Mengapa Harga Kayu Jati Mahal?

Untuk mengetahui kenapa harga kayu jati mahal, hal ini berkaitan dengan berbagai hal. Misal soal kualitasnya, ketersediaannya, tingginya minat pembeli, dan hal lainnya.

Kayu jati yang sudah tersohor kualitasnya membuatnya menjadi primadona. Tak heran jika banyak yang berminat untuk menggunakan kayu ini sebagai bahan baku kebutuhannya.

Penyebab Harga Kayu Jati Mahal

Kayu Jati glondong

Ada berbagai faktor yang dapat menjadi penyebab tingginya harga dari kayu jati. Hal ini juga berkaitan dengan beberapa peristiwa sejarah pada masa lalu hingga kaitannya dengan kualitas kayu itu sendiri.

Pada masa Dinasti Ming, Cina telah berlayar dengan armada kapal yang dibangun dari kayu jati. Orang Cina berusaha untuk berlayar ke tepi dunia hanya untuk akhirnya mengelilingi dunia berkali-kali.

Masyarakat Cina mengawetkan kayu jati dengan cara menguburnya selama beberapa tahun di tanah yang lembab sebelum kayu digunakan untuk membangun kapal. Kayu jati dapat menahan kerusakan akibat sinar matahari serta potensi kerusakan akibat digunakan di laut.

Kayu jati juga adalah jenis kayu yang tahan terhadap penyusutan, tidak mudah retak, dan tidak mudah rusak ketika berada di lingkungan terbuka. Kayu ini juga memiliki ketahanan yang baik terhadap serangan serangga. Ini adalah alasan hingga saat ini masih banyak kapal yang dibuat menggunakan bahan kayu jati.

Kayu jati secara alami mengandung silika, yang merupakan pasir dan minyak alami yang membuat kayu sangat padat. Silikalah yang membuat kayu jati tahan terhadap serangga serta membuat lantai kapal lebih tahan lama.

Karena kandungan minyak dan silika yang tinggi, kayu jati tidak menimbulkan korosi pada logam apa pun yang mungkin bersentuhan dengannya. Dengan karakteristik ini, orang-orang tertarik untuk berinvestasi pada furnitur berbahan jati.

Kayu jati digunakan untuk furniture indoor, furniture teras atau kebutuhan area luar ruangan. Daya tahan dan keindahan kayu jati adalah beberapa hal yang menjadi alasan mengapa harga kayu jati mahal.

Ciri Fisik dan Pertumbuhan

Pohon jati yang ditanam

Pohon jati dapat tumbuh tinggi dengan cepat hingga mencapai ketinggian 50 meter. Namun, kematangan kayunya untuk dipanen dengan kualitas terbaik tidak dapat dicapai dengan mudah pada kurun waktu yang cepat. Dibutuhkan waktu sekitar 50 tahun untuk mencapai kualitas kayu terbaik.

Untuk memenuhi permintaan kayu jati di pasaran, beberapa negara telah meninjau kemungkinan untuk meningkatkan waktu rotasi pertumbuhan pohon jati dari 50 tahun menjadi 30 atau 40 tahun. Tujuan jadwal rotasi ini adalah kayu masih akan menjadi produk unggulan dalam kurun waktu penanaman lebih cepat.

Ada beberapa negara yang telah bereksperimen dalam melakukan rotasi tanaman hanya dalam kurun waktu setelah 25 tahun. Kayu yang dihasilkan memiliki ukuran diameter lebih kecil, warnanya pun lebih terang. Secara garis besar, dapat diketahui bahwa kualitas kayu yang dihasilkan menjadi lebih rendah. Kayu menjadi lebih mudah rusak karena ketahanan fisiknya tidak optimal.

Meski waktu tanam lebih singkat dan produksi kayu lebih cepat dan banyak, namun karakter kayu jati yang kuat tidak di dapatkan dengan optimal. Hal ini menimbulkan persepsi lain mengenai kayu jati yang dikenal sebagai komoditas unggulan yang selama ini memiliki pasokan terbatas dan berulang.

Alasan Anda Harus Memilih Furnitur dari Kayu Jati

mebel outdoor dari kayu jati

Ketika Anda membeli furnitur berbahan dasar kayu jati, Anda telah membuat pilihan yang bijaksana dan ekonomis dalam banyak hal.

Pertama, Anda telah membeli salah satu kayu keras terbaik dan paling tahan lama di dunia. Jati berkualitas terbaik ditanam di perkebunan yang diatur pemerintah, di mana kayu dipanen kemudian dikeringkan dengan standarisasi yang benar untuk menjaga stabilitas kualitasnya.

Kedua, Anda juga membeli furnitur yang kuat dan tahan air, sehingga menjamin bahwa penggunaan furnitur tersebut akan tahan lama. Kayu jati secara alami mengandung minyak dan silika, membuatnya hampir kedap air.

Hal tersebut tentu menjadi pilihan sempurna untuk setiap furnitur taman yang digunakan pada area luar ruangan. Anda dapat menjadikan furnitur kayu jati ditempatkan di area taman dan kebun rumah Anda akan dapat digunakan dalam kurun waktu yang sangat lama.

Sering ketika Anda menempatkan furnitur kayu di luar ruangan Anda khawatir furnitur akan rusak dan resiko kayu menjadi busuk karena air. Selain itu, resiko serangan serangga juga cukup manakutkan, terutama jika Anda tinggal di daerah yang rentan terhadap rayap dan kumbang kayu.

Kayu jati kebal terhadap busuk kayu, rayap dan serangga pemakan kayu lainnya. Hal ini karena kandungan silikanya yang dapat menjadi perlindungan alami jati terhadap kemunculan serangga.

Furnitur kayu jati sangat cocok digunakan untuk area teras, di kebun, maupun untuk ditempatkan langsung di tanah. Bayangkan jika Anda dapat menempatkan bangku dari kayu jati yang indah di halaman belakang rumah dekat dengan taman? Atau di area taman mawar, atau bahkan di bawah pohon besar yang rindang tempat Anda berteduh.