Plywood sering disebut triplek trnyata bisa anda putihkan. Kayu olahan ini bisa di bentuk sedemikian rupa untuk menjadi bagian dari dekorasi di rumah. Nah bagaimana melakukan bleaching plywood agar bisa anda kreasikan sedemikian rupa? Ikuti panduanya pada artikel ini.

Plywood mrupakan jenis kayu olahan. Sering disebut multiplek ataupun triplek. Pilihanya banyak ragamnya. Mulai dari pilihan ketebalan dan jenis kayu yang di gunakan. Selama ini plywood sudah banyak di gunakan di industri furnitur di indonesia.

CS Anti Jamur

Nah selain dibuat sebagai bagian furnitur, plywood juga bisa di kreasikan sedemikian rupa untuk dekorasi di rumah. Untuk membuat dekorasi ataupun furniutr kadang dibutuhkan hasil finishing tertentu. Untuk mendapatkan hal ini perlu di lakukan belaching plywood guna mencerahkan dan menyeragamkan warna plywood itu sendiri.

Cara Mudah Bleaching Plywood Di Rumah

Plywood yang akan di buat furnitur kadang dibutuhkan warnanya diseragamkan. Hal ini jika memang plywood tersebut terkena noda atau memang warnanya inign lebih cerah. Ketika akan dibuat hiasan rumah atau dekorasi plywood juga bisa di cerahkan.

Pada dasarnya melakukan teknik bleaching plywood sama halnya seperti melakukan bleaching pada kayu. Hanya media yang berbeda saja dari kayu ke plywood. Oleh karena itu dibutuhkan produk yang memang mampu diaplikasikan berbagai media dan aman digunakan untuk plywood.

Teknik bleaching dilakukan pad aplywood untuk menyeragmkan warna, menghilangkan noda pada plywood ataupun untuk mencerahkan warna plywood. Biasnaya memang karena plywood tersebut akan di gunakan lagi menjadi produk lain seperti dekorasi rumah.

WA 250 bleaching plywood dan kayu ramah lingkungan

Sebelum melakukan bleaching pilih dahulu produk bleaching yang akan anda gunakan. Kami menyrankan untuk menggunakan bleaching ramah lingkungan layaknya sodium hipoklorit dari WA 250 atau white agent 250. Produk ini merupakan bleaching kayu dan bleaching furnitur yang aman di aplikasikan.

WA 250 mengandung sodium hipoklorit yang ramah lingkungan. Efektif untuk memutihkan , mencerahkan serta menghilangkan noda pada media kayu ataupun plywood. WA 250 bahkan tidak perlu dijemur dibawah sinar matahari untuk melakukan proses pemutihanya. Sedangkan untuk proses bleachingnya juga berlangsung singkat, kurang lebih hanya 6 jam saja.

Berikut ini kami berikan panduan untuk melakukan bleaching plywood sendiri di rumah dengan mudah dan gampang:

  1. Siapkan plywood yang akan di bleaching, WA 250, amplas, air , wadah air, kuas, kain lap
  2. Amplas tipis plywood yang akan di bleaching terutama jika ada noda pada bagian plywood. Jika hanya kotor, anda bisa membersihkan saja dengan kain lap
  3. Encerkan WA 250 dengan air bersih menggunakan perbandingan konsentrasi 1:1 antara air dan WA 250
  4. Basahi seluruh bagian plywood yang akan di bleaching. Hal ini bisa di rendam atau di kuas sehingga smeua bagian plywood yang akan di bleaching basah terkena larutan WA
  5. Diamkan saja tanpa dijemur dibawah sinar matahari. Selama sua jam pertama, plywood mungkin akan nampak berwarna lebih gelap, proses ini bernama aging proses. Selama proses ini biarkan di dalam ruangan jangan di paparakan di bawah sinar matahari
  6. Selanjutnya biarkan proses pemutihan berlansung, jika inign hasil lebih terang anda bisa mengaplikasikan WA 250 kembali. Proses pemutihan berlangsung selama kurang lebih 6 jam
  7. Setelah 6 jam dan mendapatkan warna plywood yang di inginkan, anda bisa menghentikan proses kimianya dengan membasuh plywood di dalam air. Air bersih akan menghentikan proses kimia yang terjadi
  8. Selanjutnya anda bisa mengerinkan plywood anda

Sebagai catatan bleaching plywood dari WA 250 tidak membuthkan matahari selama proses pengerjaan. Selain itu juga proses pngenceran dilakukan untuk menurunkan konsentrasi larutan white agent. Pada dasarnya  white agent bekerja semakin tinggi konsentrasi larutanya atau semakin sedikit pengencernya maka hasilnya akan semakin terang. Jika anda ingin hasil yang lebih terang maka pengenceranya sedikit saja dilakukan.

Ada banyak keuntungan yang bisa anda dapatkan dengan menggunakan WA 250 sebagai produk untuk mencerahkan plywood yang anda miliki. WA 250 efektif dan stabil di gunakan pada media plywood yang tipis sekalipun, ekonomis dan lebih ramah lingkungan, selain itu dapat bekerja kapan saja tanpa membutuhkan cahaya matahari.

Walaupun ramah lingkungan, pastikan jika anda bekerja dengan menggunakan bahan kima tetap memperhatikan keselamaatan diri. Gunakan masker, pelindung kaki, baju panjang dan juga kacamata. Hal ini untuk mencegah adanya iritasi pada kulit atau paru paru.

Hiasan Rumah Kreatif Dengan Bleaching Plywood

Apakah anda ingin berkreasi dengan plywood? Hal ini sangat mudah anda lakukan. Jika anda mmebutuhkan inspirasi dengan plywood, anda bisa melihat lihat ide dekorasi rumah dengan menggunakan plywood. Seperti dekorasi dinding atau hiasan di kamar.

Jika anda melihat di pinterest atau di internet banyak gambar dekorasi ruangan yang memakai palet plywood dengan warna warni marble atau warna pastel cerah, anda bisa menirunya sendiri dengan membuat diy bleaching plywood di rumah. Apalagi jika anda termasuk pecinta DIY atau do it your self , ide dekoratif ini cocok sekali untuk proyek diy anda di ahir pekan.

ide hiasan dinding dari bleaching plywood

Tentunya untuk melakukan bleaching plywood sebelumnya anda bisa memakai WA 250. Salah satu ide dekorasi yang bisa anda contek adalah wall decor dengan bentuk heksagonal seperti gambar di bawah ini.  Home decor ini menggunakan plywood triplek yang di potong heksagonal dan sebelumnya di bleaching menggunakan WA 250.

Hiasan ruangan dengn triplek model tempelan potongan heksagonal seperti itu mudah sekali untuk anda buat sendiri. Untuk membuat hiasan dinding heksagonal tersebut anda bisa membuatnya sebagai berikut ini:

  • Potong triplek menjadi bagian bagian heksagonal. Untuk ukuran anda bisa membuat sesuka ana
  • Amplas tipis dan bersihkan sisa amplas
  • Bleaching plywood yang telah di amplas dengan menggunakan WA 250. Rendam plywood selama kurang lebih 6 jam. Kemudian cuci bersih dengan air bersih tanpa di campur bahan kimia.
  • Jemur hingga kering, jika hasilnya belum terang anda bisa mengulangi proses bleaching
  • Selanjutnya anda bisa mengecatnya warna warni atau dengan mengunakan varnish matte sesuai dengan hasil yang anda inginkan

Nah hasilnya bisa anda pajang di ruangan kamar atau ruang tamu. Lumayan bukan bisa membuat dekorasi di rumah dengan gampang. Ide kreatif ini bisa juga anda gunakan dengan memanfaatkan triplek sisa. Kemudian bisa anda bleaching dengan WA 250.

Dimana anda bisa mendapatkan WA 250? Langsung hubungi call centre kami di nomor yang tertera di bawah artikel ini atau datang langsung ke store point kami yang ada di Yogyakarta, Jepara dan Cirebon. Selain itu anda bisa membeli pemutih kayu ramah lingkungan WA 250 ini di marketplace seperti tokopedia, bukalapak bahkan shopee sekalipun.

CS Anti Jamur