Manakah Cara Mengawetkan Palet Kayu yang Paling Tepat?

Metode atau cara mengawetkan palet kayu bisa dilakukan dalam beberapa varian. Dari berbagai proses tersebut hendaknya disesuaikan dengan kebutuhan dan sarana yang mendukung. Namun sebelum jauh membahas hal itu, mari sekilas kembali mengingat apa sebenarnya prinsip pengawetan pada material ini.

Prinsip Pengawetan Kayu Peti Kemas

Cara Mengawetkan Palet Kayu

Tujuan dari proses pengawetan kayu ialah untuk melindunginya dari berbagai jenis hama. Mengapa hama? Sebab faktor inilah yang memainkan peran besar merusak kayu. Sebut saja teter, rayap, hingga jamur yang dapat membuat bahan organik itu rusak dan tak bisa digunakan lagi.

Oleh karena itu, dalam treatment preservation untuk kayu, digunakan obat pengawet berupa insektisida dan fungisida. Obat-obat tersebut diresapkan ke dalam kayu dengan berbagai metode yang akan menjadi bahasan pada artikel ini.

Berbagai Macam Cara Mengawetkan Palet Kayu

Sistem Vakum Tekan

Adalah metode di mana digunakan alat vakum tekan. Pada alat tersebut, terdapat tabung serta sistem untuk mengatur secara otomatis tekanan dan kadar udara di dalamnya.

Pada tahap awal, kayu dimasukkan di dalam tabung untuk selanjutnya diikuti larutan obat pengawet. Tekanan dan kadar udara diatur sedemikian rupa agar larutan pengawet merasuk ke dalam kayu.

Dibanding metode yang lain, sistem vakum tekan adalah sistem yang terbauik. Namun sistem ini memerlukan alat vakum tekan yang harganya mahal.

Sistem Perendaman

Adalah sistem di mana kayu direndam dalam larutan pengawet. Keberhasilan cara ini tergantung dari lama perendaman hingga konsentrasi bahan pengawet.

Metode perendaman adalah metode terbaik kedua setelah sistem vakum tekan. Metode ini terdiri dari beberapa varian seperti perendaman dalam air dingin, panas, dan panas-dingin.

Sistem Pengkuasan

Cara mengawetkan palet kayu berikutnya bisa dilakukan dengan cara mengkuaskan larutan pengawet pada material tersebut. Cara ini praktis dan mudah dilakukan bila palet yang akan diawetkan sedikit. Namun bila diaplikasikan pada palet yang jumlahnya banyak, jelas akan merepotkan. Efektivitasnya pun lebih rendah dibanding sistem vakum tekan dan perendaman.

Sistem Penyemprotan

Sistem spraying atau penyemprotan dilakukan dengan cara menyemprotkan larutan pengawet pada media kayu. Dibanding cara yang lain, metode ini merupakan yang paling tidak efektif dilakukan dalam memberikan proteksi pada kayu.

Pertimbangan Memilih Cara Mengawetkan Palet Kayu

Berbagai macam pertimbangan harus dilakukan dalam memilih varian metode pengawetan kayu peti kemas di atas. Bahkan meskipun kita sudah mengetahui efektivitasnya. Sebab, selain persoalan efektivitas, berbagai faktor lain juga harus dipertimbangkan. Berbagai faktor tersebut antara lain budget, waktu, hingga sarana dan pra sarana.

Sebagai contoh, bila Anda hendak mengawetkan palet kayu namun tidak memiliki alat vakum tekan, cara perendaman bisa dilakukan. Beda lagi kasusnya bila Anda hanya ingin menguatkan atau melakukan pengawetan ulang palet yang hendak difinishing, maka aplikasikan saja metode pengkuasan. Dengan demikian, Anda tak perlu membuang banyak waktu dan tenaga.

Pentingnya Obat yang Baik

Satu hal lain yang penting dalam pembahasan ini adalah penggunaan obat pengawet. Sebaik apapun metode yang kita aplikasikan namun apabila obat pengawetnya buruk, maka perlindungan yang diberikan pun sangat tak bisa diandalkan.

Jadi, gunakanlah obat pengawet yang baik. Saran kami pilih obat pengawet berupa fungisida dan insektisida khusus kayu, yakni BioCide. Kekhususan tersebut amat penting karena tidak semua bahan pengawet bisa bekerja efektif dalam substrat organik seperti kayu.

Artikel "Anti Jamur Kayu"

About Us

Antijamur.net merupakan akan obat anti jamur ramah lingkungan untuk merawat kayu baik kayu basah maupun kering atau sudah menjadi perabot. Produk Antijamur.net sangat efektif untuk merawat perabot/bangunan.

©2015 - 2019 AntiJamur.net - All Right Reserved.