furnitur bonggol kayu

6 Proyek Kreatif dengan Menggunakan Bahan Pangkal dan Bonggol Kayu

Meski sering disia-siakan masyarakat awam, tahukah Anda bahwa bonggol kayu mampu menghasilkan furniture dengan harga puluhan juta? Bentuk bonggol yang berbeda dari bagian batangnya justru membuat produk dari material ini lebih unik.

Kerap saat menebang kayu, kita membiarkan bagian pangkalnya tetap tertanam di tanah. Untuk mengambilnya pun dianggap susah sehingga dibiarkan begitu saja. Padahal, daripada sekedar membiarkannya tanpa guna, kita bisa membentuk atau mengambilnya untuk kemudian diolah lebih lanjut.

promo produk white agent wa-250

Kursi Pangkal Pohon Alami

Proyek ini cocok diaplikasikan untuk skala rumah tangga atau pribadi. Setelah menebang pohon di halaman rumah, cobalah biarkan pangkalnya hingga tinggi yang lumayan. Dari situ, Anda bisa memahat pangkal ini menjadi berbagai benda fungsional seperti kursi taman.

ide kreatif bonggol kayu

 

promo produk biocide insecticide

Furniture Bonggol Kayu

Berbeda dengan proyek pertama, pembuatan furniture dari bonggol sebenarnya sudah diapliaksikan sejak lama untuk kebutuhan industri. Ada banyak benda yang bisa dibuat dari material ini. Harganya pun tak jarang benar-benar fantastis. Apalagi saat trend desain furniture sedang didominasi dengan mebel berdesain natural serta tradisional.

furnitur bonggol kayu

 

Berbagai Macam Kerajinan

Harga kayu semakin lama semakin mahal. Menyia-nyiakan material ini jelas bukan tindakan bijak. Bonggol kayu yang acap kali diabaikan ini misalnya, sesungguhnya bisa Anda gunakan untuk bahan membuat kerajinan. Misalnya dalam pembuatan pensil suvenir, bingkai foto, hingga miniature alat musik yang biasa dijual di sentra-sentra kerajinan.

Hiasan Taman

Sebagaimana disebut pada poin pertama, pangkal kayu termasuk bonggolnya bisa kita bentuk menjadi berbagai macam benda tanpa harus mencabutnya terlebih dulu. Selain dapat dimanfaatkan untuk membuat benda fungsional seperti kayu pun, kita bisa membuatnya menjadi hiasan taman. Misalnya pembuatan patung dari pangkal pohon yang baru Anda tebang.

furnitur bonggol kayu
furniture bonggol kayu jati

 

Pot

Biarkanlah pangkal pohon selama beberapa waktu. Pelapukan akan terjadi dan biasanya dimulai dari bagian tengah sehingga menyebabkan permukaan yang cekung. Namun di sinilah Anda justru bisa memanfaatkannya. Pangkal yang cekung tersebut dapat Anda tanami dengan berbagai tumbuhan yang menarik.

ide kreatif bonggol kayu

 

Bahan Foot Step

Pernahkah Anda ke resort-resort dan berbagai macam hunian tradisional? Seringkali taman hunian tersebut terhiasi dengan foot step dari batu dan kayu. Dengan bonggol kayu yang tak terpakai di rumah, Anda pun bisa meniru foot step tersebut. Ambil bonggol yang masih tertanam, dan potonglah sesuai ukuran foot step. Tambahan sederhana di taman Anda ini pasti bisa membuat suasana lebih natural.

ide kreatif bonggol kayu