Bagaimana Sifat Kayu Mahoni? Simak dan Kenali Karakternya di Sini

Saat akan memanfaatkan untuk pengolahan, seringkali keluar pertanyaan mengenai bagaimana sifat kayu mahoni? Karena sebelum mengolah, alangkah lebih baik jika memahami karakternya terlebih dahulu.

Agar mendapat informasi yang dibutuhkan seputar sifat kayu mahoni, alangkah lebih baiknya jika Anda menyimak dan mengenali terlebih dahulu karakter dari kayu tersebut di artikel ini.

Mengenal Sifat Kayu Mahoni sebagai Karakternya

kayu mahoni

Untuk memahami bagaimana sifat kayu mahoni, maka sebaiknya pahami karakter pohonnya terlebih dahulu. Dalam pertumbuhannya, pohon mahoni dapat tumbuh hingga tingginya mencapai 40 m.

Baca juga: Efek Negatif Jamur pada Barang Antik

Sifat kayu mahoni meliputi pertumbuhnya yang bisa memiliki diameter mencapai 125 cm dengan batang yang lurus dan bentuknya silindris serta tidak berbanir. Bagian kulit luar dari pohonnya dilapisi dengan warna cokelat yang kehitaman.

Dilapisi dengan alur dangkal yang menyerupai sisik. Sementara pada bagian kulit batangnya dilapisi dengan warna abu-abu yang halus saat usia tanam masih terbilang muda.

Warna tersebut akan mengalami perubahan menjadi cokelat tua dilengkapi dengan alur kemudian akan mengelupas saat usia tanam semakin tua.

Baca juga: Simak 5 Tips Mudah Menggunakan Cat Kayu Kuas di Sini

Pohon ini baru dapat menghasilkan bunga setelah menginjak usia tanam 7 tahun. Bentuk mahkota bunganya silindris dengan warna kuning yang kecokelatan.

Ada benang sari yang melekat di mahkotanya, bagian kepala sarinya berwarna putih dan kuning kecokelatan.

Bentuk buah mahoni adalah kotak, bulat telur dengan 5 lekukan dan berwarna cokelat. Bijinya berbentuk pipih dan dilapisi dengan warna cokelat maupun hitam.

Baca juga: Bisa Jadi Kegiatan DIY, Cara Menghilangkan Jamur pada Furniture

Tanaman mahoni bisa tumbuh dengan liar di hutan jati maupun tempat lainnya yang berlokasi dekat dengan pantai. Ataupun bisa ditanam di pinggir jalan untuk menjadi pohon pelindung.

Tanaman yang berasal dari Hindia Barat ini bisa tumbuh dengan subur jika media tumbuhnya pasir payau terutama dekat pantai.

Apa Saja Manfaatnya?

karakter dan sifat kayu mahoni

Seluruh bagian dari pohon mahoni memiliki manfaatnya sendiri-sendiri pada berbagai bidang. Di antaranya:

Baca juga: Begini Cara Atasi Jamur Blue Stain pada Kayu Pinus

  • Buahnya bisa digunakan untuk pengobatan karena mengandung flavonoid dan saponin. Di antaranya untuk mengurangi kadar kolesterol, mengontrol penimbunan lemak di saluran darah, dapat mengurangi rasa sakit, meredakan pendarahan serta lebam, dan bisa digunakan sebagai bahan antioksidan untuk menangkal radikal bebas.
  • Buah dari pohon ini dapat digunakan untuk melancarkan peredaran darah berdasarkan hasil penelitian para ahli. Sehingga bagi para penderita penyakit yang berkaitan dengan tersumbatnya aliran darah disarankan untuk mengkonsumsi obat mahoni sebagai obat.
  • Pohon mahoni bisa jadi tanaman pelindung utnuk ditanam di pinggir jalan

Baca juga: Butuh Perontok Cat Besi Cepat dan Ampuh? Lakukan Beberapa Cara Ini

  • Mampu mengurangi polusi udara hingga 69%, membuatnya seringkali disebut sebagai tanaman filter udara.
  • Daunnya dapat menyerap polutan yang ada di sekitarnya. Daun-daun mahoni juga dapat melepaskan oksigen (O2) sehingga udara di sekitarnya dapat lebih segar
  • Akarnya mampu menangkap air dengan baik. Saat hujan, tanah serta akar dari pohon ini akan mengikat air yang jatuh, sehingga dapat menjadi cadangan air
  • Ekstrak dari biji mahoni juga dapat dipakai untuk pestisida nabati, biasanya digunakan untuk mengendalikan hama pada penanaman kubis.

Baca juga: Mengenal Kayu Gaharu Asli Indonesia yang Bernilai Jual Tinggi

Mahoni Bisa Tumbuh di Mana?

habitat pohon mahoni. ssunawang via pixabay

Seperti yang sudah disebutkan di atas, pohon Mahoni dapat tumbuh subur di area dengan menggunakan media pasir payau. Terutama jika lokasinya dekat dengan pantai.

Hal itu karena tanaman ini memang menyukai tempat yang cukup disinari dengan baik oleh matahari langsung. Tanaman mahoni termasuk jenis tanaman yang mampu bertahan hidup dengan baik di tanah yang gersang sekalipun.

Meskipun tidak disiram hingga berbulan-bulan, tanaman ini masih tetap mampu untuk bertahan hidup.

Baca juga: Cara Mengatasi Serangan Semut Carpenter yang Merusak Kayu

Syarat lokasi untuk budidaya pohon mahoni diantaranya yaitu ketinggian lahannya maksimal 1.500 meter dari permukaan laut.

Curah hujannya berkisar antara 1.524-5.085 mm/tahun, dan suhu udara di wilayah tersebut berkisar antara 11-36 oC.

Manfaat Kayu Mahoni, Bisa untuk Apa Saja?

hiasan ukiran dari mahoni
hiasan ukiran dari kayu mahoni

Penggunaan kayu mahoni sebagai bahan baku pembuatan berbagai jenis furniture Jepara sudah dilakukan sejak lama.

Bahkan, penggunaannya menjadi pilihan utama selain jati. Pada pengolahannya, mahoni biasa dipakai untuk membuat model furniture klasik Jepara.

Tak jarang juga kayu mahoni diolah menjadi hiasan ukiran yang bernilai jual tinggi karena mengandung nilai seni yang tinggi pula.

Alasan pastinya memang belum diketahui, namun jika diperhatikan, pangsa pasar dari penjualan mebel mahoni adalah Eropa dan Amerika. Di negara-negara tersebut, mebel dari kayu mahoni merupakan salah satu mebel mahal.

Baca juga: Tips Mengetahui Penyebab Kerusakan Mebel Kayu serta Penanganannya

Karena kayu mahoni di negara-negara tersebut juga terkenal sebagai jenis kayu mewah yang dibanderol dengan harga cukup mahal.

Bahkan untuk penggunaannya untuk kebutuhan pembuatan furniture lebih banyak dipilih daripada jati. Kenapa?

Karena masyarakat Amerika dan Eropa mengenal jati sebagai jenis kayu yang kuat dan sangat Tangguh. Sehingga penggunaanya hanya untuk kebutuhan yang heavy duty atau bahkan sebagai bahan baku pembuatan kapal.

Kayu Mahoni Punya Berbagai Kelebihan

Mahoni memiliki beberapa kelebihan, di antaranya:

Baca juga: Begini Cara Merawat Material Kayu untuk Kamar Mandi

  1. Serat kayunya halus dan beragam. Tampilan ini akan membuatnya sangat bagus saat dilapisi dengan bahan finishing berwarna natural maupun klasik.
  2. Penampang kayunya sangat stabil. Mahoni dikenal sebagai kayu yang kuat terhadap penyusutan maupun perubahan bentuk. Hal ini membuatnya banyak digunakan pada industri pembuatan gitar maupun berbagai alat musik lainnya. Tentunya dengan syarat utama berupa kekeringan bahan baku dari kayu tersebut.
  3. Mengandung minyak alami yang rendah. Hal inimembuat kayu mahoni bisa difinishin dengan berbagai model menggunakan cat duco tanpa resiko ada noda kuning yang tertinggal. Seperti halnya pada kayu jati. Tentunya, kekeringan kayu tetap jadi syarat utamanya.

Rekomendasi Untuk Anda

    Pilihan Menarik Lainnya