Cegah Furniture Bonggol Kayu Berjamur dengan BioCide!

furniture bonggol kayu

Tertanam di dalam tanah dan memiliki fungsi meneruskan air dan garam mineral yang diserap serabut akar, bonggol kayu termasuk bagian yang mudah berjamur. Salah satu cara untuk mencegah bonggol kayu berjamur bisa Anda lakukan menggunakan BioCide.

Furniture bonggol kayu telah lama melalang buana ke berbagai negara. Jenis mebel ini mampu memberikan kesan lebih unik sekaligus etnik. Apalagi di era di mana desain furniture sedang didominasi dengan desain natural serta tradisional. Melejitlah salah satu furniture andalan Indonesia ini.

Namun jelas tak semua bonggol bisa dimanfaatkan dalam pembuatan mebel. Kerap kali, yang dijual dan dipasarkan adalah bonggol dari kayu-kayu yang memang sudah terkenal berkualitas seperti jati. Furniture bonggol kayu jati bahkan sudah memiliki peminat khusus tersendiri.

Alasan digunakannya jati dan bukan kayu lainnya dikarenakan beberapa hal. Salah satunya menyangkut keawetan substrat tersebut. Sebagai material yang tertanam dalam tanah dan berfungsi sebagai tempat perantara aliran air dan garam mineral, bagian ini termasuk rentan diserang hama. Penyebabnya jelas karena substrat yang lebih basah, lignisasi yang tidak begitu tinggi, dan juga substrat bagian luar yang biasanya lebih lunak.

Upaya Mencegah Furniture Bonggol Kayu Berjamur?

kerusakan kayu akibat jamur

Hama yang paling rentan menyerang bonggol antara lain adalah jamur. Untuk mencegah furniture bonggol berjamur sendiri sebenarnya bisa dilakukan beberapa solusi. Bahkan solusi ini juga bisa diterapkan pada bonggol dari pohon yang tak diunggulkan. Dengan aplikasi solusi ini, bonggol yang mulanya dinilai sama sekali tak awet bisa dipakai karena keawetannya telah meningkat.

Solusi yang dimaksud adalah penerapan treatment antifungal (antijamur) menggunakan BioCide Wood Fungicide. BioCide adalah produk pengawet kayu dan bambu antijamur yang mengandung bahan aktif untuk mencegah fungi hingga bakteri pembusuk.

Pernahkah Anda mendapati bonggol yang berwarna kebiruan atau kehitaman? Noda tersebut sangat mungkin berasal dari jamur stain. Tanpa treatment antifungal, hadirnya noda jamur seperti itu adalah hal yang sangat biasa terjadi.

Aplikasi BioCide Wood Fungicide

Untuk menggunakan BioCide Wood Fungicide sebagai obat pengawetan, caranya mudah saja. Aplikasikan produk tersebut pada bonggol yang akan digunakan.

Iklan Biothane utama
  1. Larutkan BioCide Wood Fungicide ke dalam air atau solvent dengan konsentrasi  1,5%-2,5%.
  2. Aplikasikan larutan itu pada bonggol dengan cara direndamkan, dioleskan, hingga di-spray. Sebaiknya potong dulu bonggol agar penyerapan lebih dalam dan merata.

BioCide-Wood-Fungicide

Tambahan Perlindungan dengan BioCide Surface Film Preservative

Treatment antifungal untuk mencegah furniture bonggol kayu berjamur di atas dapat kita kuatkan dengan aplikasi finishing yang baik. Lapisan cat yang menyelimuti permukaan bonggol dipastikan mampu lebih melindungi substrat kayu tersebut. Caranya mudah saja, tambahkan produk fungisida ke dalam cat yang Anda gunakan. Misalnya BioCide Surface Film Preservative yang dapat Anda campur ke dalam bahan finishing berbasis air.

Ekstra proteksi seperti ini akan menjamin furniture Anda menjadi mebel unggulan dibanding mebel serupa.

Iklan Biothane utama alterntif text
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn