Cara Membasmi Jamur pada Kayu, Nomor 3 Paling Ampuh!

Meski cukup memerlukan usaha ekstra, ada beberapa cara membasmi jamur pada kayu yang bisa dilakukan. Dengan melakukan hal-hal tersebut, penanganan setelah jamur menyerang kayu dapat bisa diatasi.

Penanganan yang dilakukan memang tidak serta merta dapat langsung memberikan efek optimal. Beberapa cara bahkan perlu dilakukan berkali-kali untuk memaksimalkan efek yang diberikan. Namun, selain itu ada beberapa cara lainnya yang justru sangat ampuh dan dapat menjadi langkah pencegahan kemunculan jamur pada kayu.

Pentingnya Menjaga Kayu Bebas Jamur

Kayu jati grade A

Sebagai material alami yang serbaguna, menjaga kondisi kayu tetap prima tentu merupakan suatu hal yang krusial. Pengolahannya sebagai furniture misalnya, akan membutuhkan ketahanan dan tampilan yang menarik.

Jika kayu justru terserang jamur, tentu akan sangat mempengaruhi kualitasnya serta produk olahannya. Saat Anda mengolahnya untuk dibuat menjadi furniture indoor maupun outdoor, maka nilai estetikanya akan menurun. Begitu juga dengan nilai jualnya, karena ada noda jamur yang terlihat pada kayu.

Kemunculan jamur juga menyebabkan kayu mengalami penurunan fungsi. Seperti menurunnya kekuatan dan ketahanan kayu. Pengeroposan kayu bisa saja terjadi karena jamur yang muncul secara terus menerus yang bahkan menyerang ke bagian dalam kayu

Mengingat dampak dari serangannya yang bisa menimbulkan pengaruh serius, perawatan kayu agar bebas jamur termasuk hal krusial yang harus dilakukan bagi Anda para pemilik furniture berbahan dasar kayu.

Dengan perawatan yang tepat, kondisi kayu akan terjaga dengan baik. Nilai estetika maupun nilai jualnya juga akan tetap terjaga, bahkan dapat terus ditingkatkan.

Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan jamur yang sudah terlanjur muncul pada kayu.

1.  Lapisi Furniture dengan Alkohol

Alkohol dapat menjadi cairan pembersih kayu alternatif yang bisa Anda gunakan untuk menghilangkan jamur. Alkohol memiliki kinerja yang lebih efektif dalam mengatasi kemunculan jamur.

Untuk menggunakannya, Anda hanya perlu melapisinya pada seluruh bagian furniture. Aplikasikan secara merata pada seluruh sisi. Dengan cara ini, jamur yang muncul pada permukaan furniture kayu akan segera mati.

2.  Jemur Furniture di Bawah Sinar Matahari

Menjemur furniture adalah salah satu cara mengatasi jamur
Menjemur furniture adalah salah satu cara mengatasi jamur

Menjemur furniture kayu yang di bawah sinar matahari langsung dapat menjadi langkah penanganan untuk mengatasi kemunculan jamur. Biasanya pertumbuhan jamur dikarenakan adanya pangaruh kelembaban yang tinggi. Maka menjemur furniture di bawah sinar matahari langsung dapat menjadi jalan keluarnya.

Dengan membiarkan furniture yang lembab terkena sinar matahari langsung, hal ini dapat membantu menghambat pertumbuhan jamur. Anda cukup menjemur secara berkala minimal 30 menit.

Lakukan secara rutin jika memang Anda curiga jamur masih tetap muncul pada permukaan kayu. Cara ini juga dapat Anda lakukan jika kayu glondong milik Anda diserang jamur.

Yang erlu diingat bahwa tidak semua jenis kayu memiliki kekuatan dan ketahanan yang baik saat terkena sinar matahari langsung. Ada beberapa jenis kayu yang bahkan dapat retak dan rusak jika terlalu sering terkena sinar matahari.

3.  Gunakan Produk Antijamur

produk Biocide Wood Fungicide dari PT Bio Industri Omnipresen
Biocide Wood Fungicide

Penggunaan fungisida atau antijamur merupakan cara membasmi jamur pada kayu paling ampuh yang bisa memberikan efek nyata secara cepat. Terlebih, jika Anda juga menemukan dan menggunakan produk pengawetan kayu yang tepat.

Anda bisa mencoba produk Biocide Wood Fungicide dan Biocide Surface Film Preservative (SFP). Anda dapat mengandalkan Biocide Wood Fungicide sebagai produk antijamur yang menyerang hingga masuk dalam substrat kayu.

Sementara produk Biocide Surface Film Preservative (SFP) dapat Anda gunakan untuk mengatasi jamur yang muncul pada permukaan kayu. Keduanya dapat digunakan secara rutin sebagai langkah pencegahan serangan jamur yang merugikan.

Cara ini tentu memiliki efektifitas lebih tinggi dibandingkan cara penganan lainnya. Terlebih jika Anda menggunakan produk fungisida berkualitas seperti Biocide Series.

4.      Gunakan Penyerap Kelembaban

Bukan hanya produk antijamur yang bisa diandalkan untuk mengatasi kemunculan jamur, penggunaan produk penyerap kelembaban juga dapat membantu mengurangi kondisi lembab di dalam ruangan.

Dengan meminimalisir kelembaban yang ada pada ruangan, kayu maupun furniture kayu yang disimpan dan digunakan dalam ruangan tersebut dapat terjaga dari kemunculan jamur. Kemunculan dan serangan jamur pada kayu dapat diminimalisir.

5.  Memasang dan Menghidupkan Lampu di Sekitar Furniture

Manfaat lampu bukan hanya menjadi sumber penerangan. Ini ada kaitannya pula dengan langkah pencegahan dan penanganan kemunculan jamur. Cara ini juga dapat menjadi langkah alternatif untuk menghangatkan furniture tanpa harus terkena sinar matahari langsung.

Selain sebagai sumber cahaya dan penerangan, lampu juga dapat digunakan untuk menghangatkan furniture, sehingga kelembabannya berkurang dan kemunculan jamur dapat diminimalisir.

6.  Pernis Sebagai Cara Membasmi Jamur pada Kayu

aplikasikan pernis untuk melindungi furniture dari kerusakan akibat serangan jamur
aplikasikan pernis untuk melindungi furniture

Penggunaan pernis bukan hanya dapat membuat tampilan kayu semakin indah dan menarik. Tetapi juga menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kondisi furniture kayu tersebut.

Anda dapat melapisi furniture kayu yang berjamur dengan pernis untuk mengembalikan keindahannya. Tentunya, sebelum melapisi dengan pernis jangan lupa untuk membersihkan furniture.

Buang lapisan jamur yang berada pada permukaan furniture, bersihkan, lalu aplikasikan pernis. Aplikasikan pernis secara halus dan merata pada seluruh permukaan furniture.

Rekomendasi Untuk Anda

    Pilihan Menarik Lainnya