Manfaat Silica Gel dalam Kehidupan Sehari-hari

Manfaat silica gel untuk kehidupan sehari-hari cukup banyak, maka dari itu jangan buru-buru buang silica gel jika silica gel tersebut masih aktif.

Diantara kita mungkin masih belum mengetahui apa itu silica gel. Silica gel biasanya dikemas dengan sachet kecil yang berisi butiran-butiran dengan ukuran yang tidak sama baik dengan warna putih bening, biru ataupun menyerupai serbuk berwarna keabuan atau kecoklatan. Silica gel biasanya banyak dijumpai pada produk-produk baru yang bertujuan agar produk tersebut tidak mudah rusak.

Silica gel berguna untuk mengatasi kelembaban dalam ruangan sehingga meminimalisir barang atau sesuatu yang bisa dikonsumsi dalam kemasan tersebut tidak mudah rusak atau berjamur. Adapun manfaat silica gel dalam kehidupan sehari-hari, perhatikan penjelasan berikut.

Manfaat Silica Gel

Jika Anda menemukan silica gel pada produk yang baru saja Anda beli maka jangan buru-buru untuk dibunga ke tempat sampah. Melainkan Anda bisa menggunakan kembali silica gel tersebut apabila silica gel tersebut masih aktif. Cara mengetahui silica gel tersebut masih aktif cukup mudah. Pertama adalah dengan melihat warna, apabila warna silica gel berwarna pink atau merah muda maka silica gel tersebut sudah tidak aktif. Atau dengan cara kedua, rendam silica gel tersebut ke dalam air, apabila di sekitar silica gel terlihat gelembung air maka silica gel tersebut masih aktif begitupun seballiknya.

Jika silica gel tersebut masih aktif, ada beberapa manfaat silica gel yang bisa Anda gunakan untuk kebutuhan sehari-hari Anda diantaranya sebagai berikut:

  1. Kamera

Silica gel bisa Anda gunakan pada kamera Anda untuk mengurangi masalah yang biasa terjadi seperti embun pada lensa kamera terutama ketika musim hujan yang mana kadar air di udara sedang meningkat.

  1. Jaket atau barang yang terbuat dari kulit

Dengan silica gel yang digunakan pada jaket atau baranga berbahan kulit lainnya bisa mengatasi masalah jamur yang seringkali menyerang.

  1. Bumbu dapur atau makanan kering

Silica gel pada bumbu dapur atau makanan kering bisa mengurangi bau apek selain itu juga mengurangi munculnya jamur atau serangga lainnya.

  1. Makanan Kucing

Kadangkala kita sering menjumpai pada makanan kucing yang kering akan mudah berbau sehingga mengurangi nafsu makan dari kucing tersebut. dengan silica gel tersebut bisa mengatasi bau tidak sedap pada makanan kucing tersebut.

Perlu diingat bahwa penggunaan silica gel jangan dengan jumlah yang banyak karena bisa menyebabkan barang tersebut kering terutama pada kamera dan barang berbahan kulit.

Mengenal Silica Gel

Setelah mengetahui manfaat silica gel, sebaiknya Anda mengenal terselbih dahulu silica gel yang aman digunakan. Silica gel terdapat beberapa jenis yang aman digunakan yaitu silica gel putih dan silica gel natural. Kedua silica gel ini sangat bagus diguankan untuk menyerap kelembaban dalam kemasan atau box makanan kering karena tidak mengandung bahan kimia berbahaya serta melalui proses yang alami sehingga tidak menyebabkan gangguan kesehatan.

Silica gel putih terbuat dari sodium silikat yang bersifat hydropolic (mampu menyerap kadar air di udara). Bisa digunakan untuk menyerap kelembaban pada kemasan elektronik, barang berbahan kulit, makanan, segala keperluan farmasi termasuk obat-obatan dan sesuatu yang bisa dikonsumsi. Sedangkan silica gel natural merupakan silica gel berbentuk butiran menyerupai gumpalan serbuk berwarna kecoklatan atau keabuan. Fitur silica gel ini adalah food grade sehingga sangat aman diguankan untuk menyerap kelembaban segala jenis makanan kering, obat-obatan atau segala sesuatu yang bisa dikonsumsi.

Manfaat silica gel dalam kehidupan sehari-hari sangat penting terutama jika Anda menggunakan silica gel dengan bahan yang tidak membahayakan kesehatan ataupun lingkungan.

Artikel "Uncategorized"

About Us

Antijamur.net merupakan akan obat anti jamur ramah lingkungan untuk merawat kayu baik kayu basah maupun kering atau sudah menjadi perabot. Produk Antijamur.net sangat efektif untuk merawat perabot/bangunan.

©2015 - 2019 AntiJamur.net - All Right Reserved.