Beragam Ide Inspiratif Memanfaatkan Palet Kayu atau Kayu Peti Kemas

Apa saja yang bisa kita buat dari palet kayu bekas atau biasa disebut kayu peti kemas itu? Jawabannya sangat banyak. Material ini bisa digunakan untuk pembuatan furniture, kerajinan, hingga bahan konstruksi bangunan. Keindahannya pun tak diragukan lagi.

Apalagi secara alami kayu yang tergolong pada jenis jati belanda ini memiliki tampilan khas. Serat kayunya jelas dengan warna yang cerah. Tampilan ini akan sangat menawan diaplikasikan untuk membangun kesan vintage hingga rustic.

Bahkan karena keindahannya tersebut, palet kayu bekas bahkan sudah banyak dicari untuk pasar ekspor. Di sisi lain, harganya yang murah juga bisa diandalkan untuk pengganti jati. Bisa dibilang kayu ini memang multifungsi. Jadi, tak ada salahnya bila Anda tertarik membuka usaha di bidang pemanfaatan kayu peti kemas ini.  Di bawah ini kami akan tampilkan beragam contoh keindahan produk dari kayu ini.

Ide Inspiratif Pemanfaatan Palet Kayu Bekas

Lantai

Palet yang memiliki bentuk memanjang merupakan material yang sangat ideal dijadikan sebagai lantai. Agar lebih awet, terapkan finishing yang benar-benar protektif seperti finishing dengan coating PU (polyurethane) ya. Apalagi bila nantinya, lantai peti kemas akan diterapkan untuk outdoor.

lantai-kayu-palet-bekas

 

Dinding

Selain lantai, tentu saja palet kayu juga bisa menjadi bahan dinding. Kita bisa menerapkan palet untuk keseluruhan permukaan dinding atau di beberapa bagian tertentu saja.

panel-dinding-palet-kayu

 

Meja Kursi

Berbagai produk meja kursi juga bisa dibuat dari bahan palet kayu lho. Umumnya, meja kursi palet diletakkan di teras yang didesain dengan kesan vintage hingga shabby chic. Selain itu, meja kursi ini juga cocok dipakai di ruang keluarga.

Iklan Biothane utama

Bagaimana dengan di ruang tamu? Meski kebanyakan orang Indonesia mendesain ruang tamunya dengan kesan baru yang mewah, tapi tak ada salahnya kita mengganti suasana itu dengan memanfaatkan furniture pallet.

kursi-palet-kayu

 

Palet Kayu Ranjang atau Tempat Tidur

Ranjang atau tempat tidur juga bisa dibuat menggunakan palet kayu. Ranjang seperti ini bahkan sering digunakan oleh berbagai resort dan tempat penginapan lainnya untuk memberikan kesan lebih menawan.ranjang-peti-kemas

 

Almari

Dari almari belajar sampai lemari dapur, bahan pallet akan membuat furniture tersebut tampak menawan.

lemari-palet-kayu

 

Rak

Ada berbagai jenis rak yang bisa dibuat menggunakan bahan peti kemas. Misalnya saja rak hiasan dinding, rak buku, sampai rak untuk meletakkan tanaman-tanaman indoor kita.

palet-kayu-rak-meja

 

Bangku Taman

pallet-kayu-bangku-taman

 

Prospek Bisnis yang Sangat Menggiurkan

Tak dapat kita pungkiri bahwa aneka contoh ide inspiratif memanfaatkan palet kayu di atas begitu menarik. Ada keindahan yang sulit dijelaskan dengan penggunaan kayu ini. Produk jadi terlihat lebih unik dan lain daripada yang lain.

Keindahan ini pun rupanya mendapat tempat tersendiri di hati masyarakat, khususnya masyarakat Eropa dan Amerika Serikat. Baik di AS maupun Eropa, produk palet kayu amat digemari. Masyarakat di sana banyak yang justru menyenangi mebel palet dengan kesan lawas daripada mebel kayu solid dengan finishing natural glossy.

Kondisi ini sejatinya merupakan peluang bagi pelaku usaha furniture di Indonesia. Dan memang sudah ada beberapa pelaku usaha nasional yang membidik pasar ini. Mereka mendapatkan keuntungan yang begitu besar ketika berhasil mendapatkan pasar yang tepat di negara-negara maju.

Banyak yang tak menyangka hal ini. Beberapa pelaku usaha mebel palet kayu bahkan mulanya hanya banting stir saja karena jenuh dengan produk furniture yang lama. Namun ternyata, pilihan itu memberikan keuntungan yang berlipat-lipat.

Awas Palet Kayu Mudah Rusak

Sangat indah potensial bukan usaha pemanfaatan kayu peti kemas di atas?! Eits… tunggu dulu. Meskipun potensial, ada satu kekurangan kayu ini yang harus diantisipasi sejak dini. Apalagi bila Anda memang berminat menggunakannya sebagai lahan untuk mencari uang yang besar.

Kekurangan jati belanda tersebut terletak pada sifat kayu yang mudah rusak dimakan hama. Berbagai hama, mulai dari teter hingga jamur memiliki potensi tinggi menyerang kayu palet. Sebab material ini memang tidak memiliki zat-zat antihama dalam jumlah banyak seperti jati.

Solusi mengatasi masalah ini, bisa dilakukan dengan 4 langkah sebagai berikut:

  1. Mengawetkan kayu palet sebelum diolah. Pengawetan kayu dilakukan dengan meresapkan obat pengawet BioCide. BioCide terdiri dari BioCide Insecticide sebagai insektisida dan BioCide Wood Fungicide sebagai fungisida. Keduanya dilarutkan lalu diresapkan ke dalam kayu baik lewat cara perendaman, pengkuasan, hingga penyemprotan. Dengan cara ini, palet yang digunakan akan jauh lebih awet dibanding kondisi semulanya.
  2. Aplikasi finishing berkualitas yang tahan lama, misalnya dengan cat water based BioColours. Ada beberapa manfaat dari aplikasi cat berbasis air. Selain kualitasnya bagus, produk ini juga aman dan ramah lingkungan. Cat water based juga tidak menimbulkan bau seperti cat solvent based.
  3. Perawatan dan pembersihan secara berkala.
  4. Pengecatan ulang bila lapisan cat lama sudah rusak.

Nah, dengan keempat langkah di atas, berbagai produk palet kayu yang dihasilkan akan dijamin ketahanannya.

Kami Sedia BioCide untuk Pengawetan Palet Kayu

Di antijamur.net, kami menyediakan BioCide antijamur, yakni BioCide Wood Fungicide dan juga BioCide Surface Film Preservative. Berikut ini penjelasan kedua fungisida tersebut:

BioCide Wood Fungicide

Produk ini bisa dipakai untuk mencegah tumbuhnya jamur noda pada palet kayu. Jamur noda, sebagaimana yang kita tahu, merupakan jamur yang bisa merusak warna alami kayu. Palet yang bukan berasal dari kayu kelas keawetan tinggi sangat rentan diserang jamur ini.

kayu berjamur (3)

Jamur blue stain

Bila serangan sudah terlanjur terjadi, palet akan berubah warna menjadi kehitaman hingga kebiruan. Kita pun harus menggunakan pemutih kayu untuk menghilangkannya. Makanya, sebelum kita harus repot-repot menggunakan wood bleaching, akan lebih baik bila kita menggunakan BioCide Wood Fungicide.

Apalagi, selain bisa dipakai untuk mencegah jamur, produk ini juga bisa dipakai untuk mencegah lumut hingga beberapa jenis bakteri. Aneka produk kayu peti kemas pun bisa lebih cantik dan tahan lama.

BioCide Surface Film Preservative

Produk ini merupakan antijamur untuk mencegah sekaligus membasmi jamur permukaan. Pada umumnya, jamur permukaan tumbuh akibat udara yang lembab. Jamur seringkali tampak seperti jamur tempe yang berwarna putih dan berhifa.

biocide sfp

Bila jamur dibiarkan terlalu lama, akarnya bisa menembus kayu peti kemas. Akibatnya? Jelas, kayu palet akan mengalami proses dekomposisi dengan cepat. Dalam kondisi seperti ini, seringkali bakteri pembusuk kayu pun turut mempercepat proses pelapukan. Makanya, jamur permukaan harus dicegah dan dibasmi sedini mungkin.

Cara Menggunakan BioCide

Ada sangat banyak kelebihan BioCide Wood Fungicide maupun BioCide Surface Film Preservative. Selain sangat efektif digunakan, produk ini juga dikenal sebagai produk yang lebih aman dipakai dibanding fungisida yang lain. Metodenya pun secara umum lebih mudah. Kita bisa menggunakan kedua produk itu dengan beberapa varian metode, antara lain:

  1. Dengan cara dioleskan. Kita bisa mengoleskan BioCide Wood Fungicide pada kayu yang hendak dilakukan. Meski metode ini tak begitu bagus, namun setidaknya bisa memberikan perlindungan awal sebelum jamur stain terlanjur menyerang.
  2. Dijadikan larutan perendaman. BioCide Wood Fungicide bisa dijadikan larutan perendaman dengan diencerkan pada air. Metode ini memberikan hasil yang lebih baik dibanding metode pemulasan atau pengolesan.
  3. Dicampurkan ke bahan cat water based. Untuk aplikasi BioCide SFP, kita bisa menggunakannya dengan dicampurkan ke cat berbasis air atau cat water based seperti BioVarnish.
  4. Dioleskan untuk membasmi jamur yang sudah menyerang. Ya, BioCide SFP, selain bisa dipakai untuk mencegah jamur, juga bisa dipakai untuk membasmi jamur permukaan yang terlanjur menyerang.

Yuk Pesan BioCide untuk Pengawetan Palet Kayu

Ayo, gunakan BioCide SFp dan BioCide Wood Fungicide. Jadi, aneka ide inspiratif untuk memanfaatkan palet kayu tak berakhir sia-sia dirusak jamur. Untuk pembeliannya sendiri, kedua BioCide sudah bisa diperoleh dengan cara yang mudah lho.

Anda yang berlokasi di daerah Yogya, Cirebon, Jepara, dan sekitarnya, bisa membeli langsung di Bio Service Point. Bio Service Point adalah tempat untuk mendapatkan berbagai produjk BioIndustries, termasuk BioCide. Selain itu, Anda juga bisa bertemu langsung dengan agen kami. Info mengenai agen kami yang paling dekat dengan alamat Anda dapat Anda peroleh via CS kami.
Bagaimana dengan pembelian secara online atau daring? Pembelian secara daring juga bisa dilakukan. Anda tinggal menghubungi Customer Service kami saja untuk membeli secara online. CS kami akan segera melayani pembelian Anda dengan cepat, transparan, dan juga ramah.

Ingin bertanya-tanya dulu mengenai BioCide SFP dan BioCide Wood Fungicide? Kenapa tidak? Sekali lagi, Anda tinggal menghubungi CS kami. Anda bisa menelepon ke kontak CS atau mengirimi kami email mengenai informasi yang Anda kehendaki.

Kurang lebih, itulah informasi yang bisa kami bagikan mengenai aneka ide inspiratif memanfaatkan palet kayu atau kayu peti kemas. Meski bukan merupakan kayu premium seperti jati, namun rupanya kayu ini memiliki sangat banyak manfaat. Kita pun bisa mengolahnya menjadi aneka produk yang bermanfaat.
Ekspor produk kayu palet pun sangat menggiurkan. Sudah ada beberapa pengusaha Indonesia yang mendapatkan keuntungan besar ketika melakoni industri ini. Produk mereka bahkan menjadi produk yang begitu disukai di pasar internasional.

Namun tentu saja, kualitas produk kayu palet harus selalu ditingkatkan. Karena palet bukan merupakan kayu yang awet, penting bagi kita untuk mengawetkannya. Dan untuk keperluan ini, BioCide Wood Fungicide dan BioCide Surface Preservative selalu bisa menjadi andalan.

alterntif text
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn