Metode Pengawetan Kayu Balsa

Sebagai kayu yang banyak digunakan di industri aero modelling, pengawetan kayu balsa menjadi salah satu kunci vital pengolahan material tersebut. Balsa yang memiliki densitas ringan namun kokoh, cenderung disukai berbagai jenis hama termasuk di antaranya jamur dan kumbang pinhole. Jenis jamur yang dapat menyerang kayu ini antara lain jamur noda dan jamur pelapuk. Sedangkan kumbang pinhole adalah kumbang yang menginfeksi kayu dengan cara memakan substrat material tersebut. Kedua jenis hama akan menyebabkan cacat estetika dan struktural pada kayu. Padahal, di industri aero modelling, kedua jenis cacat seperti itu sama sekali tak bisa ditoleransi.

Balsa banyak digunakan pada industri pesawat aero modelling

Balsa banyak digunakan pada industri pesawat aero modelling

4 Opsi Metode Pengawetan Kayu Balsa

Prinsip utama metode untuk mengawetkan kayu balsa adalah memastikan agar substrat kayu tak lagi disukai hama. Dulu, orang mungkin akan merendam balsa di sungai agar nutrisinya hilang terbawa arus. Sayangnya, metode ini memakan waktu berbulan-bulan dan sama sekali tak efektif. Karena itulah, saat ini proses pengawetan kayu balsa dilakukan dengan meresapkan obat pengawet ke dalam substrat balsa. Tujuannya, agar material tersebut beracun bagi hama.

Berikut ini beberapa opsi yang bisa dipilih untuk mengawetkan kayu balsa.

Metode Vakum Tekan

Metode vakum tekan hanya bisa dilakukan bila kita memiliki alat atau mesin vakum tekan. Efektivitas mesin tersebut terletak pada kemampuannya menciptakan ruangan kedap dengan tekanan yang diatur agar larutan pengawet meresap ke dalam kayu. Kedalaman hingga banyaknya obat pengawet yang meresap dapat dikontrol pada metode ini. Sayangnya, biarpun tergolong yang paling efektif, cara ini adalah yang paling mahal. Sebab, harga mesin vakum tekan memang tak bisa dibilang terjangkau.

Perendaman dan Pencelupan

Sistem perendaman memanfaatkan sifat membran sel yang semipermiable. Artinya sebagian zat dapat menembus membrane tersebut. Oleh karena itulah, ketika kayu balsa direndamkan ke dalam larutan pengawet, diharapkan sebagian dari bahan pengawet merasuk ke kayu balsa. Kesuksesan treatment ini tergantung dari kekeringan kayu, sifat difusi kayu, konsentrasi larutan, hingga lama perendaman.

Pengkuasan

Sebagaimana namanya, metode pengkuasan dilakukan dengan mengkuaskan bahan pengawet ke kayu. Cara ini memiliki efektivitas sangat rendah dibanding metode yang lainnya kecuali metode spraying.

Spraying

Sama seperti sistem pengkuasan yang tingkat efektivitasnya rendah, metode pengawetan kayu balsa dengan penyemprotan pun juga demikian. Akan tetapi yang lebih mengkhawatirkan, metode ini cenderung membahayakan pekerja.

Mana Metode Paling Efektif?

Tiap metode memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Metode pengkuasan, misalnya, meski tidak efektif tapi cukup bagus untuk treatmet pada kayu yang sebelumnya sudah diawetkan. Misal, Anda membeli kayu balsa yang sudah diawetkan tetapi ingin memberikan ekstra proteksi. Bila Anda menggunakan metode perendaman atau vakum tekan, jelas akan lebih merepotkan. Pada kondisi tersebut, metode pengkuasan lah yang paling tepat.

Hal lain yang tak kalah penting agar tiap treatment yang dilakukan berhasil adalah pemilihan obat pengawetan kayu balsa yang tepat. Tanpa obat pengawet yang tepat, sia-sia saja metode apapun yang diterapkan.

alterntif text

Informasi Obat Pengawet Kayu Balsa

Silahkan hubungi kami di +6227-438-8301 atau +6287839346433 dan email [email protected] untuk informasi dan pemesanan kayu balsa.

alterntif text
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Beli sekarang juga!