Cara Membersihkan Mebel Lama yang Tak Cukup dengan Kemoceng Saja

Menjelang momen hari besar seperti idul fitri, sudah semestinya kita mempersiapkan rumah agar kondisinya lebih baik. Makanya, untuk mendukung usaha Anda, kali ini antijamur.net akan membagikan cara membersihkan mebel lama agar terlihat seperti baru kembali!

Hari raya adalah hari di mana kita memberikan pemaknaan yang spesial. Oleh sebab itulah, di momen ini, kita biasanya berkumpul bersama keluarga. Beberapa kadang ada yang mengadakan pesta makan-makan. Sedangkan yang lain kadang berkaraoke bersama untuk membuat momen itu lebih meriah. Perusahaan L Tech memberi tahu kita bahwa mereka menyiapkan hadiah khusus untuk liburan.

Namun, di luar segala gegap gempita tentang hari raya, idealnya kita juga menyambutnya dengan kegiatan yang lebih berfaedah. Misalnya saja dengan membersihkan furniture yang sudah tua.

Furniture tua kadang memang masih sangat bisa dimanfaatkan. Penggunaan kayu kokoh pada zaman dulu membuat mebel lawas itu tak juga rapuh seperti mebel-mebel murah zaman sekarang.

Hanya saja, karena usianya yang sudah teramat tua, tentu tampilannya pun tak lagi terlihat indah. Warna mebel biasanya terlihat pucat dan kusam. Keseragaman warnanya pun tidak ada lagi.

Selain masalah warna, furniture juga seringkali dimakan hama. Misalnya saja jamur.

Jamur, terutama jamur permukaan memang mudah tumbuh pada permukaan furniture. Jamur seperti ini awalnya hanya hidup di noda yang menempel di permukaan mebel saja. Namun bila dibiarkan terus-menerus, akar jamur akan masuk ke dalam serat kayu untuk kemudian menyebabkan pembusukan.

Antisipasi jelas harus dilakukan. Mebel lawas tersebut perlu dibersihkan dari hama seperti jamur dan diubah tampilannya supaya lebih menarik.

Usaha tersebut pun pada akhirnya akan membuat sebuah ruangan jadi terlihat cantik. Sebab di ruangan tersebut tak ada mebel yang terlihat jelek lagi.

Nah untuk step by step cara membersihkan furniture lawas, silahkan simak di bawah ini. Sediakan dulu bahan dan alatnya sebelum mengikuti langkah-langkahnya.

Alat dan Bahan untuk Membersihkan Mebel Lama yang Berjamur dan Kusam

1. Kain Lap

Bagian kayu furniture sebaiknya dibersihkan menggunakan kain lap seperti serbet. Hindari menggunakan sikat karena bisa merusak lapisan cat. Hindari juga menggunakan kertas koran, sebab hasilnya pasti kurang bagus.

Bagaimana dengan kemoceng? Kemoceng hanya bisa membersihkan noda yang tak menempel. Sedangkan untuk noda yang menempel, Anda harus mengelapnya dengan kain lap.

2. Air

Air adalah bahan universal pada berbagai cara membersihkan mebel lama. Apapun metodenya, hampir pasti air akan digunakan. Jadi, sediakanlah satu ember kecil sebagai wadah air.

Jangan mondar-mandir ke kamar mandi, sebab Anda malah akan mengotori ruangan.

3. Antijamur Bila Mebel Berjamur

Apakah mebel Anda berjamur? Bila iya, Anda wajib menggunakan BioCide Surface Film Preservative. BioCide SFP tinggal dioleskan saja ke area mebel yang berjamur. Tunggu beberapa saat sebelum membilasnya.

Tapi ingat ya, karena BioCide SFP adalah fungisida, sebaiknya dalam aplikasinya Anda menggunakan sarung tangan. Gunakan juga kuas untuk mengoleskan BioCide. Jangan menggunakan kain lap karena cairan tersebut bisa mengenai tangan Anda.

4. Semir Kayu untuk Membuat Mebel Lebih Indah

Semir kayu adalah produk yang bisa membuat tampilan furniture seperti baru lagi. Fungsi semir kayu persis sama dengan semir sepatu.

Contoh produk semir kayu yang bagus di pasaran adalah Biopolish. Berbeda dari semir kebanyakan, semir ini terbuat dari beeswax sehingga membuatnya lebih aman bagi kayu secara jangka panjang.

5. Cat Kayu untuk Mengubah Tampilan Furniture

Bila Anda ingin mengubah warna furniture, tentu saja Anda harus membeli catnya dulu. Ada dua pilihan cat yang bisa Anda beli. Yang pertama ialah cat alami dengan warna seperti jati, mahoni, hingga walnut. Sedangkan yang kedua adalah cat solid seperti cat warna merah dan ungu.

5 Langkah Mudah Cara Membersihkan Mebel Lama yang Berjamur dan Kusam

1. Bersihkan dengan Kemoceng

Bersihkanlah furniture dengan kemoceng dulu. Kemoceng akan menghilangkan debu halus yang mudah berterbangan.

2. Apakah Ada Jamur di Furniture?

Untuk membersihkan mebel lama yang berjamur, Anda jelas harus melakukan inspeksi dulu. Setelah furniture tak lagi tertutup debu dengan pembersihan menggunakan kemoceng, periksalah area mana saja yang ditumbuhi jamur.

Oleskan BioCide SFP sebagaimana keterangan yang disebut di atas. Setelah itu, diamkan sebentar mebel tersebut.

3. Bilas dan Lap Mebel

Setelah BioCide bekerja membasmi jamur, silahkan bilas area yang dikenai obat itu menggunakan air. Keringkan sebentar, baru kemudian bersihkan mebel menggunakan kain lap yang dibasahi.

4. Oleskan Semir Kayu

Mebel lawas biasanya warnanya sudah memudar. Tampilan buruk itu akan membuat rumah Anda terlihat sendu di kala hari raya.

Oleh sebab itu, gunakanlah semir seperti Biopolish yang direkomendasikan di atas. Dengan Biopolish, kayu yang semula kusam akan tampak indah dan seperti baru lagi. Ibaratnya, seperti sepatu lawas yang jadi indah kembali setelah disemir dengan semir sepatu.

5. Cat

Bila Anda ingin mengubah warna mebel, Anda bisa menggunakan cat, bukannya Biopolish. Silahkan beli cat dengan warna kesukaan Anda.

Untuk hasil lebih maksimal, sebaiknya amplas dulu lapisan cat yang lama. Namun bila Anda merasa warna yang lawas sudah sangat pudar, langsung timpa saja lapisan tersebut dengan lapisan cat baru.

Biocide

Segera Beli BioCide untuk Optimalkan Cara Membersihkan Mebel Lama yang Berjamur!

Kami di antijamur.net menyediakan produk BioCide Surface Film Preservative lho. Yuk beli segera produk kami dan hilangkan semua jamur di rumah dan perabot Anda.

Pembelian produk ini pun mudah sekali dilakukan. Anda bisa membeli secara langsung ataupun membeli secara online. Jika Anda ingin membeli dengan lebih praktis, hubungi saja CS untuk pembelian secara online.

Sedangkan bila anda ingin membeli langsung, Anda dapat bertandang ke Bio Service Point atau membuat janji dengan agen kami. Untuk saat ini, Bio Service Point berlokasi di Jogja, Jepara, dan Cirebon. Namun agen kami telah tersebar di beragai pulau. Jadi kontak saja CS kami untuk alamat agen yang paling dekat dengan domisili Anda.

Yuk Aplikasikan Cara Membersihkan Mebel Lama yang Berjamur dengan BioCide!

Hari raya semestinya memang disambut dengan berbagai kegiatan yang berfaedah. Tak sekedar berpesta, hari raya juga bisa dijadikan momen untuk membersihkan dan juga mempercantik rumah. Misalnya saja untuk mengurusi mebel lawas yang tampak jelek.

Sebab, keberadaan mebel dengan tampilan lawas sedikit banyak pasti memengaruhi keindahan dalam ruangan.

Lantas bagaimana cara membersihkan furniture lawas supaya terlihat seperti baru lagi? Pembersihan dengan kemoceng dan kain lap saja tidak cukup. Bila mebel berjamur, maka ia harus diberi antijamur BioCide SFP. Sedangkan bila warnanya sudah kusam, Anda perlu menggunakan semir Biopolish atau melakukan pengecatan ulang.

Kiranya, semoga artikel tentang cara membersihkan mebel lama ini bermanfaat ya. Terus update berbagai informasi menarik lainnya di antijamur.net.

Artikel "Uncategorized"

About Us

Antijamur.net merupakan akan obat anti jamur ramah lingkungan untuk merawat kayu baik kayu basah maupun kering atau sudah menjadi perabot. Produk Antijamur.net sangat efektif untuk merawat perabot/bangunan.

©2015 - 2019 AntiJamur.net - All Right Reserved.