Pentingnya Treatment Anti Jamur pada Berbagai Tahap Produksi Furniture

Treatment anti jamur adalah suatu proses yang dimaksudkan untuk membuat jamur tidak menyerang produk-produk kayu. Treatment seperti ini penting dilakukan mengingat serangan jamur sangat umum ditemui pada berbagai jenis kayu. Treatment sendiri bisa dilakukan berdasarkan tahap-tahap pengolahan kayunya. Berikut ini akan dijelaskan masing-masing:

Treatment Anti Jamur pada Tahap Kayu Fresh Cut

Treatment pada tahap ini penting dilakukan untuk mencegah pertumbuhan jamur  blue stain, black stain, dan jamur serta microbial pembusuk lainnya yang biasanya menyerang kayu log atau papan kayu freshcut.  Pemberian anti jamur dengan bahan aktif methylene bis thiocyanate (MB) seperti BioCide Wood Fungicide akan efektif mencegahserangan-serangan tersebut.

Bahan kimia lain, yakni insektisida BioCide Insecticide juga bisa ditambahkan untuk  melindungi kayu dari serangan serangga kayu seperti rayap, kumbang bubuk penggerek kayu,  dan lain-lain.

Pemberian treatment sendiri bisa dilakukan dengan cara perendaman papan kayu fresh cut selama 30 menit hingga 60 menit pada takaran BioCide yang tepat. Untuk treatment anti jamur pada kayu log, dapat dilakukan dengan dikuaskan.

Pada tahap ini, treatment dimaksudkan memproteksi pada kayu untuk masa penyimpanan baik sebelum maupun sesudah pengeringan

Pada tahap ini, treatment dimaksudkan memproteksi pada kayu untuk masa penyimpanan baik sebelum maupun sesudah pengeringan. Metode yang dilakukan sebaiknya yang sederhana saja seperti mengoleskan BioCide di bagian tebangan kayu. Sebab bagian itulah yang paling rentan diserang hama.

Log Kayu Eboni

Treatment Anti Jamur pada Tahap Kayu Kering Sebelum Finishing

Pastikan papan maupun kayu komponen furniture benar-benar kering dengan nilai maximum MC lebih dari 12%) sebelum proses wood coating. Kelembaban yang tinggi pada permukaan kayu bisa menyebabkan banyak masalah.

Dari serangan jamur yang tumbuh di dalam serat kayu maupun jenis jamur yang tumbuh di permukaan lapisan coating. Metode yang diterapkan bisa berupa perendaman (terutama untuk produsen kayu gergajian), atau pengulasan dengan kuas (oleh pelaku usaha furniture).

Treatment Anti Jamur Tahap Finishing Wood Coating

Gunakan jenis  bahan finishing yang tepat dengan teknik serta prosedur aplikasi yang tepat untuk menghindari berbagai masalah termasuk tumbuhnya jamur. Agar resiko tumbuhnya jamur permukaan semakin mengecil, gunakan fungisida film preservative Rocima dan campurkan bersama bahan finishing yang akan digunakan dengan komposisi yang tepat.

Pertumbuhan jamur permukaan biasanya disebabkan oleh kondisi kelembaban udara tinggi. Jenis jamur permukaan pun akan mudah tumbuh pada permukaan coating yang kotor dan berdebu.

Treatment Anti Jamur pada Tahap Pengepakan, Penyimpanan, dan Pengiriman

Treatment pada tahap ini dapat dilakukan dengan pendekatan untuk menjaga agar kelembaban udara tetap kering baik di dalam kemasan, ruang penyimpanan, maupun selama periode pengirimanMasing-masing caranya akan dijelaskan pada artikel selanjutnya.

Demikian penjelasan singkat mengenai treatment anti jamur pada masing-masing tahap proses furniture kayu. Tetaplah waspada dengan ancaman lainnya seperti rayap dan bakteri perusak kayu.

Kurang lebih itulah beberapa tahapan treatment antifungal dalam alur produksi woodworking. Selain memerhatikan tahapan di atas, ada baiknya kita juga memastikan bahwa obat yang dipakai benar-benar bagus.

Perlu Obat yang Bagus

Dalam treatment antijamur, diperlukan obat yang bagus. Obat seharusnya memiliki efektivitas mumpuni dan fleksibel digunakan. Selain itu, tingkat keamanannya pun harusnya sesuai standar.

Biocide

Kenapa aspek ramah lingkungan perlu diperhatikan? Sebab saat ini, masyarakat sebagai konsumen semakin menuntut produk yang eco friendly. Kesadaran untuk menjaga alam, terutama di negara maju juga semakin tinggi. Industri perkayuan di Indonesia yang menarget pasar negara maju seperti Eropa dan Amerika jelas harus sadar atas kebutuhan ini.

Di atas, kami telah merekomendasikan produk yang bisa Anda gunakan. Keduanya ialah BioCide Wood Fungicide dan BioCide Surface Film Preservative. Sebagai produk yang kami rekomendasikan, BioCide Wood Fungicide dan BioCide Surface Film Preservative bisa memenuhi kriteria obat anti jamur yang bagus di atas.

Tapi Bagaimana Bila Jamur Sudah Terlanjur Menyerang?

Prosedur treatment antijamur sudah dijelaskan secara rinci di atas. Namun sebuah pertanyaan belum terjawab. Bagaimana bila jamur sudah terlanjur menyerang kayu?

Solusi yang bisa diambil sebenarnya tergantung tingkat serangan jamur dan jenis jamur yang menyerang. Bila kayu sudah lapuk, mau tak mau kayu tersebut harus dipotong. Namun bila belum, kita bisa mengikuti dua hal di bawah ini.

  1. Bila jamur yang menyerang adalah blue stain, kita bisa menggunakan bleaching kayu. Bleaching kayu sejatinya dibuat untuk mencerahkan warna kayu. Akan tetapi, bleaching kayu juga bisa menyamarkan noda blue stain sekaligus membasmi jamur tersebut. Produk yang kami rekomendasikan adalah White Agent WA-250. Sebab produk ini tidak menggunakan hidrogen peroksida dalam formulasinya.
  2. Bila jamur yang menyerang adalah jamur pembusuk, kita bisa menghilangkannya secara manual, lalu mengoleskan BioCide Surface Film Preservative. BioCide SFP memang bukan hanya pencegah serangan jamur namun juga bisa digunakan untuk membasmi jamur pelapuk yang terlanjur tumbuh.

Informasi dan Kontak Customer Service

Tertarik dengan produk BioCide kami? Selama bertahun-tahun, kami memasarkan produk ini secara B2B dan untuk pelanggan kami di mancanegara. Akan tetapi, kami menyadari bahwa industri woodworking Indonesia sangat memerlukan bahan pengawet yang bagus mengingat serangan hama di negara tropis ini begitu tinggi. Karena itulah, kami menyediakan BioCide untuk kebutuhan pengawetan secara lebih luas.

Bila Anda tertarik dengan produk ini, silahkan hubungi Customer Service kami. Anda bisa bertanya lebih jauh mengenai BioCide baik mengenai kandungannya ataupun cara aplikasinya. Bila perlu, teknisi kami akan membagikan tips pengawetan yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Ingin bertemu dengan tim kami secara langsung? Dengan senang hati, kami menunggu kedatangan Anda di Bio Service Point. Namun untuk saat ini, Bio Service Point baru dibuka di Yogyakarta, Jepara, dan Cirebon.

Simpulan

Treatment anti jamur adalah suatu proses penting dan integral dalam proses woodworking. Treatment mulai dilakukan sejak kayu berstatus fresh cut hingga dikemas untuk dijual-belikan di pasaran.

Treatment ini memerlukan produk yang bagus dan metode yang tepat diterapkan. Oleh karena itulah, kami menyarankan fungisida seperti BioCide Wood Fungicide dan BioCide Surface Film Preservative.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk pembaca antijamur.net sekalian.

 

Artikel "Anti Jamur Kayu"

About Us

Antijamur.net merupakan akan obat anti jamur ramah lingkungan untuk merawat kayu baik kayu basah maupun kering atau sudah menjadi perabot. Produk Antijamur.net sangat efektif untuk merawat perabot/bangunan.

©2015 - 2019 AntiJamur.net - All Right Reserved.