Begini Cara Merawat Material Kayu untuk Kamar Mandi

Penggunaan kayu untuk kamar mandi sebenarnya bisa dilakukan. Namun, harus sangat memperhatikan perawatan yang tepat untuk menjaga kualitasnya. Anda juga perlu memilih jenis kayu dengan kualitas terbaik, terutama kaitannya dengan ketahanan pada air.

Oleh karena area kamar mandi tentu merupakan area yang akan sering basah, sangat penting untuk memastikan jenis kayu yang Anda pilih sudah tepat. Lalu bagaimana cara perawatan yang tepat untuk menjaga kayu di kamar mandi tetap dalam kondisi baik?

promo produk white agent wa-250

Bisakah Menggunakan Material Kayu di Kamar Mandi?

Material kayu bisa digunakan untuk kamar mandi
Penggunaan kayu untuk kamar mandi

Kayu sebenarnya merupakan material yang kuat dan bagus untuk digunakan pada kamar mandi. Namun, banyak pula yang takut menggunakannya karena kayu adalah bahan alami yang bisa rapuh.

Untuk meminimalisir kerusakan akibat kondisi kayu yang rapuh, diperlukan pemilihan jenis kayu yang tepat. Karena setiap jenis kayu memiliki karakteristik yang berbeda. Dengan adanya kelas kekuatan dan keawetan kayu sendiri sudah dapat membantu memberikan klasifikasi kayu yang berbeda-beda sesuai kualitasnya.

Selain jenis kayu, perawatan menjadi faktor yang tak kalah penting untuk diperhatikan. Lakukan pemeliharaan secara rutin dengan senantiasa membersihkan material kayu. Karena hal-hal tersebut juga dapat menjadi penentu selama apa Anda dapat menggunakannya di kamar mandi.

promo produk biocide insecticide

Penggunaan kayu di kamar mandi sendiri sangat beragam. Bisa digunakan sebagai dekorasi, lantai, maupun untuk kebutuhan lainnya.

Mengingat kayu merupakan material yang sensitif dengan kelembaban, menjaganya untuk tetap kering adalah hal yang harus Anda upayakan. Namun jika keberadaannya di kamar mandi adalah untuk digunakan sebagai lantai, Anda harus benar-benar memastikan pilihan lantai kayu yang Anda pilih sudah tepat.

Jenis Kayu yang Sebaiknya Digunakan pada Area Kamar Mandi

Untuk kebutuhan sebagai material dekorasi pada kamar mandi, Anda bisa mengandalkan kayu larch serta kayu jati. Jati tentu sudah sangat populer dan teruji kualitasnya.

Selain itu, pohon jati yang berasal dari lingkungan tropis juga memiliki peran terhadap permeabilitas tinggi yang dimilikinya. Hal tersebut membuatnya menjadi pilihan kayu untuk kamar mandi yang ideal.

Sementara kayu larch merupakan kayu dengan ketahanan yang baik terhadap air. Hal ini membuatnya sering digunakan untuk bahan lantai maupun meja wastafel kamar mandi. Namun, meskipun kayu ini memang memiliki ketahanan yang baik terhadap air, jangan sampai Anda lengah untuk merawatnya.

Berbeda lagi jika Anda ingin menggunakan lantai dari kayu pada kamar mandi. Pilihan jenis kayu yang baik digunakan untuk lantai kayu kamar mandi adalah kayu ulin, merbau, dan bengkirai. Ketiganya dapat menjadi opsi terbaik karena memiliki ketahanan yang baik terhadap air.

Ketiga jenis kayu tersebut juga sering digunakan pada area kolam renang sebagai decking. Namun yang pasti, perawatan tetap menjadi hal wajib yang harus Anda lakukan.

Karena digunakan pada kamar mandi, menjaga kondisi kayu untuk minim kontak dengan air juga bukan hal yang mudah. Terlebih, jika digunakan sebagai lantai. Namun dengan melakukan perawatan yang rutin dan tepat, Anda dapat memperpanjang usia pakai dan meningkatkan keindahan kayu.

Cara Merawat Material Kayu di Kamar Mandi

Kamar mandi dengan lantai kayu

Untuk memperpanjang pemakaian kayu dan mempertahankan keindahannya saat digunakan di kamar mandi, penting untuk melakukan perawatan. Perawatan dan pemeliharaan menjadi langkah penting yang dilakukan agar kondisi kayu tetap terjaga dengan baik.

Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan sebagai upaya menjaga kualitas kayu untuk kamar mandi:

1.  Kayu yang diolah dengan minyak

Jati merupakan kayu yang sering ditreatment menggunakan minyak dengan tujuan untuk membuat impermeabilitasnya lebih meningkat. Untuk melakukan hal ini, sebaiknya Anda membersihkannya menggunakan produk yang khusus digunakan untuk kayu.

Atau Anda juga bisa mengandalkan penggunaan sabun yang netral.  Ketika selesai menggunakan kamar mandi terutama setelah mandi, jangan lupa untuk membersihkannya dan membiarkannya sampai kering.

Ketika membersihkan lantai kayu di kamar mandi atau benda lainnya yang berbahan dasar kayu, sebaiknya tidak menggunakan deterjen atau bahan sejenisnya. Karena cobalah untuk tidak menambahkan terlalu banyak cairan.

Cara tersebut dilakukan untuk mencegah adanya air yang merembes masuk ke dalam kayu. Atau air yang masuk melalui sela sambungan. Sehingga cara ini dapat membantu Anda untuk mencegah rusaknya kayu yang besar potensinya untuk terjadi.

2.  Merawat kayu untuk kamar mandi dengan pernis

Penggunaan pernis kayu juga dapat membantu Anda untuk merawat kondisi kayu. Adanya pernis dapat bermanfaat untuk menjaga kayu agar air tidak mudah meresap masuk ke dalam pori kayu.

Sebaiknya gunakan pernis water based yang juga memiliki ketahanan yang baik terhadap air. Sehingga tidak mudah luntur atau rusak lapisannya jika terlalu sering terkena air.

Sebagai rekomendasi, Anda dapat menggunakan produk pernis kayu waterbased dari Biovarnis maupun Bioduco. Kondisi kayu di kamar mandi yang terjaga dengan baik dengan penggunaan pernis dapat membantu merawat kondisi kayu. Sehingga penggunaannya dapat bertahan lebih lama.

3.  Lakukan perawatan kayu secara rutin

Membersihkan kayu secara rutin dapat dilakukan untuk membuat kondisi kayu tetap prima. Anda harus menjaga kebersihan kayu dengan cara menghilangkan noda air dari kayu, noda minyak ataupun zat lain yang ada pada kayu.

Caranya sangat mudah dan sederhana. Anda hanya mambutuhkan kain bersih, sedikit air, dan juga produk pembersih atau deterjen. Bersihkan searah dengan arah serat agar tidak merusak serat alami kayu.

Minimalisir adanya goresan apapun. Jika ada noda membandel, Anda bisa menggunakan amplas ambang dengan melakukan pengamplasan dengan halus dan ringan untuk dapat menghilangkannya.

Itulah beberapa informasi mengenai penggunaan kayu untuk kamar mandi dan cara perawatannya.