur stain lalu menulari kayu yang lain ketika memakan kayu lain tersebut.

Warna yang ditimbulkan jamur stain pada umumnya adalah hitam dan kebiruan. Namun, ada kalanya warna yang timbul adalah coklat tua, coklat muda, kehijauan, oranye, dan masih banyak lagi. Yang jelas, warna-warna ini biasanya terlihat jelek seperti ketika tembok terserang black mold atau jamur hitam. Bau kayu pun berubah menjadi lebih apek.

Serangan Jamur Stain pada Berbagai Produk Mebel

Jamur stain bisa merusak berbagai produk. Jamur ini bisa merusak kayu yang baru ditebang hingga mebel yang baru saja selesai difinish. Kerugian yang diderita jelas sangat besar. Dan jika furniture sudah terboda sedemikian rupa solusi yang bisa dilakukan dengan tepat adalah menggunakan bleaching furniture. Teknik ini merupakan teknik menyeragmkan warna kayu. Ada yang mengatakan bleaching adalah memutihkan kayu.

alterntif text

Mengapa Perlu

Bleaching Furniture Kayu?

Umunya dalam kasus yang ditemui di lapangan, melaukan bleaching atau pemutihan furnitur dilakukan sebagai tindakan pertolongan pertama bukan dari bagian memurnikan furnitur itu seperti sedia kala. Jika furnitur kayu telah ternoda olah bekas noda noda gelap, bintik bintik hitam atau putih, warnanya tidak merata atau bahkan noda itu masuk kedalam substrat kayu dan tidak hilang ketika menggunakan obat, sudah saatnya anda melakukan bleaching kayu.

Selain itu bleaching furnitur juga dapat dilakukan sebagai alternatif untuk meratakan dua warna furnitur atau lebih. Atau mmebuat kayu yang gelap menjadi lebih terang tanpa ada masalah pada kayu tersebut. Kegiatan ini merupakan bagian dari proyek untuk merestorasi furnitur yang ada di rumah anda.

Singkat kata, manfaat bleaching kayu pada umumnya adalah:

  1. Mengatasi kayu yang diserang jamur noda dengan cara menyamarkan warna yang ditimbulkan
  2. Mencerahkan warna kayu
  3. Menyeragamkan warna kayu agar produk yang dihasilkan identik (ini penting untuk pembuatan industri seperti furniture)

Dalam melakukan bleaching untuk furnitur kayu hal yang tak alah penting diperhatikan adalah memilih jneis pemutihnya. Oleh karena itu pastikan nada jangan salah memilih pemutih dan teknik memutihkan kayu tersebut. Pelajari tips dibawah ini untuk mendapatkan kiat kiatnya dengan baik.

Tips Memilih Jenis Bleaching Furniture Kayu

Selama ini untuk melakukan bleaching funritur menggunakan hidrogen peroksida. Bahan kimia ini justru menimbulkan efek korosif pada kayu. Hasilnyapun kadang tidak memuaskan.

Bleaching Furniture Kayu
iritasi hidrogen peroksida

Tidak memubat kayu menjadi putih justru membuat kayu nampak kemerahan. Hasilnya biasanya membuat kayu berwarna merah muda pucat. Tidak hanya itu hidrogen proksida juga lebih rentan menyebabkan iritasi di kulit. Oleh karena itu muncul alternatif terbaru untuk memutihkan furnitur dengan menggunakan bleaching kayu yang tepat.

Rekomendasi terbaik untuk memilih bleaching kayu dinataranya haru memiliki beberapa sarat seperti mampu memutihkan dengan hasil yang natural, tidak menyebabkan karat atau korosi, tidak menimbulkan iritasi, hasil kayu tersebut cerah natural. Aplikasi praktis dan lebih ramah lingkungan.

Kenapa kriteria-kriteria ini penting? Mari kita simak penjelasannya.

  1. Hasil natural. Bila bleaching tidak bisa memberikan hasil warna natural, kayu akan terlihat aneh. Padahal, salah satu tujuan bleaching adalah untuk meningkatkan atau mengembalikan warna kayu. Bayangkan saja misalnya, jati dibleaching sehingga berwarna putih dengan aksen pink! Jelas hasil ini sangat aneh dan kayu yang sudah dicerahkan tersebut tak akan laku di pasaran.
  2. Tidak menyebabkan karat. Aspek ini juga sangat vital. Sebab, dalam pembuatan furniture hingga konstruksi bangunan, kayu diolah bersama dengan alat seperti paku atau elemen besi. Bila zat bleaching menyebabkan karat, tentu saja, nanti mebel tak bisa diolah dengan peralatan tersebut.
  3. Tidak menyebabkan iritasi berlebih. Keamanan produk untuk karyawan yang menerapkan bleaching jelas harus diperhatikan. Kita tak mau bukan perusahaan yang kita jalani menyebabkan petaka bagi orang lain? Di luar itu, keamanan jenis bleaching kayu yang baik juga bisa menghemat pengeluaran, karena karyawan tidak akan terluka yang bisa membuat alur produksi tidak lancar.
  4. Praktis dan mudah digunakan. Semakin praktis dan mudah digunakan, tentu proses produksi semakin cepat dan efisien.
  5. Hemat. Aspek lain yang tak kalah penting berkaitan dengan harga produk tersebut. Semakin hemat produk pemutih, tentu semakin bagus juga untuk perusahaan.

Semua kriteria tersebut ada pada white agent 250 atau biasa disebut WA 250. Bleaching furniture kayu yang satu ini merupakan alternatif terbaik pengganti hidrogen peroksida yang jauh lebih aman dan efektif. Bahkan WA 250 tidak membutuhkan sinar matahari untuk menjemur furnitur dalam melakukn proses bleaching.

Aplikasi juga mudah dan dapt digunakan pda semua jenis kayu. Produk ini dibuat dengan bahan aktif sodium hipolklorit yang membuat kayu nampak lebih cerah, memudarkan noda hitam dan menyeragamkan warna akibat jamur atua noda lainya.

bleaching furniture kayu

Aplikasinya cukup di encerkan ke dalam air sesuai takaran dengan cara direndam, di oles atau bahkan di semprot dengan waktu yang singkat. Nah berikut ini cara melakukan bleaching furnitur kayu dengan menggunakan WA 250:

  1. Encerkan larutan wa 250 dengan perbandingan 1:1 antar air dengan white agent yang digunakan
  2. Cara mengaplikasikanya ke permukaan furntur dengan cara direndam sembari di cuci, namun jika hal tersebut tdiak bisa dilakukan, anda bisa melakukanya dengan cara mengkuas bagian furnitur tersebut. Aplikasikan white agent secara merata
  3. Biarkan white agent bekerja hingga setengah kering. Proses ini disebut aging time. Saat proses ini tidak perlu dan jangan terkena paparan sinar matahari langsung. Proses ini berlangsung kurang lebih 2 jam. Saat memasuki proses aging time mungkin anda akan melihat warna kayu yang sedikit lebih gelap
  4. proses bleaching akan berlangsung selama kurang lebih 4 hingga 6 jam
  5. nah jika setelah proses pengeringan warna di rasa masih terlalu gelap, anda bisa juga melakukan aplikasi ulang sehingga diperoleh warna yang di inginkan.
  6. Jika warna yang di inginkan sudah muncul, siram furnitur pada air yang mengalir agar reaksi kimia yang berlangsung pada kayu berhenti. Selain itu anda juga bisa menjemur kayu dalam pada ruang pengering dengan suhu kurang dari 60 derajat atau sampai mendapatkan tinkat MC kayu yang di ingikan

Pada dasarnya WA 250 sangat mudah di encerkan dengan menggunakan air bersih dengan PH 7. Hal ini dilakukan untuk menurunkan konsentrasi larutan WA tersebut. Semakin rendah konsentrasi white agent maka akan semakin rendah pula efektifitas kerja white agent. Hal ini berbanding lurus dengan hasil kecerahan yang akan di hasilkan. Oleh karena itu semakin tidak banyak pengencernya maka akan semakin bagus hasilnya atau akan menghasilkan warna terang yang lebih cepat.

Dalam penggunaan bleaching kayu WA 250, sebaiknya anda memperhatikan beberapa detail berikut ini:

  1. Pastikan bahwa anda tidak menjemur atau mengeringkan kayu pada saat proses aging atau perendaman saat reaksi WA 250 sedang berlangsung
  2. Larutan white agent sebaiknya tidak di campur dengan bahan kimia yang lain terutama yang bersifat asam atau nilai ph nya kurang dari 7.

Bleaching furniture kayu dilakukan jika memang anda menginginkan perubahan pada furniture atau warna kayu anda. Mengapa ? karena hasil dari proses bleaching bersifat permanen dan tidak bisa dikembalikan ke warna sebelumnya. Jadi kayu akan benar benar bersih dan putih. Selanjutnya tinggal anda akan memolesnya menjadi seperti apa.

Pastikan anda menggunakan pelindung diri seperti masker dan sarung tangan selama proses aplikasi. Produk ini memang tergolong dalam jenis bahan pemutih kayu yang aman, namun tetap saj anda harus waspada dan menjaga kesehatan diri. Karena bisa saja menyebabka iritasi pada kulit.

Sekit tips saat melakukan aplikasi proses pemutihan dengan white agent, saat memutihkan gunakan sikat halus dan benar-benar mampu membasahi skeujur kayu atau funritur yang di bleaching. Jangan sampai ada bagian yang masih kering. Karena bagian yang kering tersebut nantinya justru akan membuat warna menjadi tidak seragam kembali.

Biarkan proses pemutihan berlangsung sesuai indikasi yang telah kmai jelaskan. Jangan mengganggu proses pemutihan yang sedang berlangsung. Pasalnya hal ini bisa saja justru membuat proses menjadi gagal. Pastikan walaupaun berada di ruangan yang tidak terkena cahaya matahari langsung saat merendam furniture dengan white agent tetapi masih ada ruang untuk ventilasi udara sehingga tidak pengap.

boat furniture

Cegah Jamur Noda dengan BioCide Wood Fungicide

Aplikasi bleaching dengan WA-250 memang mudah dilakukan. Hasilnya pun sangat baik dengan sifat yang permanen. Namun demikian, tentu saja perubahan warna kayu menjadi lebih terang tak disukai semua orang. Apalagi bila kayu yang dimaksud justru memiliki nilai jual karena warna kayunya yang khas.

Dalam hal ini, kami sangat menyerankan untuk mencegah jamur stain daripada mengatasinya. Pepatah mengatakan, “Lebih baik mencegah daripada mengobati.” Dan pencegahan jamur stain sendiri sangat bisa dilakukan sehingga Anda tak perlu repot-repot menggunakan bleaching kayu.

Pencegahan dapat dilakukan dengan treatment pengawetan sejak kayu ditebang.

  1. Setelah kayu ditebang, kayu sangat rentan diserang jamur stain, khususnya di area penebangan. Pencegahan stain fungus dapat dilakukan saat itu juga dengan mengoleskan obat anti jamur stain.
  2. Setelah kayu dipotong menjadi kayu gergajian (sawn timber), sebaiknya pencegahan jamur stain dilakukan dengan treatment yang lebih baik. Metode yang disarankan adalah perendaman dan vakum tekan.
  3. Bagi pelaku usaha mebel yang tidak yakin kayunya sudah diberi obat anti jamur stain, sebaiknya melakukan pengawetan anti jamur juga. Caranya bisa dilakukan dengan merendam kayu dalam larutan anti jamur, atau mengolesi kayu sebelum difinish.

Untuk obat antijamurnya, kami menyediakan BioCide Wood Fungicide. BioCide Wood Fungicide mengandung zat anti stain yang sangat efektif. Ketika diresapkan ke dalam kayu, obat ini bisa memberikan perlindungan dalam waktu yang lama. Kelebihan lain BioCide Wood Fungicide adalah:

  1. Sangat efektif dan memberikan perlindungan yang lama
  2. Mudah digunakan
  3. Lebih hemat
  4. Tidak menyebabkan karat seperti bleaching kayu WA-250
  5. Bisa digunakan petani kayu hingga industri pengolahannya seperti mebel, kerajinan, dan konstruksi bangunan
  6. Tidak menyebabkan kayu sulit dicat
  7. Tidak merusak estetika kayu

Ayo, Beli WA-250 untuk bleaching furniture kayu dan BioCide Wood Fungicide di antijamur.net!

Ingin membeli pemutih kayu WA-250? Atau, Anda ingin menggunakan BioCide Wood Fungicide? Baik Anda yang ingin membeli WA-250 ataupun BioCide Wood Fungicide, pembelian bisa dilakukan dengan kedua cara sebagai berikut.

  1. Pembelian via daring, yakni dengan memesan ke Customer Service kami. Atau, Anda juga bisa membeli di toko online.
  2. Pembelian secara langsung di Bio Service Point Yogyakarta, Jepara, dan Cirebon

Bagi Anda petani kayu ataupun pelaku usaha mebel dan kerajinan, kami pun siap bekerja sama lebih lanjut. Tim Bio Industries akan dengan senang hati mengunjungi perusahaan Anda untuk kerja sama yang saling menguntungkan.

Simpulan

  1. Jamur stain adalah jenis jamur yang tidak cepat membusukkan kayu. Namun jamur stain bisa merusak keindahan kayu. Jamur akan membuat kayu tampak bernoda kehitaman atau kebiruan bak tembok lama yang terserang black mold. Bau kayu pun kadang berubah menjadi apek.
  2. Untuk mengatasi jamur stain, selama ini banyak orang yang menerapkan bleaching kayu. Proses ini sejatinya memiliki banyak manfaat. Selain untuk mengatasi jamur stain, bleaching pada kayu juga dilakukan untuk mencerahkan warna kayu dan menyeragamkan warna kayu.
  3. Selama ini, bleaching sering dilakukan dengan hidrogen peroksida. Padahal, bahan ini toksik dan kadang membuat warna kayu menjadi tak natural.
  4. Diperlukan pencerah kayu yang baik yang lebih aman, memberikan hasil natural, mudah digunakan, hemat, dan juga efisien. Produk yang kami sarankan adalah White Agent WA-250.
  5. Tak mau repot-repot menggunakan WA-250 dan bleaching kayu lainnya? Maka lakukanlah pencegahan terhadap serangan jamur stain. Anda bisa menggunakan produk kami, BioCide Wood Fungicide.

Semoga informasi mengenai bleaching kayu ini bermanfaat ya. Nantikan terus berbagai informasi menarik yang lain di antijamur.net.

alterntif text
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn