solusi jamur blue stain pada kayu

Atasi Kerusakan Kayu Akibat Jamur dengan Biocide Wood Fungicide

Mengatasi penyebab kerusakan kayu akibat jamur dapat dilakukan dengan efektif menggunakan Biocide Wood Fungicide. Produk antijamur kayu ini efektif mengatasi serangan jamur dan bakteri dengan optimal.

Penggunaan kayu sendiri masih banyak dibutuhkan hingga saat ini, namun bahan alami ini juga punya kelemahan. Salah satunya adalah dapat mengalami kerusakan karena faktor biologis yang termasuk di antaranya adalah jamur.

promo produk white agent wa-250

Kerugian yang Ditimbulkan dari Penyebab Kerusakan Kayu Akibat Jamur

kerusakan kayu wood decay
Wood decay

Kayu adalah bahan alami dengan sifat higroskopik sehingga mampu menyerap kelembaban atau air yang ada di sekitarnya. Pada penggunaannya untuk kebutuhan konstruksi, kayu yang sering bersentuhan dengan air akan menjadi lebih mudah menjadi media tumbuh bagi jamur.

Perkembangan jamur dapat terjadi dengan baik, terutama jika kayu tersebut termasuk jenis kayu yang tidak awet. Kerusakan kayu akibat jamur dapat menimbulkan kerugian dalam skala besar.

Kerugian dari sisi ekonomi karena Anda perlu mengeluarkan biaya perawatan atau bahkan membeli kayu baru. Ini menjadi penyebab pemborosan dari pemanfaatan sumber daya alam khususnya dari produk hasil hutan.

promo produk biocide insecticide

Kerusakan pada kayu akan lebih parah jika tidak ditreatment terlebih dahulu dengan produk pengawet kayu. Penggunaan bahan pengawet kayu memang sangat penting untuk membantu menjaga dan meningkatkan ketahanan kayu, karena serangan dari berbagai mikroorganisme termasuk jamur dan bakteri dapat terjadi kapan saja.

Cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengandalkan penggunaan produk wood preservative. Produk yang direkomendasikan dalam hal ini tentu merujuk pada fungisida kayu yang mampu menjaga kondisi kayu dari serangan jamur. Terlebih dari jamur yang menyerang substrat kayu dan membuat tampilan dan warnanya tidak menarik lagi. Anda bisa menggunakan Biocide Wood Fungicide untuk mengatasi masalah tersebut.

Kenapa Jamur Menyerang Kayu?

perlunya pengawetan kayu
Black stain mold wood decking

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, ada dua alasan utama yang bisa mewakili. Yang pertama, karena kayu adalah material alami yang mengandung lignoselulosa sebagai sumber nutrisi yang kaya bagi jamur.

Mengingat jamur merupakan mikroorganisme yang tidak dapat tumbuh seperti tumbuhan lainnya, karena jamur tidak memiliki klorofil dan tidak mampu untuk menghasilkan nutrisi sendiri untuk memenuhi kebutuhan metabolismenya.

Mikroorganisme ini juga harus menguraikan berbagai bahan organik yang telah diperolehnya untuk menjadi senyawa yang lebih sederhana agar dapat digunakan sebagai sumber nutrisi yang bisa dicerna.

Alasan yang kedua yaitu karena kayu adalah substrat yang dibutuhkan oleh jamur sebagai media tumbuh kembangnya. Agar proses perkembangbiakan yang dibutuhkan jamur dapat berlangsung pada media yang sesuai dengan kebutuhannya.

Dikutip dari Jurnal Pribadi Trisna Priadi, menurut Baker (2004) dijelaskan bahwa ada 5 faktor yang menjadikan suatu kondisi layak untuk pertumbuhan jamur. Jika salah satunya tidak terpenuhi, pelapukan dan kerusakan pada kayu akibat jamur dapat dicegah.

Kelima faktor tersebut di antaranya; sumber infeksi, substrat kayu yang sesuai, suhu atau kelembaban, oksigen, dan terakhir adalah temperatur atau suhu yang sesuai dengan kebutuhan.

Sumber infeksi jamur bisa berasal dari kayu yang sudah terkena serangan jamur terlebih dahulu, hingga kondisinya sudah lapuk. Atau bisa juga berasal dari tanah karena kandungan bahan organik tanah memudahkan jamur tumbuh dan berkembang.

Mengatasi Penyebab Kerusakan Kayu Akibat Jamur Menggunakan Antijamur Biocide Wood Fungicide

Produk Biocide Wood Fungicide untuk perawatan kayu, bambu, dan sejenisnya
Produk Biocide Wood Fungicide untuk perawatan kayu, bambu, dan sejenisnya

Potensialnya pertumbuhan jamur pada kayu karena bahan alami ini termasuk media yang mampu memenuhi semua kebutuhan jamur. Sumber kebutuhan asupan nutrisi jamur ada pada kayu.

Mengingat hal tersebut, melakukan usaha untuk mengurangi potensi kemunculannya menjadi sangat penting. Terlebih jika memperhatikan sebagian besar kayu memang berpotensi menjadi sarang jamur untuk berkembang.

Pertumbuhan jamur pada kayu bukanlah hal yang diharapkan, namun seringkali mereka muncul dan membuat masalah yang berujung pada kerugian Anda sebagai pemilik. Kayu milik Anda bisa turun kualitasnya, tampilannya maupun fungsinya.

Untuk mengatasi hal tersebut, Biocide Wood Fungicide adalah produk yang tepat untuk digunakan. Produk pengawet kayu ini khusus diformulasikan dengan kombinasi bahan antijamur dan juga antibakteri.

Bahan aktif dari produk ini adalah kombinasi 2-(thiocyanomethylthio) benzothiazole dan methylene-bis-thiocyanate (TCMBT/MBT). Dengan kombinasi kedua formula tersebut, sangat efektif digunakan untuk memberikan perlindungan terbaik pada kayu, terutama untuk mencegah dan mengatasi serangan jamur yang berpotensi merusak serat kayu. Begitu pula untuk mencegah kemunculan bakteri yang bisa merugikan bagi kayu.

Produk fungisida berkualitas ini dapat digunakan untuk kebutuhan pengawetan banyak jenis kayu, seperti kayu jati, ramin, pinus, karet, maupun aneka jenis kayu lainnya.

Keunggulan Biocide Wood Fungicide

Biocide Wood Fungicide untuk mengatasi kerusakan pada kayu akibat jamur
Produk Biocide Wood Fungicide

Selain kayu, Biocide Wood Fungicide juga bisa digunakan untuk mengawetkan produk-produk serat alam. Di antaranya yaitu bambu, rotan, eceng gondok, serat pandan, maupun serat alam lainnya.

Produk antijamur Biocide Wood Fungicide juga dilengkapi dengan berbagai keunggulan, seperti:

  • Menggunakan kombinasi bahan yang efektif dengan kandungan anti jamur serta antibakteri
  • Mengandung bahan aktif dengan spektrum luas
  • Memiliki masa aktif yang lebih lama
  • Termasuk produk fungisida yang aman dan ramah lingkungan
  • Mudah dan fleksibel untuk diaplikasikan dengan banyak metode (kuas, semprot, rendam, vakum tekan)

Tidak heran jika penggunaan produk antikayu Biocide ini merupakan produk yang dapat diandalkan untuk mengatasi penyebab kerusakan kayu akibat jamur.

Begitu pula dengan berbagai kebutuhan pengawetan dan perawatan pada kayu. Biocide Wood Fungicide dapat jadi andalan.

Di Manakah Anda Bisa Mendapat Produk Anti Jamur Berkualitas Ini?

Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut atau pemesanan mengenai produk ini, silahkan hubungi kami melalui kontak di website ini, atau melaui e-mail di [email protected].

Anda dapat membeli seluruh varian produk dari Bio Industri Omnipresen secara online melalui beberapa kanal marketplace kami berikut ini.

Anda juga bisa membeli seluruh produk dari Bio Industri Omnipresen secara langsung di beberapa service point kami berikut ini:

Bio Center Yogyakarta

Phone / fax: 0274 388301
Hp / WhatsApp: Klik di Sini
e-mail: [email protected]

Bio Service Point Jepara

Phone: 0291 598992
e-mail: [email protected]

Bio Service Point Cirebon

Phone: 0231 320759
e-mail: [email protected]