Punya masalah dengan serangan jamur pada kayu albasia atau anda ingin menjaga agar kayu albasia yanganda miliki memiiki harga jual yang lebih tiggi? Jawabanya adalah dengan mengawetkan kayu albasia menggunakan obat jamur kayu yang tepat.

Kayu albasia atau biasa dikenal dengan sebutan kayu sengon adalah jenis kayu yang banyak digunakan untuk membuat kayu lapis ataupun plywood. Tidak hanya itu kayu albasia juga bisa digunakan untuk furnitur yang tidak membutuhkan daya tahan lama. Jenis kayu yang satu ini memang dikenal sebagai kayu lunak.

CS Anti Jamur

Karena termasuk jenis kayu lunak, albasia juga rentan terhadap serangan hama. Salah satu hama yang paling mudah menyerang adlah jamur. Harga kayu albasia tergantung dengan kualitasnya. Jika anda dapat memiliki kayu albasia yang berkualitas dan bebas hama tentu daya jualnya bersaing.

Kelemahan yang mencolok dari kayu albasia yang rentan diserang hama disebabkan karena tips dari pohon ini sendiri secara alami. Pohon albasia banyak menyimpan getah sehingga membuat lebih lembab dan sulit kering. Akibatnya kayu banyak menyerap air. Sehingga akan lebih mudah terserang jamur.

Untuk pengolahan kayu albasia lebih lanjut biasanya dilakukan proses pengawetan terlebih dahulu. Apalagi jika akan di gunakan sebagai bahan mebel ataupun kayu lapis. Proses ini dibutuhkan obat pengawet kayu ataupun obat anti jamur kayu yang tepat.

Penggunaan obat anti jamur sebagai bagian proses pencegahan, masuk dalam proses pengawetan kayu. Jika tidak dilakukan pengawetan dan jamur telah mneyerang terlebih dahulu biasanya akan sedikit sulit untuk mengembalikan kondisi kayu albasia ke semula.

Obat Anti Jamur Kayu Terbaik Dari Indonesia

Jamur menjadi hama yang paling sering menyerang kayu albasia. Berbagai jenis jamur dapat menyerang kayusengon. Mulai dari jamur permukaan hingga jamur subtrat yang membuat kayu sengon jadi berwarna doreng.

Untuk mencegah serangan hama jamur pada kayu albasia harus digunakan oabt jamur yang sesuai dengen jenis jamur tersebut. Untuk tujuan pengawetan juga harus memperhatikan jenis obat pengawetan yang digunakan.

Mulai dari menggunakan obat jamur khusus untuk jamur permukaan dan juga menggunakan obat jamr untuk jamur subtrat. Obat jamur ini berbeda satu dengan yang lainya sesuai dengan jenis serangan jamurnya.

Rekomendasi obat jamur kayu albasia yang bisa anda beli dengan mudah adalah merk biocide. Berikut ini jenis obat jamur kayu sengon dari biocide :

  1. Biocide wood fungicide

Biocide insecticide merupakan jenis obat jamur subtrat. Biasnaya serangan jamur ini ditandai dengan munculnya bercak doreng atau berwarna gelap. Jamur yang menyerang seperti jamur blue stain ataupun black stain. Jenis jamur seperti ini banyak sekali ditemui pada kayu sengon.

Serangan jamur subtrat membuat warna dari kayu sengon tidak rata. Akibatnya kayu sengon harus di bleaching jika akan digunakan untuk kebutuhan mebel ataupun idnustri lainya yang mmebutuhkan hasil finishing yang seragam.

Biocide wood fungicide merupakan anti jamur kayu khususnya jamur subtrat. Biocide mengandung bahan aktif methylene bis tiosianate dan 2 thucyanomethyl thiobenthiazole atau sering dikenal dengan MBT/TCMBT. Bahan kimia ini efektif mampu mencegah pertumbuhan jamur subtrat pada kayu. Produk ini sangat efektif jika digunakan sebagai treatment pengawetan. Namun bukan berati tidak bisa digunakan untuk mengatasi jamur subtrat.

Jika kayu sudah terlnajur terserang jamur subtrat dan menmbulkan warna doreng tidak seragam tindakan yang perlu dilakukan adalah menyeragamkan warna kayu dengan menggunakan white agent atau pemutih kayu.

Sedangkan penggunaan biocide wood fungicide ini untuk mengawetkan kayu sehingga kayu tidak terserang jamur subtrat. Proses pengawetan kayu dengan obat jamur subtrat dari biocide wood fungicde ini dapat dilakukan dengan cara rendam ataupun semprot. Biocide wood ufngicide juga bisa di larutakan baik dengan menggunakan pengencer air ataupun solvent.

Keunggulan dari biocide woodfungicide sebagai treatment dari kayu albasia diantaranya adalah efetif, stabil dalam jangka waktu yang lama, sesuai di gunakan untuk industri wood woorking ataupun penggunaan personal rumah tangga, cara aplikasinya sangat mudah, tingkat bahaya dari penggunaan biocide wood fungicide snagt rendah.

Biocide wood fungicide bisa digunakan selain kayu sengon atau albasia. Produk ini dapat digunakan pada serat alam ataupun pada rotan, kayu campuran bahkan bambu sekalipun. Perbandingan penggunaannya dari produk ini adalah 1 :50 liter untuk kemasan dari botol kecil berisi 130gram.

  • Biocide surface film preservatif

Jamur permukaan juga bisa menyerang kayu albasia. Jamur ini ditandai dengan warna atau bercak putih yang menyebar dipermukaan kayu. Guna mencegah serangan jamur permukaan pada kayu sengon, anda bisa menggunakan biocide surface film preserfatife. Produk ini mengandung bahan aktif diuron, carbendazim calcium bis atau dikenal dengan dodecylbenzenesulfonate.

Biocide surface film preserfativ juga efktif untuk mencegah tumbuhnya lumut dan bakteri. Produk ini juga bisa digunakan pada selain kayu senogn. Biocide surface film preserfatif atau biocide sfp dapat digunakan pada triplek, serat alam dan bambu.

Mebel berbahan kayu sengon juga dapat diaplikasikan dengan menggunakan biocide sfp. Bahkan anda bisa mencampur biocide sfp pada bahan finishing yang anda gunakan. Misal anda bisa mencampurnya di dalam cat atau varnish yang akan di aplikasikan.

Biocide sfp memiliki keunggulan utama yaitu stabil dan efektif di gunakan bahkan pada lapisan coating atau finshing kayu, dapat dicampur dengan air serta kandungan bahan kimianya termasuk kategori ramah lingkungan.

Tidak hanya bisa digunakan untuk kayu log habis tebang seperti kalu albasia, biocide sfp juga bisa di alikasikan pada mebel kayu yang sudah di ifnshing. Terutama untuk mebel yang terserang jamur permukaan atau jamur tempe. Mebel untuk interior ataupun eksterior dapat menggunakan biocide sfp untuk mencegah terjadinya serangan jamur permukaan. Khusus untuk furnitur kayu eksterior dapat mengatasi serangan lumut yang mengganggu.

Namun selalu ingat keselamatan pengguna atau aplikasi produk saat bersentuhan langung dengan bahan bahan kimia seperti ini. Oleh karena itu selalu perhatikan petunjuk keamanan untuk mengaplikasikan produk.

Pastikan anda mengunakan pelindung seperti pakaian lengan panjang, masker , kacamata dan alas kaki saat mengaplikasikan produk. Jangan merokok, makan dan minum saat bekerja dengan bahan kimia. Cuci tangan dan bersihkan setelah selesai bekerja dengan produk.

Jika masih ada sisa produk didalam kemasan tutup rapat rapat dan simpan ditempat teduh dan kering. Jangan sampai terjangkau anak anak. Selain itu walaupun jenis bahan kimia ini ramah lingkungan, dilarang untuk membuang sisa produk di perairan bebas seperti sungai atau kolam.

Lalu dimanakah anda dapat beli obat jamur untuk kayu albasia ini? Jawabnya, anda bisa membeli biocide wood fungicide ataupun biocide sfp langsung dengan menghubungi call centre kami di nomro yang tertera di bawah artikel ini, atau beli online di marketplace seperti Tokopedia, bukalapak atau shopee. Selain itu anda juga bisa mengunjungi showroom kami di Jogjakarta, Jepara dan cirebon.

CS Anti Jamur