3 Hal yang Perlu Anda Ketahui Tentang Furnitur Jati

Furnitur jati adalah pilihan furnitur kayu yang populer dan paling banyak diminati orang di seluruh dunia. Akibat pemanfaatannya yang cukup berlebihan, deforestasi jati dikontrol secara ketat untuk memastikan pasokan kayu yang berkelanjutan.

3 Hal Tentang Furnitur Jati

furnitur yang terbuat dari kayu jati

Apa yang sebenarnya membuat furnitur dari kayu jati banyak diminati? Secara umum, 3 hal ini adalah alasannya.

1.  Kekuatan

Jati adalah kayu yang keras, kuat dan tahan lama. Kayu jati mampu menahan panas dan dingin yang ekstrem. Hal tersebut membuatnya menjadi kayu yang sangat baik untuk digunakan sebagai bahan baku furnitur luar ruangan.

Karakteristik itu juga membuat jati bisa awet dan waktu pemakaiannya menjadi lebih lama, baik dalam penggunaan di luar ruangan, apalagi di dalam ruangan. Daya tahannya tinggi terhadap pembusukan atau banyak faktor kerusakan lain yang dapat menyerangnya.

Menggunakan jenis jati yang tepat dapat menghasilkan perabot indah yang dapat digunakan di bagian mana pun pada rumah Anda. Hal ini menjadi suatu keunggulan yang tidak terelakkan dari pemakaian kayu kuat ini sebagai bahan baku furnitur.

2.  Kecantikan Furnitur dari Kayu Jati

Jati bukan hanya kayu yang kuat, namun warna natural dari kayu jati juga membuat tampilannya tampak cantik dan menawan. Warna dan serat kayu jati menjadikannya salah satu yang paling menarik bagi pembuat furnitur.

Furnitur jati luar ruangan dapat dilapisi dengan pernis atau bahan sejenisnya dan menjadi menonjolkan warna perak abu-abu yang elegan. Jati yang digunakan untuk keperluan dalam ruangan sering diminyaki untuk mempertahankan warna emasnya yang hangat.

Kekuatan furnitur kayu jati adalah titik plus yang nyata bagi desainer furniture. Hal tersebut yang dapat menghasilkan bagian yang menjadikannya sebagai bahan yang paling layak untuk digunakan.

Dibandingkan dengan jenis kayu lain yang lebih lembut, jati membuat Anda memiliki pilihan yang lebih banyak untuk material pembuatan furniture.

3.  Kemampuan Beradaptasi

Jati memiliki berbagai keunggulan, di antaranya kekuatan, daya tahan, warna hangat, ketahanan terhadap rayap atau elemen penyebab kerusakan lainnya.  Hal tersebut menjadikan kayu jati sangat mudah untuk beradaptasi saat digunakan.

Sifat tahan air dan kecenderungan untuk tidak mudah pecah membuatnya menjadi favorit bagi pembuat kapal sejak ratusan tahun lalu. Dan sejak itu, bahan ini telah populer digunakan juga sebagai bahan baku pembuatan furnitur indoor dan outdoor.

Dari meja ruang makan yang besar hingga lemari elegan dan furnitur teras. Jati memiliki fleksibilitas yang dicari oleh banyak pembuat perabot kayu saat ini.

Pertimbangan Harga Saat Membeli Furnitur Jati

furniture bonggol kayu jati

Salah satu pertimbangan logis yang cukup mempengaruhi pembeli furnitur untuk teras dan outdoor adalah harga. Sebagian besar dari kita tidak bisa begitu saja membeli furnitur teras dengan kualitas terbaik tanpa memikirkan konsekuensi keuangan.

Harga selalu menjadi faktor besar dalam keputusan pembelian furnitur teras. Hal itu juga tidak pernah benar-benar menjadi satu-satunya pertimbangan dalam pembelian furnitur.  Nilai uang yang Anda keluarkan untuk pembelian furnitur jati tentu akan dibayar dengan kualitas mebel yang tidak mengecewakan.

Rendahnya resiko kerusakan dikarenakan kayu jati memiliki daya tahan yang baik terhadap penyebab kerusakan kayu. Hal tersebut menjadikan kebutuhan perawatan dan perbaikan furnitur menjadi lebih ringan, bahkan bisa benar-benar diminimalisir.

Anda tidak akan mengalami kerugian saat mengeluarkan bujet cukup besar untuk membeli furnitur jati, karena kualitasnya yang sudah tidak diragukan lagi tentu tidak akan merugikan Anda.

Pembelian furnitur jati juga bisa menjadi investasi untuk Anda, karena harga furnitur jati selalu mengalami kenaikan. Semakin tua usia furnitur jati, maka semakin tinggi harga jualnya.

Bagaimana Cara Menilai Furnitur Jati Outdoor Berkualitas Premium?

mebel kayu jati untuk keperluan outdoor

Salah satu komponen penting untuk setiap penilaian furnitur adalah daya tahannya. Lagi pula, jika satu set furnitur teras hanya bisa digunakan selama satu tahun atau hanya mampu melewati satu musim, maka furnitur tersebut pasti memiliki nilai kecil, dan tidak akan sepadan dengan waktu, usaha, dan nominal yang diperlukan untuk Anda saat membelinya.

Furnitur jati luar ruangan dengan kualitas premium tidak dibuat untuk digunakan selama satu atau dua tahun saja dan kemudian dibuang. Daya tahan kayu jati terkenal di dunia dan telah digunakan untuk membangun pagar kapal dan produk serupa.

Kayu jati berasal dari Asia Tenggara dan membutuhkan waktu hampir 4 dekade untuk mencapai kematangan. Setelah tahap itulah ia dapat digunakan untuk membuat furnitur dan produk bagus lainnya.

Kandungan minyak jati yang sangat tinggi dapat membantu memberikan kualitas kayu yang tahan cuaca. Konsentrasi minyak yang tinggi ini menjadikan furnitur outdoor dari kayu jati benar-benar dapat dibiarkan di luar dalam musim apapun dengan sedikit atau tanpa perawatan.

Selain daya tahan, komponen penting lainnya dalam perkiraan nilai furnitur dari kayu jati adalah keindahannya. Memiliki tampilan yang indah, sangat tahan lama untuk digunakan, dan dirancang dengan kenyamanan untuk digunakan.

Hal itulah yang membuat furniture jati luar ruangan premium adalah investasi yang sangat berharga. Dan tentunya dapat membawa Anda dan keluarga mendapat nilai keuntungan yang berlimpah seiring dengan bertambahnya waktu.