Obat Anti Jamur Kayu untuk Treatment Pengawetan yang Bagus

Aplikasikan obat anti jamur kayu yang bagus agar produk-produk kayu Anda senantiasa terhindar dari kerusakan akibat organisme tersebut. Kriteria obat anti jamur yang bagus sendiri sangat beragam dan akan dijelaskan pada artikel ini.

Bumi menjadi rumah bagi berbagai organisme. Ada kingdom animalia yang mencakup udang-udangan hingga manusia. Ada kingdom tumbuhan yang berkontribusi terhadap jumlah oksigen di muka bumi. Dan ada pula kingdom bakteria yang sampai saat ini masih menyimpan sejuta misteri bagi saintis.

Tiap organisme memiliki peran ekologis masing-masing. Kadang peran itu, sayangnya merugikan kehidupan organisme yang lain. Contohnya saja jamur.

Jamur merupakan suatu kingdom tersendiri yang dipisahkan dari tumbuhan ketika ilmu biologi semakin berkembang. Para saintis menemukan bahwa organisme ini tidak memiliki struktur dinding sel dan cara mendapatkan makanan serupa tanaman. Dan meski memberikan sangat banyak manfaat bagi manusia, jamur juga sering ditemukan sebagai hama karena cara hidupnya yang bersifat saprofitik,

Serangan Jamur yang Masif

Seperti dijelaskan di atas, jamur merupakan salah satu kelompok organisme yang di antara anggotanya memiliki sifat parasit dan saprofit. Kedua sifat tersebut membuat jamur dikenal sebagai organisme hama.

Jamur sering tumbuh pada produk-produk manusia seperti kayu dan menimbulkan kerugian besar. Dalam industri woodworking, dampak kerugian jamur terbilang sangatlah memberatkan. Di Amerika Serikat saja, jutaan dollar AS hilang tiap tahunnya gara-gara serangan hama ini.

Serangan jamur dimulai sejak kayu ditebang. Pada kayu gelondongan yang akan disimpan, resiko kerusakan akibat jamur sangat wajib diantisipasi karena potensi tumbuhnya yang besar. Jenis jamur yang menyerang biasanya berjenis stain fungus.

Setelah itu, resiko serangan jamur juga masih akan terus mengintai hingga produk sampai di tangan konsumen. Di rumah-rumah masyarakat, jenis jamur yang menyerang biasanya berupa jamur pembusuk. Ia muncul akibat kelembaban pada ruangan yang tidak diantisipasi penghuni rumah.

Jamur pembusuk memiliki bentuk yang beraneka ragam. Kadang bentuknya besar, namun di rumah-rumah, lebih sering muncul jamur pembusuk berhifa yang menyerupai jamur tempe.

Treatment Pengawetan Kayu yang Bagus Harus Diterapkan

Salah satu bentuk langkah antisipasi yang biasa dilakukan adalah penerapan treatmnet pengawetan kayu atau wood preservatif. Biasanya, pada treatment seperti itu diaplikasikan obat anti jamur kayu yang jenisnya ditentukan oleh jamur yang biasa menyerang.

alterntif text

Substrat kayu akan mengandung anti jamur yang berfungsi sebagai perisai pertahanan efektif untuk menangkal kerusakan akibat jamur.

Treatment preservasi sejatinya meniru cara kerja pohon dalam melindungi dirinya dari hama. Pada tanaman hidup, biasanya disekresikan semacam zat tannin atau zat khusus yang bersifat toksik bagi hama. Oleh karena itulah, tanaman hidup tidak habis dimakan oleh jamur, rayap, ataupun kumbang bubuk.

Beberapa pohon masih mempertahakan fungsi proteksinya pasca ditebang. Jati misalnya. Kayu jati masih mengandung banyak zat tannin anti hama yang membuatnya dikenal sebagai kayu super karena tidak mudah dimakan jamur dan rayap.

Treatment pengawetan meniru sistem proteksi tersebut dengan menginjeksikan suatu zat anti hama pada substrat kayu. Dengan cara ini, hama-hama akan menghindari konsumsi kayu terkait.

Namun perlu diingat bahwa hasil proteksi treatment pengawetan tidak selalu sama. Salah satu hal inti yang perlu sekali diperhatikan agar hasil pengawetan memberikan proteksi yang baik adalah penggunaan obat hama yang bagus. Dalam perlindungan terhadap jamur, diperlukan fungisida yang berkualitas baik.

Kriteria Obat Anti Jamur Kayu yang Bagus

obat anti jamur kayu

Dengan banyaknya obat  jamur kayu di pasaran Anda harus benar-benar cermat memilih fungsida dengan kualitas baik. Secara umum, fungisida atau obat anti jamur kayu yang bagus haruslah yang bisa efektif melindungi kayu dalam jangka waktu lama, mudah diaplikasikan, relatif aman bagi manusia, harga yang sesuai dengan spesifikasi yang ditawarkan, hingga fleksibilitas aplikasinya.

Kami merekomendasikan Anda menggunakan obat anti jamur kayu Biocide Wood Fungicide. Fungsida tersebut merupakan fungisida yang terbuat dari kombinasi bahan anti jamur dan anti bakteri dengan zat aktif 2-(thiocyanomethylthio) benzothiazole dan methylene-bis-thiocyanate (TCMBT/MBT).

Fungisida ini memiliki spectrum organisme target yang luas dan bisa diaplikasikan dengan beragam cara. Selain itu, produk ini juga bisa dilarutkan dengan air maupun solvent sehingga relatif lebih ekonomis dan aman bagi manusia.

Mencegah Blue Stain dan Bakteri Pembusuk Kayu

BioCide Wood Fungicide direkomendasikan secara khusus untuk melindungi kayu dari serangan jamur stain. Seperti dijelaskan pada artikel sebelumnya, jamur stain adalah jamur penyebab noda. Tipe ini tidak menyebabkan pembusukan pada kayu. Akan tetapi keindahan kayu akan menurun. Kayu akan terlihat kotor dan jelek sehingga harganya turun drastis. Bagi petani kayu, hal seperti ini jelaslah sangat merugikan.

BioCide Wood Fungicide juga bisa dipakai untuk mencegah bakteri pembusuk. Bakteri pembusuk adalah semua jenis spesies eubacteria atau archaebacteria yang bisa menyebabkan kerusakan pada kayu. Bakteri pembusuk memang biasanya tidak menjadi pelaku utama pelapukan kayu. Bakteri ini muncul seiring dengan serangan jamur pembusuk kayu. akan tetapi, kehadirannya bisa menambah kerusakan secara signifikan.

Informasi dan Pemesanan

Bagi Anda yang tertarik dengan produk yang kami rekomendasikan di atas, silahkan hubungi Customer Service kami di +62.274.388.301 dan email di [email protected] untuk pemesanan maupun informasi lebih lanjut.

Anda juga bisa membeli secara langsung di Bio Service Point yang beralamat di Yogyakarta, Jepara, dan Cirebon. Pembelian secara online akan langsung dipandu oleh Customer Service kami. Bahkan bila perlu, Anda bisa berkonsultasi lebih detil dengan teknisi kami juga.

Semoga informasi tentang obat anti jamur kayu untuk treatment pengawetan yang bagus ini bermanfaat ya.

alterntif text
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn