Cara yang Benar untuk Menghilangkan Jamur pada Furnitur Kayu

Anda harus memahami cara menghilangkan jamur dari furnitur kayu dengan benar, karena spora jamur dapat mengapung di udara, di dalam dan di luar ruangan, sehingga cukup sulit untuk dideteksi. Seringkali spora jamur mulai tumbuh dan menimbulkan kerusakan.

Mengingat kondisi yang tepat, seperti pengaruh kelembaban yang dapat mulai pertumbuhan jamur. Hal ini tentunya dapat merusak furnitur favorit Anda dengan munculnya berbintik-bintik jamur.

Cara Menghilangkan Jamur pada Furnitur Kayu

mebel kayu berjamur

Persiapan untuk membersihkan jamur dapat dilakukan dengan memindahkan furnitur ke suatu tempat agar jamur tidak menyebar serta melakukan membersihkan spora jamur sesegera mungkin. Bersihkan jamur yang menempel di permukaan furniture dengan menjemurnya, larutan cuka, atau dengan menggunakan deterjen.

1. Persiapan untuk Membersihkan Jamur

  • Kenakan sarung tangan karet, kacamata pengaman, dan masker. Spora jamur bisa sangat berbahaya bagi kesehatan Anda, terutama jika masuk ke saluran pernapasan.
  • Gunakan masker N95 agar efek spora tidak menyerang pernapasan.
  • Jika Anda alergi terhadap jamur, tutupi kulit Anda dengan mengenakan kemeja lengan Panjang.
  • Mencegah penyebaran spora jamur dengan membersihkan furnitur di luar ruangan.

Jika Anda tidak punya pilihan lain, Anda dapat menghilangkan jamur dari furnitur kayu di dalam ruangan. Hal ini untuk meminimalisir jamur menyebar ke perabot atau bagian lain dari rumah Anda.

  • Jika Anda memindahkan furnitur ke area luar, gunakan satu atau dua kantong sampah khusus untuk tempat pembuangan spora. Hal ini juga akan membantu mencegah penyebaran spora jamur.
  • Bersihkan spora di area yang berventilasi baik.
  • Gunakan teknik vakum saat membersihkan jamur

Pemakaian vakum dapat membantu menyedot spora yang menempel di furniture bersamaan dengan debu dan kotoran. Lakukan beberapa kali agar hasilnya lebih efektif.

Saat mengosongkan kantong atau tabung vakum, lakukan di luar ruangan dan langsung tuangkan ke dalam kantong plastik. Tutup dengan erat dan buang.

2. Membersihkan Jamur yang Menempel Ringan di Permukaan Furniture

Jamur pada permukaan kayu

1) Bersihkan jamur yang ringan dengan menjemurnya di bawah sinar matahari langsung

Jamur yang menempel di permukaan dan memiliki bau apek dapat dihilangkan dengan menjemur furnitur Anda di bawah sinar matahari. Posisikan furnitur untuk dijemur pada pagi hari saat matahari muncul. Lalu bawa kembali ke dalam saat matahari terbenam. Ulangi cara ini untuk satu atau dua kali jika diperlukan.

2) Gosok dengan deterjen secara lembut

Jamur yang bertahan meski sudah dijemur di bawah sinar matahari dapat dihilangkan dengan deterjen. Anda bisa mencampur sabun cuci piring dalam seember air hangat dan gosok area berjamur dengan lembut menggunakan sikat bulu lembut dengan gerakan melingkar.

  • Setelah selesai dibersihkan, lap permukaan furnitur dengan handuk basah. Jika tidak ada jamur yang tersisa, bersihkan sekali lagi dengan kain kering. Jika jamur masih ada, ulangi proses ini.

3) Pilih cuka suling ketika deterjen atau sabun cuci piring

Cuka putih suling adalah agen pembunuh jamur yang sangat baik. Jika sabun cuci piring terlalu lemah untuk menghilangkan jamur, tambahkan cuka ke botol semprot. Semprotkan furnitur secara menyeluruh dengan cuka. Tunggu sekitar satu jam, lalu bersihkan permukaan dengan kain lembab.

Aplikasikan kembali cuka lagi dengan cara ini jika perlu. Bersihkan kayu secara menyeluruh dengan lap kering saat jamur terlepas seutuhnya.

3. Menghilangkan Jamur Membandel pada Furnitur Kayu

jamur pada furniture yang membandel

  • Campur larutan pemutih untuk jamur yang membandel. Dalam ember, campurkan deterjen seperti sabun cuci piring, pemutih, dan air. Gunakan 60 ml deterjen, 600 ml pemutih, dan 1,2 L air. Aduk dengan merata.
  • Larutan ini hanya untuk jamur pada permukaan furnitur kayu yang akan dihilangkan dengan pemuti. Jamur yangmengakar ke dalam kayu akan membutuhkan surfaktan yang ditambahkan, seperti deterjen.
  • Pemutih dapat meringankan atau benar-benar memutihkan warna beberapa kain yang dicelup, seperti pakaian atau karpet. Berhati-hatilah saat menggunakan pemutih.
  • Oleskan larutan pemutih ke furnitur.

Celupkan sikat bulu yang keras atau spons scrub ke dalam larutan pemutih. Gunakan tekanan sedang dan bersihkan secara melingkar saat Anda membersihkan. Setelah membersihkan area yang berjamur secara menyeluruh, biarkan furnitur mengering. Ulangi proses ini untuk kedua kalinya jika perlu.

  • Untuk hasil terbaik, pindahkan furnitur ke luar, bersihkan seperti yang dijelaskan dengan larutan pemutih, dan kemudian biarkan mengering di bawah sinar matahari.
  • Menggunakan sikat bulu kaku pada furnitur kayu dapat merusak hasil akhirnya. Jika ini terjadi pada furnitur Anda, Anda harus memperbaikinya.
  • Jika larutan pemutih tidak sepenuhnya menghilangkan jamur, akarnya mungkin tenggelam terlalu dalam di dalam kayu, Anda dapat menggunakan jasa agen pembersih professional.
  • Amplas jamur yang membandel.

Gunakan amplas halus (120 hingga 220) untuk menghilangkan jamur dari furnitur kayu. Ampelas saat kayu masih lembap untuk mencegah spora menyebar. Bersihkan area yang diampelas dengan larutan pemutih setelah pengampelasan dan keringkan furnitur. Setelahnya, lapisi dengan bahan finishing jika diperlukan.

Rekomendasi Untuk Anda

    Pilihan Menarik Lainnya