pengawetan bambu

Tingkatkan Nilai Jual Bambu Dengan Teknik Bleaching Bambu Terbaik

Bambu merupakan media yang menjadi alternatif dari kayu untuk kelestarian lingkungan. Bahan furnitur yang satu ini lebih ramah lingkungan karena usia dan budidaya yang lebih mudah. Namun sayangnya bambu memiliki banyak masalah ketika akan di prduksi menjadi furnitur ataupun barang barang kreatif lainya.

Masalah yang sering menerpa bahan dari alam ini meliputi serangan jamur , kondisi bambu yang mudah retak, mudah berkerut atau kisut, jamur bubuk, hingga warna dari bambu yang tidak seragam. Baik karena noda akibat  bekas serangan jamur ataupun karena faktor alam semasa bambu itu tumbuh.

promo produk white agent wa-250

Bambu yang warnanya seragam akan lebih mahal nilainya. Pasalnya bambu jadi dapat di finishing dengan beragam warna atau dapat di jadikan beragam furnitur atau dekorasi. Menyeragamkan warna bambu dapat dilakukan dengan melaksanakan teknik bleaching bambu yang tepat.

Bagaimana cara menyeragamkan warna bambu dengan teknik bleaching? Mengapa harus di bleaching dan apa rekomendasi produk untuk pemutih bambu terbaik? Kami akan mengulasnya satu persatu dibawah ini.

Bambu dapat diseragamkan warnanya atau di cerahkan. Hal ini perlu dilakukan mengingat bambu merupakan bahan alami yang cenderung memiliki tekstur warna yang memang tidak merata. Mengingat hal ini perlu dilakukan proses pemutihan atau mencerahkan warna bambu agar merata.

promo produk biocide insecticide

Lalu bagaimana teknik memutihkan bambu yang benar? Cara untuk memutihkan bambu yang benar adalah dengan menggunakan bleaching bambu. Pilihlah bleaching yang memang direkomendasikan, ramah lingkungan dan tidak merusak serat bambu.

Cara Melakukan Bleaching Bambu Menggunakan WA 250

pemutih bambu

Bleaching yang kami rekomendasikan untuk pemutih bambu adalah White Agent 250 atau dikenal dengan WA 250. Kami telah memakai produk ini untuk memutihkan bambu mulai dari bambu untuk di awetkan hingga lidi yang akan di buat sumpit. Produk pemutih bambu yang satu ini lebih aman dan ramah lingkungan dibandingkan menggunakan bahan kimia berbahaya semacam borak borik. Apalagi jika bambu tersebut akan di gunakan sebagai peralatan makan.

Bagaimana melakukan bleaching bambu menggunakan WA 250? Caranya sangat mudah. Anda cukup merendam bambu atupun mengolesnya dengan WA 250 dan mengikuti prosedur bleaching dari WA 250. Berikut ini langkah langkah yang harus anda perhatikan:

  • Siapkan peralatan yang akan di gunakan seperti air, wadah atau tempat untuk proses bleaching dan WA 250
  • Encerkan WA 250 dengan perbandingan 1:1 antara air dan WA 250
  • Rendam atau oleskan bambu dengan cairan WA 250 dan diamkan hingga aging proses dimulai. Proses ini kurang lebih bekerja pada 2 jam pertama. Pada proses ini mungkin bambu akan berwarna lebih gelap. Pastikan pada proses ini tidak terkena sinar matahari langsung
  • Biarkan bambu dalam rendaman atau masih di oles WA 250 hingga kurang lebih 6 jam. Selama proses ini berangsur angsur bambu akan nampak lebih cerah
  • Jika hasilnya dinilai kurang cerah anda bisa mengulangi langkah diatas
  • Jika hasilnya sudah cukup cerah, bilas dengan air putih yang bersih jangan tercampur dengan bahan kimia
  • Keringkan sesuai dengan tingkat kekeringan yang anda butuhkan sendiri

WA 250 menjadi pilihan untuk melakukan proses pencerhan bambu selain ramah lingkugan juga sangat mudah di gunakan. Prduk ini merupakan produk pemutih yang praktis dan tidak menimbulkan iritasi. Namun walaupun begitu ketika anda bersentuhan dengan bahan kimia sebaiknya tetap memperhatikan petunjuk keamanan produk.

Selalu gunakan sarung tangan dan masker saat mengaplikasikan produk. Ikuti prosedurnya dengan baik. WA 250 tidak membutuhkan cahaya matahari sehingga bisa diaplikasikan di dalam ruangan. Selain itu selalu gunakan air bersih dengan Ph 7 agar proses bleaching berjalan maksimal.

white agent wa250
Produk White Agent 250 (WA-250)

Apa keunggulan WA 250 sebagai bleaching bambu terbaik? Produk yang satu ini diformulasikan khusus dengan mengunakan sodium hipoclorit bukan menggunakan bahan kimia layaknya belaching konvensional. Umumnya bleaching konvensional menggunakan hidrogen preoksida.

Bahan kimia tersebut justru merusak tekstur dan menimbulkan korosi jika terkena logam. Tidak hanya itu kadangkala hasil yang diperoleh justru tidak putih cerah melainkan merah muda.

Jika anda menginginkan produk bleaching yang lebih praktis, ramah lingkungan dan aman gunakan WA 250. Produk ini efektif memurihkan dan mencerahkan bambu. Tidak hanya bambu serat alam seprti rotan juga bisa di bleaching menggunakan WA 250.

bleaching kayu aman wa 250

Produk ini multi fungsi tidak hanya pemutih bambu namun juga pemutih kayu bahkan pemutih rotan juga bisa.

Saat anda bekerja menggunakan WA 250 ada dua hal penting yang harus selalu anda patuhi, berikut ini prosedur yang harus anda patuhi:

  • Dilarang untuk menjemur atau mengeringkan bambu selama proses bleaching berlangsung. Umumnya selama 2 hingga 6 jam proses bleachingya
  • Jangan mencampur bahan kima lain pada larutan WA 250 yang akan di encerkan. Pasalnya hal ini justru berbahaya dan merusak komposisi produk hingga menggagalkan proses bleaching

 

Jika anda menaati prosedur dan menjalankan langkah langkah bleaching bambu dengan benar, maka hasilnya bambu akan cerah dan warnanya seragam sesuai dengan yang anda butuhkan. Oleh karena itu nilai jual dari bambu yang anda miliki akan meningkat.

Kini memiliki bambu tidak pelru khawatir dan bingung akan dikreasikan menjadi apa atau harganya turun. Dengan teknik bleaching bambu yang tepat anda dapat meningkatkan nilai jual dari bambu yang anda miliki dengan baik.

Bambu dapat di olah menjadi bergam jenis furnitur dan hiasan rumah. Sehingga teknik bleaching ini merupakan suatu keharusan yang perlu diketahui. Tidak hanya di awetkan. Bambu yang sudah terlanjur warnanya doreng atau tidak seragam perlu di bleaching untuk mengembalikan keindahan warnaya.

Menyeragmakan warna bambu paling mudah dengan menggunakan pemutih bambu WA 250. Harganya terjangkau, aplikasi mudah, cepat dan efektif. Banyak inspirasi kreasi dari bambu yang dapat di terapkan dengan warna bambu yang seragam. Proses finishing jadi lebih mudah dan murah. Karena cacat warna dan nodanya telah tertutup sejak awal.

Nah bagaimana mudah bukan untuk memperoleh warna bambu yang sergam? Hanya dengan menggunakan WA 250 anda mendapatkan warna bambu yang cerah dan indah. Lalu dimana anda dapat beli WA 250 atau dimana yang jual WA 250? Berapa harga WA 250 produk pemutih bambu dan kayu?

Nah segera saja hubungi call centre kami yang nomornya ada pada website ini atau di bawah artikel. Selain itu anda juga bisa membeli langsung di marketplace layaknya Tokopedia dan Bukalapak. Selain itu anda juga bisa datang langsung ke kantor kami di Jl. Sidikan no.94 yogyakarta atau di kantor cabang Cirebon dan Jepara.