Mengapa Mengawetkan Pagar Kayu? Ini Alasannya

Coba tebak, apa produk dari kayu yang paling rentan mengalami kerusakan?! Tentu kebanyakan dari kita akan menyebutkan nama wooden product untuk outdoor. Misalnya saja pagar kayu. Karena diletakkan di luar ruangan, maka jenis material ini menjadi rentan rusak sehingga memerlukan treatment khusus sebagai cara mengawetkan pagar kayu terkait.

Mengawetkan Pagar Kayu

Penyebab Pagar Kayu Mudah Rusak

Berikut ini beberapa faktor penyebab kerusakan pagar yang harus diwaspadai:

  1. Perubahan suhu
  2. Paparan hujan yang intens
  3. Kelembaban tinggi
  4. Tumbuhnya jamur
  5. Tumbuhnya lumut
  6. Serangan berbagai jenis serangga meliputi rayap, kutu bubuk, hingga semut

Kesemua faktor di atas berperan besar terhadap usia pakai pagar. Namun bila kita bandingkan dengan bahan non organik seperti plastik, kayu memiliki kerentanan lebih tinggi pada serangan organisme. Ini bisa dipahami karena kayu merupakan material dari sel-sel tumbuhan yang kaya akan gula. Secara alamiah, bahan ini diperlukan dan disukai berbagai jenis organisme untuk tumbuh dan berkembang.

Upaya yang Bisa Dilakukan

  1. Aplikasi bahan finishing untuk outdoor yang kualitasnya bagus. Kami sarankan Anda untuk menggunakan produk cat BioColours.
  2. Refinishing atau pengecatan ulang saat cat lama telah rusak.
  3. Penggunaan produk perawatan kayu seperti wax polish.
  4. Treatment pengawetan sebelum kayu diolah menjadi pagar
Biocide Obat pengawet kayu BioCide

Cara Mengawetkan Pagar Kayu

Dari berbagai upaya di atas, seringkali orang tidak menerapkan poin 4, yakni aplikasi treatment pengawetan kayu. Padahal, justru treatment ini sangat krusial dijalankan. Bila cat dan wax membantu pagar agar terlindung dari cuaca hingga panas, pengawetan akan membuat kayu menjadi tahan terhadap jamur dan serangga.

Sebab, pada treatment pengawetan diresapkan obat pengawet yang terdiri dari insektisida dan fungisida kayu. Peresapan ini bisa dilakukan dengan perendaman, pengkuasan, hingga spraying. Caranya mudah saja, yakni dengan melarutkan obat pengawet BioCide lalu kayu direndam dalam larutan itu selama kurang lebih 1 jam.

Varian produk BioCide sendiri ada 3 jenis yakni BioCide Insecticide (antiserangga), BioCide Wood Fungicide (antijamur), dan BioCide Surface Film Preservative (antijamur untuk cat). Aplikasi ketiga bahan ini akan meningkatkan efektivitas aplikasi treatment. Harganya pun terjangkau Rp. 80.000,- dan Rp.100.000,-.  Sangat menarik bukan?

Artikel "Anti Jamur Kayu"

About Us

Antijamur.net merupakan akan obat anti jamur ramah lingkungan untuk merawat kayu baik kayu basah maupun kering atau sudah menjadi perabot. Produk Antijamur.net sangat efektif untuk merawat perabot/bangunan.

©2015 - 2019 AntiJamur.net - All Right Reserved.