Mengenal Karakteristik Kayu Mindi dan Ciri Khasnya

Karakteristik kayu mindi dan ciri khasnya harus dikenali dengan baik terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mengolahnya.

Pengolahan dapat dilakukan dengan optimal jika sudah memahami bagaimana karakteristik kayu mindi dan ciri khasnya.

promo produk white agent wa-250

Karakteristik Kayu Mindi

kayu mindi

Memahami karakteristik kayu mindi sebagai salah satu jenis kayu potensial untuk diolah untuk memenuhi berbagai kebutuhan hidup manusia.

Baca Juga: Lebih Dekat dengan Kayu Mindi: Kurang Kuat Tapi Menawan

Salah satu fungsi dari kayu dalam kehidupan sehari-hari adalah sebagai material konstruksi atau untuk menjadi bahan pembuatan furniture.

promo produk biocide insecticide

Tentunya saat membicarakan mengenai kayu, jenis utama yang terbersit dalam pikiran adalah jati. Padahal, ada jenis-jenis kayu lain yang juga memiliki potensi besar untuk diolah, salah satunya yaitu kayu mindi.

Mindi adalah jenis kayu solid yang biasa dipakai untuk bahan pembuatan furniture rumah tangga. Kayu ini seringkali dipakai oleh banyak orang sebagai alternatif pengganti kayu jati Belanda.

Baca Juga:  Cara Aplikasi Obat Antijamur Kayu Mindi BioCide Wood Fungicide

Bobotnya ringan tetapi kuat, kayu ini asalnya dari pohon dengan nama latin Melia Azedarach. Kayu Mindi sering ditemui pada wilayah dengan iklim tropis seperti wilayah-wilayah di area benua Asia.

Karakteristik kayu mindi salah satunya ditandai dengan warna terang pada bagian batangnya. Ciri khas lainnya yaitu warna seratnya berwarna kuning kecokelatan saat dibelah.

Secara visual, tampilan kayu ini cukup mirip dengan jati. Namun tentu saja secara kualitas mindi berada di bawah kayu jati.

Baca Juga: Mengenal Kayu Mindi: Kayu Indah dengan Ketahanan Lemah

Ciri Khas Kayu Mindi

kayu mindi. source: pinterest

Ada beberapa hal lain yang juga menjadi ciri khas dari kayu mindi. Memahami ciri khas dan karakter kayu mindi akan semakin membantu untuk mempermudah proses pengolahan yang seharusnya dilakukan.

1.      Karakteristik Kayu Mindi: Memiliki Bobot yang Ringan tapi Kuat

Jenis kayu seperti jati ataupun ulin sudah dikenal sebagai kayu dengan kualitas super bahkan di seluruh dunia. Tapi kedua jenis kayu tersebut juga dikenal dengan bobotnya yang tidak kalah berat.

Baca Juga: Bagaimana Sifat Kayu Mahoni? Simak dan Kenali Karakternya di Sini

Hal ini tentu berbeda dengan kayu mindi yang memiliki bobot lebih ringan namun tetap kuat. Dengan karakter ini, hasil olahan dari kayu mindi akan lebih mudah untuk fleksibel untuk dipindahkan dari satu lokasi ke lokasi lainnya.

Kondisi ini juga memudahkan pengolahan kayu mindi menjadi berbagai produk sesuai dengan kebutuhan.

2.      Banyak Ditemukan pada Wilayah Tropis

Mindi termasuk salah satu jenis kayu yang menjadi nilai komoditas ekspor terbesar di Indonesia. Hal ini karena keberadaan kayu ini bisa mudah ditemukan pada seluruh wilayah Indonesia.

Baca Juga: Ini Dia Manfaat Pengawetan Kayu Mindi

Sebaran yang luas tanaman mindi di Indonesia membuat ketersediaannya melimpah. Meski demikian, mindi bukanlah tanaman asal Indonesia maupun Asia.

Melia Azedarach adalah tanaman asal Amerika Utara. Namun dengan karakteristiknya yang unik, tanaman ini juga bisa tumbuh subur dan mudah dibudidayakan di wilayah dengan iklim tropis termasuk Indonesia.

3.      Ciri Khas Kayu Mindi, Salah Satunya Punya Tekstur yang Halus

Secara visual, kayu mindi memang mirip dengan kayu jati. Tapi yang membedakan adalah kayu mindi mempunyai tekstur lebih halus pada permukaannya.

Baca Juga: Obat Antiserangga Kayu Mindi Insecticide 100 EC

Jika diperhatikan, tekstur halus pada permukaan mindi mirip dengan tekstur pada kayu oak. Kehalusan pada permukaan kayu tersebut karena bulir kayu tersusun dengan rekat, sehingga tidak ada sisi kasar di badan kayu.

Yang menjadi keunggulan dari karakteristik ini adalah, kayu mindi jadi banyak digunakan untuk olahan veneer kayu.

Selain itu, dengan tekstur halus yang dimilikinya, kayu mindi juga lebih mudah untuk diamplas. Lebih cepat dan tidak butuh waktu lama bahkan hingga proses pengolahan dilakukan.

Baca Juga: Mengenal Karakter, Kekurangan dan Kelebihan Kayu Kamper

4.      Tidak Cocok untuk Material Konstruksi

Satu hal yang harus diingat, mindi bukanlah jenis kayu yang cocok dipakai sebagai material konstruksi. Contohnya saat digunakan sebagai kerangka bangunan.

Karena secara fisik, mindi mempunyai resiko pemuaian dengan tingkat lebih tinggi saat berada di lokasi dengan suhu panas yang tinggi.

Sebagai alternatif, Anda bisa menggunakan jenis kayu ini sebagai bahan pelapis untuk pembuatan furniture. Termasuk pada pembuatan pintu maupun kusen jendela.

Baca Juga: Karakter dan Manfaat Kayu Eboni Hitam, Tanaman Asli Indonesia yang Eskotis!

5.      Ideal untuk Jadi Bahan Furniture

meja kayu mindi

Mindi adalah jenis kayu yang sangat ideal untuk menjadi bahan furniture rumah tangga. Seperti untuk pembuatan meja, kursi dan lemari.

Karena teksturnya halus dan memiliki corak alami dengan tampilan menawan. Membuatnya lebih menarik untuk digunakan sebagai furniture rumah tangga.

Kreasi furniture dari kayu mindi juga banyak ditemui karena memiliki dimensi yang stabil serta tidak mudah berputar.

Baca Juga: Pengawetan Kayu Jabon yang Tepat untuk Mencegah Serangga Perusak

Apalagi dengan bobot yang ringan, sehingga membuat pengrajin lebih mudah untuk melakukan pengolahan. Selain itu, harganya juga lebih bersahabat.

Untuk dapat memaksimalkan potensi yang ada pada kayu mindi, akan lebih baik jika sebelum diolah maka dilapisi dengan bahan pengawet terlebih dahulu.

Sebagai rekomendasi, produk yang sesuai untuk digunakan yaitu Biocide series. Baik untuk pengawetan dari serangan serangga maupun jamur, Biocide menyediakan produk yang sesuai dan berkualitas.

Itulah beberapa informasi mengenai karakter kayu mindi dan ciri khasnya. Semoga bermanfaat!

Di Manakah Anda Bisa Mendapat Produk Pengawet Kayu Berkualitas untuk Kayu Mindi?

Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut atau pemesanan mengenai produk pengawet kayu Biocide, silahkan hubungi kami melalui Whatsapp di sini. Atau melaui e-mail di [email protected].

Anda juga dapat membeli Biocide dan seluruh varian produk dari Bio Industri Omnipresen secara online melalui beberapa kanal marketplace kami berikut ini:

Anda juga bisa membeli seluruh produk dari Bio Industri Omnipresen secara langsung di beberapa service point kami berikut ini:

Bio Center Yogyakarta

Phone / fax: 0274 388301
Hp / WhatsApp: Klik di Sini
e-mail: [email protected]

Bio Service Point Jepara

Phone: 0291 598992
e-mail: [email protected]

Bio Service Point Cirebon

Phone: 0231 320759
e-mail: [email protected]