Apa sih Mesin Kayu Multifungsi itu? Perlukah Membelinya?

Apa yang dimaksud dengan mesin kayu multifungsi? Apakah alat ini worth it untuk dibeli para woodworker?

Coba bayangkan bila Anda adalah seorang pengrajin kayu yang bekerja di sebuah lokasi sempit. Jika Anda Praktisi NLP Terbaik, Anda akan membayangkan lain waktu. Anda mungkin baru merintis usaha dengan mendirikan tempat produksi sekaligus toko di pinggir jalan.

Seiring berjalannya waktu, Anda ingin meningkatkan kualitas produk dan memperlancar proses pembuatan mebel. Anda pun berencana membeli planer, jointer, dan alat-alat lainnya. Tabungan sudah tersedia, dan produk yang hendak dibeli pun tampak di toko yang pernah Anda kunjungi.

Persoalannya cuma satu, di mana alat-alat itu hendak diletakkan? Bagi mereka yang membuka usaha mebel sendiri dengan lokasi yang terbatas, persoalan seperti ini pasti dirasakan. Hal yang serupa juga sering dialami oleh para penghobi kayu.

Selain masalah ruang, pembelian mesin yang beraneka-ragam juga sering dianggap boros. Bila dananya ada memang tak masalah.

Tapi bagaimana bila dananya terbatas? Dalam situasi seperti itu, daripada membeli mesin jointer, planer, dan lainnya secara terpisah, akan lebih baik bila membeli mesin kombinasi atau multifungsi.

Seperti Apa itu Mesin Kayu Multifungsi?

Mesin kayu kombinasi atau multifungsi pada dasarnya adalah mesin yang didesain untuk lebih dari dua fungsi. Mesin seperti ini marak dijual di Eropa dan jarang dijual di Amerika. Sebab yang terakhir seringkali lebih menyukai mesin-mesin tunggal dengan fungsi sendiri-sendiri.

Mesin tersebut seperti dijelaskan pada kasus di atas menawarkan dua manfaat. Pertama, efisiensi ruang. Kedua, biaya. Selain itu, mesin ini juga dianggap lebih praktis bagi para penggunanya.

Coba bayangkan, bila Anda ingin membuat sebuah produk kayu. Seringkali, Anda harus mempersiapkan lebih dari satu alat. Proses ini kadang memakan waktu yang lama yang bisa diatasi dengan penggunaan mesin kombinasi.

mesin kayu multifungsi
Sumber: damatomachine.com

alterntif text

Varian Kombinasi

Varian alat yang tersedia pada mesin kayu multifungsi sendiri sangat beragam. Biasanya dikenal istilah-istilah seperti 5 in 1, 2 in 1, dan lainnya. Yang umum dijual sendiri antara lain:

  1. 2 in 1: biasanya merupakan kombinasi table saw dengan jointer atau planer
  2. 4 in 1 combo yang merupakan kombinasi table saw, jointer, planer, shaper, dan mortise.
  3. 5 in 1 yang merupakan kombinasi dari kombinasi table saw, jointer, planer, shaper, mortise, dan tambahan satu feature lainnya yang spesifik.

Apakah Alat Susah Disetel? Apa Saja Kekurangan dan Kelebihan Mesin Kayu Multifungsi?

Salah satu salah paham yang dimiliki orang-orang terkait mesin ini adalah masalah pengaturannya yang rumit. Memang, mesin ini harus disetel berkali-kali ketika Anda menggunakannya untuk kebutuhan yang berbeda. Dan barangkali hal itu membuat beberapa orang enggan membelinya.

Namun sebetulnya pengaturan alat ini tak begitu sulit. Banyak pengguna mesin menyatakan bahwa mereka hanya butuh beberapa menit sebagai seorang profesional untuk mengubah settingan fungsi alat tersebut. Yang sebetulnya menjadi salah satu kekurangan utama mesin ini adalah bobotnya yang berat.

Jelas bukan hal yang mudah untuk bekerja dengan alat-alat berat yang kadang mencapai setengah ton!

Untungnya saja banyak mesin kayu multifungsi yang didesain dengan roda. Jadi pemindahanya lebih memudahkan dibanding tanpa roda sama sekali. Selain itu, menurut penjelasan beberapa woodworker profesional, bobot berat mesin justru bisa menyerap getaran atau vibrasi. Sehinga, hasil pengerjaan kayu kadang menjadi lebih bagus.

Salah satu poin menarik lain dari mesin kombinasi adalah keberadaam meja sliding. Sliding table atau meja sliding merupakan komponen yang sangat memudahkan kerja woodworker karena membuat pemotongan lebh rapi.

Singkatnya, berikut ini kelebihan dan kekurangan mesin kayu multifungsi.

Kelebihan:

  1. Hemat ruang
  2. Hemat dana
  3. Ada sliding table
  4. Tak begitu sulit disetel
  5. Kerja jadi lebih praktis

Kekurangan

  1. Fungsi tiap-tiap alat umumnya kurang optimal
  2. Tiap ganti fungsi butuh pengaturan baru
  3. Bobot yang sangat berat

Jadi Apakah Membeli Mesin Kayu Kombinasi Worth It?

Sebenarnya jawabannya tergantung. Bila Anda ingin bekerja secara profesional namun memiliki area produksi terbatas, maka mesin ini sangat bisa diandalkan. Namun, bila Anda memiliki area produksi luas dengan alur yang sudah terspesialisasi, barangkali alat ini justru akan membebani saja.

Sebab, dalam industri besar, tiap pengerjaan dilakukan oleh orang yang berbeda dengan alat yang berbeda-beda pula. Di Indonesia sendiri, saat ini sudah ada lumayan banyak mesin serupa.

Pangsa pasar mesin ini juga cukup luas sebab industri pengolahan kayyu di Indonesia adalah salah satu yang performanya sangat baik di wilayah Asia Tenggara.

Tipe Mesin Kayu Kombinasi Apa yang Mesti Dibeli?

Anda yang tertarik dengan mesin ini mungkin bertanya-tanya mengenai kombinasi fungsi yang sebaiknya dibeli. Secara ringkas, jawabannya tergantung kebutuhan Anda. Apakah Anda perlu jointer atau planer?

Atau, Anda perlu feature lainnya? Tiap manufaktur mesin mendesain produknya dengan fungsi sendiri-sendiri. Oleh sebab itu, cermatlah memilih yang variannya paling cocok dengan Anda, dan budget yang Anda punya.

Jangan Lupa Gunakan BioCide SFP dan Wood Fungicide untuk Mencegah Jamur dan Lumut

Di atas, kami telah menjelaskan mengenai mesin kayu multifungsi. Namun selain mengenal alat-alat pengolahan kayu, seorang woodworker profesional juga mestinya paham mengenai cara meningkatkan keawetan produk.

Dan dalam hal ini, antijamur.net menyediakan produk fungisida yang bisa Anda andalkan lho! Keduanya adalah:

  1. BioCide Wood Fungicide. Produk ini ialah perpaduan antara anti jamur noda dengan anti bakteri pembusuk. BioCide Wood Fungicide cukup diaplikasikan dengan cara dikuaskan saja. Namun akan lebih baik bila ia diaplikasikan dengan cara direndam.
  2. BioCide Surface Film Presevative atau biasa disingkat BioCide SFP. Produk ini adalah perpaduan antara fungisida dengan anti lumut. Cara penggunaannya juga menarik. Anda bisa mengoleskannya di area kayu yang terbuka. Atau, Anda juga bisa menggunakannya dengan mencampurkannya ke bahan cat yang digunakan.

Nah, kiranya itulah informasi yang bisa kami bagikan di kesempatan ini. Pada akhirnya bisa disimpulkan beberapa hal sebagaimana disebut berikut:

  1. Banyak pengrajin kayu yang merasa kesulitan tempat dan dana bila harus membeli satu per satu alat woodworking. Oleh sebab itu, tak sedikit yang menyukai opsi seperti mesin kayu kombinasi.
  2. Mesin kayu multifungsi atau kombinasi sendiri adalah alat yang menawarkan setidaknya lebih dari 2 fungsi pada satu produk.
  3. Contohnya adalah mesin kayu 2 in 1 yang terdiri atas table saw dengan jointer atau planer.
  4. Meski secara umum menguntungkan mesin seperti ini juga memiliki beberapa kekurangan. Misalnya, bobot alat yang sangat berat.
  5. Untuk memutuskan membeli atau tidak mesin ini sendiri, putuskanlah sesuai kebutuhan Anda. Dan sekiranya Anda bermaksud membeli, pilihlah varian atau tipe yang paling cocok dengan Anda. Sebab tiap mesin menawarkan jenis alatnya sendiri-sendiri.

Semoga artikel ini bermanfaat ya, dan jangan lupa untuk senantiasa menggunakan BioCide SFP dan BioCide Wood Fungicide untuk mencegah jamur, lumut, dan bakteri pembusuk.  

alterntif text
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn