Solusi Jamur Permukaan Yang Sering Menyerang Lemari

Lemari modern ini menggunakan bahan kayu yang berharga sangat terjangkau,ringan dan mudah dipindahkan akan tetapi memiliki kelemahan berupa jamur permukaan.

Particle Board

Permasalahn lemari akan jamur atau yang sering disebut dengan mold ini sangat sering terjadi. Pasalnya Indonesia yang merupakan negara tropis dengan kandungan kelembapan bisa mencapai 80%, Ketika meletakan lemari dalam ruang kamar akan tetap terserang mold. Mold sendiri memang tidak merusak struktur kayu akan tetapi sangat mengganggu penampilan dari lemari. Jika Anda menemukan serbuk, kumpulan bulu-bulu halus bisa berwarna hijau atau hitam itulah yang disebut dengan mold.

Walaupun mold dapat dengan mudah hilang dengan cara dilap akan tetapi akan terus tetap tumbuh. Bahkan jika dibiarkan saja akan semakin menyebar luas dan sulit untuk dihilangkan. Bagian lemari yang sering terdapat jamur permukaan dan sering tidak diketahui adalah bagian belakang yang menempel pada tembok.

Mold akan sering menyerang pada jenis kayu seperti particle board dan MDF. Kedua jenis kayu tersebut merupakan kumpulan ampas kayu yang dipadatkan dengan mesin press kemudian direkatkan menggunakan lem. Kayu jenis ini diciptakan untuk menggantikan kayu gergajian yang semakin melonjak harga jualnya karena dipengaruhi oleh kelangkaan kayu. Selain itu bertujuan untuk melestarikan bahan kayu, masyarakat tetap mendapatkan kayu dengan harga yang murah dan bentuk yang mirip dengan kayu gergajian.

Penggunaan Particle Board Pada Lemari

BioCide-Surface-Film-Preservative

Dengan menggunakan material particle board, maka kita ikut dalam melestarikan alam yaitu hutan. Kebanyakan dari lemari berbahan particle board ini dibuat menjadi lemari portable atau knockdown. Sehingga desain yang didapatkan sangat bermacam-macam ditambah dengan finishing yang menggunakan HPL (High Preasure Laminated). Finishing menggunakan HPL mendapatkan berbagai macam warna tanpa menggunakan cat. Lemari particle khusus diciptakan untuk masyarakat menengah kebawah yang ingin memiliki furniture kayu.

Selain kelebihan yang dimiliki tersbut particle board memiliki beberapa kelemahan yaitu tidak mampu menampung beban berat yang banyak. Jika dilakukan maka lemari akan melengkung dan ketika terbentur dengan benda keras akan mudah hancur. Kelemahan utama yang tidak bisa dihindarkan dari particle board adalah mudah ditumbuhi jamur permukaan. Mold yang tumbuh pada permukaan particle board ini disebabkan kelembapan yang tinggi pada ruangan serta particle board yang hanya memiliki kepadatan sekitar 600-700 kg/ m3 sehingga banyak pori yang akan menyerap molekul air pada udara.

Solusi Jamur Permukaan Dengan BioCide Surface Film Preservative

Permasalahan jamur di lemari yang terbuat dari particle board dapat dengan mudah diatasi dengan memindah peletakan lemari pada ruang yang memiliki sirkulasi udara baik. Misalnya saja dekat dengan jendela sehingga sinar matahari dapat masuk ke dalam ruangan. Selain itu juga rutin dalam memberikan BioCide Surface Film Preservative setiap tiga minggu sekali.

Artikel "Anti Jamur Kayu"

About Us

Antijamur.net merupakan akan obat anti jamur ramah lingkungan untuk merawat kayu baik kayu basah maupun kering atau sudah menjadi perabot. Produk Antijamur.net sangat efektif untuk merawat perabot/bangunan.

©2015 - 2019 AntiJamur.net - All Right Reserved.