Obat Pengawet untuk Kayu Konstruksi Bangunan: Mengapa Harus Digunakan?

pengawetan untuk kayu konstruksi bangunan 1

Sulit memungkiri rendahnya kesadaran akan penggunaan obat pengawet untuk kayu konstruksi bangunan. Apalagi pada pembangunan rumah bagi masyarakat awam. Adanya produk yang bisa digunakan untuk meningkatkan usia pakai rumah tak dianggap ada sama sekali.

Padahal, banyak keuntungan yang bisa didapat dari penggunaan produk-produk tersebut. Pemakaian obat pengawet bukan hanya akan memperpanjang kayu yang digunakan, namun juga meminimalisir berbagai masalah yang dihadapi akibat hama. Misalnya mencegah serangan jamur dan rayap yang dapat membuat estetika rumah menurun. Fungsi ini selain dapat dimanfaatkan pada rumah, juga krusial untuk berbagai bangunan komersil. Sebagai contoh untuk bangunan yang sepenuhnya terbuat dari kayu dan bambu dan digunakan untuk berbagai restoran dan warung makan tradisional.

Ringkasnya, berikut ini beberapa keuntungan yang bisa didapat dengan aplikasi obat pengawet untuk kayu konstruksi bangunan:

    1. Menjaga kualitas fungsional dan estetika bangunan
    1. Meningkatkan usia pakai dibanding usia pakai normalnya
    1. Meminimalisir serangan berbagai organisme di dalam bangunan
  1. Memungkinkan potensi penggunaan material kayu dan bambu yang selama ini dianggap kurang awet.

.

Poin terakhir yang disebut di atas, sangat bermanfaat bagi mereka yang ingin mengeksplorasi berbagai jenis kayu serta bambu untuk dijadikan bahan konstruksi. Misalnya bagi mereka yang ingin menggunakan sengon. Kayu tersebut dianggap tidak awet, tapi dengan treatment pengawetan, ketahanannya dapat ditingkatkan hingga berkalilipat. Kuncinya jelas pada kualitas obat pengawet kayu rumah yang digunakan.

Seperti Apa Obat Pengawet untuk Kayu Konstruksi Bangunan

obat pengawet untuk kayu konstruksi bangunan antijamur

Karena berpengaruh langsung pada keberhasilan proses pengawetan kayu, kualitas obat yang digunakan harus diperhatikan dengan baik. Pilihlah obat yang mampu mencegah organisme yang menyerang kayu. Misalnya, bila kayu rentan diserang kumbang teter dan rayap, maka Anda bisa memanfaatkan Insecticide 100 EC. Sedangkan bila kayu rentan diserang jamur, maka gunakanlah Microcide 100 EC. Untuk memberikan perlindungan lengkap, Anda juga bisa mengaplikasikan keduanya.

Selanjutnya, pilih produk pengawet yang sifatnya stabil pada kayu. Akan lebih baik lagi bila produk tersebut relatif aman bagi manusia tapi sangat beracun bagi hama. Dengan demikian, rumah Anda tidak membahayakan, tapi tetap terproteksi penuh dari serangga dan jamur.

alterntif text
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn